Monday, February 23, 2015

Yang seharusnya dihindari dalam Sosmed

Anda pasti mengingat kasus yang dilakukan oleh mahasiswa pasca sarjana yang telah menghina rakyat Yogyakarta di status Path yang membuatnya mendapatkan penahanan dan suspense selama satu semester di UGM tempatnya kuliah serta mengurangi kesempatannya untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di kemudian hari.

Beberapa remaja bahkan yang sudah dewasa sekalipun menunjukkan eksistensi di dunia dengan mempos aktivitas, pikiran, dan gambar (kebanyakan selfie) di jejaring sosial. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa sajakah itu?

Janganlah menulis mengenai sedikitpun pengalaman cinta yang dialami, kebencian kepada orang lain, jarak dengan presidenmu, drama dengan temanmu, konflik dengan guru atau orang tua, rencanamu untuk membuat masalah, pandangan ekstrim ras, agama ataupun politik.

Janganlah mempos foto dimana kamu berada di tempat yang tidak seharusnya, mabuk atau melakukan hal yang gila, bagian tubuh yang tidak harus Anda perlihatkan, perilaku sayang terhadap seseorang yang bukanlah keluarga, artwork yang menunjukkan rasis atau kebencian terhadap agama atau melihat politik tertentu.

Hal terakhir adalah jangan mengungkapkan password email, pin ATM, alamat asli dan nomer telepon. Selamatkan dan cintai diri Anda di jejaring sosial.

Sumber :
BIG NOs ON SOCMED. C’nS cool ‘n smart English teen magazines vol.14 No. 07 November - Desember 2014


10 comments:

  1. sip dech mak.....eh oot nech, cCnS mag masih terbit ya mak, saya pengen bisa langganan, tapi dah ke webnya, gak tembus-tembus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mak,
      oh gitu
      aku dapat gratisan di LIA

      Delete
  2. Halooo mak, akur nih. Segimana sebel dan keselnya sama orang lain, saya ga mau nebar sumpah serapah di sosmed. Mungkin ada yang simpati tapi pasti ada yang malah sebel sama saya. Lagian kesannya gimana gitu, ya :) Enakkan curhat sama temen yang bisa dipercaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mak

      oh gitu
      betul

      simpati itu juga bisa saja berpura-pura/berbohong

      sekalipun itu teman yang dikenal
      ga menjamin

      jadi memang harusnya hati-hati

      iya
      aku sendiri pernah bilang anak kecil dan diragukan kalau S2 (direndahkan)
      ya sudah ga papa-apa

      iya memang enakan curhat sama teman yang bisa dipercaya

      tapi sayangnya saat ini aku belum ada
      semoga nanti ada
      amin

      Delete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...