Monday, January 25, 2016

Ide untuk hadiah

Ide untuk hadiah apa ya yang sesuai dengan kondisi keuangan kita? Kalau uang kita hanya

Sampai Rp.30.000
Yang Anda butuhkan adalah sedikit usaha untuk membuat sepotong penganan. Coba C'n S 'Munchies cokelat resep, memberikan bungkus yang bagus dan Anda kurang dari Rp.30.000 hadiah siap.

Sampai Rp.50.000

Kamu bisa membeli mug, tempat pensil, atau item stationery lainnya. Namun, jika tidak, kenapa tidak membuat unik, satu-satunya t shirt? Sebuah satu warna polos biaya katun t shirt tentang Rp.35.000. kamu juga akan membutuhkan tabung kecil cat akrilik, kuas, dan stensil; template yang bisa Anda buat sendiri. Alternatif lainnya adalah membuat a tie dye t shirt.

Sampai Rp.75.000

Berikan bingkai atau kit lembar memo. Frame yang Anda beli adalah terlalu polos, Anda bisa menghiasnya dengan gambar dari majalah, dari hadiah kertas pembungkus, atau serbet dengan gambar.




Pengalaman saya ke pasar Cisalak dulu dan sedikit info lain

Pengalaman saya ke pasar tradisonal Cisalak terjadi waktu dulu.

Saat itu, saya berjalan kaki dari rumah ke Pasar Cisalak untuk berangkat sekola dan dari pasar Cisalak ke rumah.saat berjalan, di kanan kiri ada tukang ayam potong, di kanan ada warteg. 

Di warteg itu saya suka mampit untuk makan karena harganya murah meriah. Pasar Cisalak ada dua jalan ada yang ke kanan ada yang lurus kalau dari arah rumah saya.

Kalau ke kanan itu ada jualan berbagai bumbu, dan lainnya yang ada belokan lagi ke gang kecil dan juga ada belokan ke gedung yang disitu ada jualan baju, payung, dan lainnya.

Kalau jalan jalan kadang ada yang berseliweran “Plastik plastik”. Kalau lurus terus itu seingat saya ada sayur sayuran, buah buahan. Di sebelah kanan kalau dari arah rumah saya, ada gedung bioskop yang tutup.

Ada pengalaman ga enak saat terakhir jalan kaki dari rumah ke pasar, waktu itu saya berjalan dengan menggunakan kacamata hitam dan tongkat putih tunanetra. Nah, malamnya, dari arah pos satpam saya mendengar, “Gila kali ya orang bisa lihat pakai tongkat”. Padahal kondisi penglihatan saya saat itu susah melirik, ga kuat kena cahaya sehingga mata sakit dan kepala pusing sampai ke belakang.

Untuk mempromosikan Pasar Cisalak belum ada yang menggunakan media blog atau website dan media sosial.

Pasar tradisional masih menarik karena harganya murah dan bisa ditawar. Sejarah pasar tradisional pasar Cisalak saya tidak tahu, namun saya penah mendengar kalau pasar Cisalak pernah terbakar.

Mengapa harus ke pasar? Supaya bisa berdagang lebih untung karena bahan baku bisa didapat murah bahkan ditawar, kalau untuk ibu rumah tangga akan lebih hemar pengeluaran karena kalau beli di pedagang sayur gerobak akan lebih mahal.

Pasar tradisional di tengah perkembangan zaman mungkin bisa saja mati.


Itu mengenai pasar tradisional, kalau kamu? Apakah ada kisah pengalaman di pasar di daerahmu?

Berkarya untuk perubahan itulah

Berkarya untuk perubahan itulah yang sedang saya lakukan. Pertama, perubahan pada diri saya untuk meretas batasan saat menulis yang masih banyak kendala sampai saat ini, dari jumlah kata yang mentok mau nulis minimal 500 hanya sampai 100 saja, ya sudah, hingga bahasa yang sulit dipahami dan dimengerti orang, serta mau nulis kata pengantar tapi bahasanya gimana yaa bingung.

Dari tulisan-tulisan saya, saya harap walaupun banyak mengeluh, namun, bisa memberikan manfaat, karena tidak ada suatu hal apapun yang Tuhan ciptakan sia-sia.

Itulah perbedaan saya dengan yang lain.  Perbedaan ini sering tidak bisa diterima, dipahami oleh orang lain baik di blog, di Facebook sehingga diadukan, ditanyakan, disuruh dididik tanpa mereka mau bersikap netral.

Perbedaan, seringkali membuat iri, membandingkan, perdebatan, pemaksaan, pengasingan, penghasutan, permusuhan, pembuangan naskah, ditertawakan, diceritakan kemana-mana sehingga jadi gossip hanya karena menjadi “Berbeda”, membatasi tidak bisa ini itu karena berbeda.

Padahal, Tuhan menciptakan kita itu dengan berbeda-beda, bahkan yang kembar identik sekalipun berbeda. Indonesiapun ada “Bhinneka tunggal eka”.        

 Banner Lomba Blog 4 tahun KEB "Berkarya untuk perubahan dalam perubahan

Wednesday, January 20, 2016

Permainan masa kecil dulu

Permainan waktu kecil dulu ya?
Hmm……seingat saya tu, ada beberapa permainan.
Saat saya ulang tahun, dibelikan boneka kucing yang berbulu putih. Itu jadi mainan saya.

Dulu ada saya sempat membeli dan memainkannya. Yang saya beli itu :

Pertama, saya membeli kertas bergambar orang dan aneka baju yang dijual di abang-abang yang bisa dicopot dari kertas yang jadi satu kesatuan dimana gamabr orang, gambar aneka baju, tas.

Jadi saat membeli harus mencopotnya. Setelah itu, baju-bajuan dipasangkan ke gambar orang, jadi di kepalanya di cantolin kerah bajunya sehingga terlihat seperti orang berbaju.

Kedua, saya membeli satu buah bola bekel berwarna yang kalo hilang bisa membeli bola bekel tembus pandang. Bola ini awalnya saya beli bersamaan dengan 12 biji buah bekel.

Cara memainkan bekel adalah bola ditangan sebelah, 12 biji bola bekel ditangan sebelah. Setelah itu, permainan awal, bola dilempar tinggi, biji bekel dibuang, bola dilempar tinggi, biji bekel diambil satu-satu sampai 12 biji bekel keambil. Setelah itu ambil dua-dua, sampai kesebelasnya terambil. Biji bekel tidak boleh jatuh.

Setelah itu, permainan kedua pemain mengganti posisi biji bekel menjadi ada lekukannya satu persatu lalu diambil seperti diatas.

Setelah itu, permainan ketiga pemain mengganti posisi biji bekel menjadi ada lekukan datar satu persatu lalu diambil seperti di permainan awal. Nama posisinya itu ro kalo ga salah.

Setelah itu, permainan keempat, pemain mengganti posisi biji bekel ke posisi yang ada titiknya. Lalu diambil seperti di permainan awal.

Setelah itu, permainan kelima, pemain mengganti posisi seperti permainan kedua, namun disejajarkan, tangan jempol dan telunjuk melewati jajaran, posisi tidak boleh terganti.

Setelah itu, permainan kelima, pemain mengganti posisi seperti permainan ketiga, namun disejajarkan, tangan jempol dan telunjuk melewati jajaran, posisi tidak boleh bergesar.

Ketiga, saya membeli permainan ular tangga yang di belakangnya ada permainan lain apa ya namanya. Permainan ini menggunakan satu biji apa ya namanya, satu buah dadu yang ada matanya di keenam sisi, mata satu hingga mata enam.

Cuma, ular tangga dan belakangnya cara bermainnya berbeda.

Ular tangga, kita melempar dadu, kemudian biji digerakkan dihitung sesuai jumlah dadu. Apabila ada tangga, maka naik, apabila ada ular, maka buah turun, yang ngeselin itu saat mengocok dadu dimana buah ada di dekat finish jadinya ya maju mundur hehe.

Permainan di belakang ular tangga, kita melempar dadu, namun baru bisa berjalan apabila sudah keluar angka enam. Kemudian biji digerakkan dihitung sesuai jumlah dadu.

Keempat, congklak. Congklak adalah permainan di sebuah papan berlubang sama di kanan satu di kiri satu, di atas jumlah lubangnya sama dengan jumlah lubang di bawah.

Pemain bisa memilih mau memulai di kanan atau dikiri. Satu lubang kalau ga salah berjumlah 12 biji, pemain menaruhnya di lubang. Saat lubang terakhir kita menaruh biji terakhir dan diatasnya ada biji yang banyak, kita harus menembak atau mengambil biji itu dan ditaruh di lubang kanan/kiri tempat kita berawal. Sampai habis. Semakin banyak biji di lubang maka itulah pemenangnya.

Kelima, yoyo. Ini adalah sebuah benda bulat yang tengahnya ada tali, talinya digulung gulung disitu Dimana ujungnya diberi karet buat ditaruh di jari.

Tangan kita menggenggam yoyo, kemudian melepaskannya ke bawah atau ke samping. Kemudian tangan menariknya, maka yoyo akan naik turun.

Masih banyak permainan tradisional di zaman dulu seperti bermain lompat karet, petak umpet yang hebohnya bukan main, petak jongkok. Haduh kalo lari-larian saya ga kuat. Apalagi ya permainan dulu?

Oh ya ada permainan gundu yang dimainkan laki-laki, namun saya pernah sempat beli karena penasaran seperti apa bentuknya dan ingin memilikinya.

Oh ya ada permainan gasing.

Permainan ini tidak pernah diajarkan lagi ke anak-anak zaman sekarang, padahal dari sisi Psikologi, ini bisa mengedukasi untuk kebersamaan, kejujuran, kecekatan, ketelitian.

Permainan apa yang pernah dimainkan saat dulu kecil? Permainan apalagi ya yang belum disebut?

Di tulisan Mama Calvin dan tulisan Bunda Salfa ada informasi menganai giveaway, jadi….



"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Permainan Masa Kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa" 

Tuesday, January 19, 2016

Nostalgia SMA Saya

Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah masa-masa terindah, itulah kata orang.

2001, Saya mengawali menginjakkan kaki di SMAN 58 waktu itu saya melihat gedungnya begitu tua dengan banyak pohon beringin yang sekilas tampak menyeramkan namun itu tidaklah membuat saya takut karena tujuan saya adalah belajar, setelah senang mendapatkan pengumuman setelah melakukan ujian masuk di SLTP I PB Sudirman.

Ya, saya senang karena masuk ke salah satu SMA negeri unggulan di Jakarta, yang waktu itu masuk empat besar, pertama SMA 8, SMA 39, SMA 99 lalu SMA 58. Saya masuk dengan nilai NEM pas-pasan yakni 37.

Saat di tempat beli baju seragam, saya senang karena mama memberlikan baju panjang karena ingin menggunakan kerudung.

Sebelum masuk sekolah, ada masa orientasi sekolah. Disitu, yang saya ingat dulu, saya menyaksikan organisasi-organisasi ekstrakurikuler. Saya tertarik saat Paskibra karena ingin teriak teriak supaya bisa teriak karena ada masalah.

Saya masuk di kelas 1-8. Setiap ada mata pelajaran seperti Kimia, Matematika saya sering kedepan untuk mengerjakan soal yang ada di depan papan tulis. Saya begitu menyenangi pelajaran tersebut, nilai ujian saya ya 10, 9, 8. Walau di raport tidak dapat juara kelas hehe jadi malu.

Saya tu dulu jahil, narikin kerudung temen hehehe, tapi ga sampai lepas kok, sampai-sampai orangnya cerita dia ngomel-ngomel “Tyas jangan tarik kerudung gue”, eh saat nengok ternyata nyangkut di paku, ahahahaa.

Saya ikut latihan baris berbaris, sering melakukan pengebetan bendera. Sampai suatu hari, itu adalah saat dimana saya tersenyum. Saya mengebet bendera sampai berbunyi prak dan semua orang secara bersamaan “Wuuh”. Saya langsung berteriak “Bendera siap”.

Kalau saya dan yang lain melakukan kesalahan saat melakukan upacara bendera, dihukum, yang perempuan skot jump/suatu hukuman.

Saya ikut perlombaan paskibra, namun seringkali saya bersedih karena sering menjadi cadangan. Namun, saya sempat senang ketika bisa jadi barisan ketika lomba di SMA mana itu ya, ha saya lupa.
Setiap hari apa gitu, saya mengikuti pengajian yang diselenggarakan oleh organisasi Rohis.

Di tahun itu juga, ada seorang sahabat saya di kelas lain yang namanya dirahasiakan ya sebut saja n, dia berkata “Yas, lihat tu, ada cowo cakep namanya m” (nama m disamarkan), “Gue salamin ya”. Setiap bertemu N, “Gue salamin ke dia ya”.

Lambat laun saya suka sama si M, apalagi dia tinggi, putih, supel lagi. Rasa suka ini timbul hingga kelas dua SMA. Saya menitipkan salam melalui teman saya yang lain.

Saya juga pernah berani menelepon ke rumahnya. Ha malu.

Namun, saya kecewa karena mendengar kabar kalau dia ditembak sama seorang wanita yang cantik. Jadi ya sudah. Yaah, udah gitu, saya ketika mau naik angkot ketika ingin pulang, saya berpapasan dengan wanita yang sudah jadi pacarnya si M. ia berkata, “Cih, yang kaya gini yang jadi saingan gue? Kaga level.”.  Sayang sekali, cantik tapi sombong.

Tidak lama setelah itu, ada seseorang menembak saya. Yah daripada menganggur, jadi saya terima. Kami menjalin hubungan hingga lulus SMU.

Saya mengikuti pemilihan ketua Rohis untuk angkatan saya, dan ketika saya melihat raport, saya terkejut kalau ternyata dianggap jadi bagian rohis, hehe.

Kepala saya mulai sering pusing, kata saudara saya yang dokter disuruh pakai kacamata. Dan ceklah saya ke optik.

Sebelum naik kelas tiga, saya melakukan psikotes untuk menentukan jurusan mau ambil IPA (Ilmu pengetahuan alam) atau IPS (Ilmu pengetahuan sosial). Setelah itu, saya diminta juga menuliskan serta ditanya kenapa menginginkan jurusan itu.

Naik kelas tiga, saya bingung karena waktu itu kenapa dimasukkan ke kelas pavorit. Saya merasa tidak pintar. Isi kelas ini semuanya adalah juara kelas dari kelas satu sampai kelas tiga, ada juga juara umum se apa gitu yah. Sedangkan saya tidaklah pintar, bahkan nilai saya sempat hancur karena ada masalah. Namun, beberapa teman saya mengatakan kalau diri ini pintar. Saya pernah maju untuk menyelesaikan soal Kimia apa ya kalo ga salah, dan saya bisa.

Kebingungan itu bertambah saat saya mau ikut pelantikan Rohis karena kalau belum ikut pelantikannya dan penggembelengan di Jambore belum sah, namun karena keterbatasan orang dalam Paskibra yang hanya sejumlah 17 orang, saya memilih mengisi pos agama dan mendampingi mereka. Disaat yang lain pada ngebentak, saya ga tega, hehe.

Tambah bingung lagi, karena saya sempat direkomendasikan menjadi ketua Paskibra, namun karena suatu hal, akhirnya saya menjadi ketua koordinator. Yah asik juga sih, memberikan pengumuman yang suara saya bergema satu sekolah hehe apa coba.

Tambah bingung lagi karena ada seorang wanita yang dulu dicintai pacar saya meminta izin supaya boleh jadi pacarnya pacar saya jadi pacaran dua orang gitu, namun tidak saya kasih. 

Saya juga diajak selingkuh sama seseorang, namun tidak saya jawab karena keburu ditarik sama sahabat saya, terus terang saya tidak mau.

Tambah bingung lagi karena tiba-tiba muncul gossip yang tidak-tidak tentang saya dan pacar, saya dituduh suap-suapan di kantin, melakukan ini itu. 

Padahal, itu tidak pernah, yang ada saya berjalan biasa tidak bergandeng tangan, sering membawakan dia makan pagi di tempat makan karena tidak ada yang memasak. Karena itu, sampai-sampai kami dipanggil ke ruang BP. 

Syukurnya guru BP saya baik, tidak galak, dan menyarankan untuk menjauh, dan tidak berduaan. 

Cuma, guru BP dia galak, saya takut waktu itu lihat mimiknya dan suaranya yang gitu.

Jadi, kami ketemu di jalan raya besar agak jauh dari lingkungan sekolah.

Dari situ saya memahami ternyata pacaran bisa menimbulkan fitnah ya….

Namun, saya senang karena sempat ikut acara yang diadakan oleh organisasi rohis di puncak. Disana, kami bernyanyi “Membumbung tinggiii harapan bumii…membakar gedung dan rumah kamiiiii….para syuhada mengalir suburkan bumi….tiada kata lagiiii….kami harus kembaliii”.

Saya bersyukur bisa lulus dari SMAN 58. Dan beberapa saat yang lalu ada orang yang menyambung silaturahmi di facebook sehingga saya masuk ke grup BBM alumni SMUN 58 kelas 1-8, walau hanya beberapa orang.

Saya harap bisa bersilaturahmi lagi dengan kawan-kawan alumni SMU 58 beserta adik-adik kelas.


Sekian tulisan saya untuk lomba yang informasinya ada di http://www.arinamabruroh.com/2016/01/giveaway-nostalgia-putih-abu.html?m=0.  

Monday, January 18, 2016

Tips bertahan di Grup dalam aplikasi di Smartphone

Sumber : C ‘n S cool ‘n Smart English Teen Magazine vol.15 N0.15 November-Desember.

Manners matter (surviving in a Group).

Bertahan di Grup yang ada dalam aplikasi Smartphone.

Ini adalah salah satu kasus di titik: Anda adalah anggota dari kelompok pada aplikasi smartphone. Anda semua telinga / mata, tapi tidak banyak bicara. Ketika Anda mengatakan sesuatu, maka sisa kelompok hanya mengabaikan Anda.

Dalam kasus lain, salah satu anggota merasa tidak nyaman dengan anggota lain dalam kelompok.
Dia meninggalkan kelompok dan membuat sebuah kelompok yang sama tetapi tidak mengundang musuh nya.

Mari kita review cara bermain bagus di sebuah komunitas jaringan sosial.

Sosial, bukan individual
Pertama-tama, sebuah kelompok terdiri dari individu-individu yang biasanya memiliki sesuatu yang sama, seperti sekolah, teman, anggota keluarga, atau penggemar dengan minat yang sama.

Kedua, jika Anda bergabung dengan grup, Anda melakukannya dengan tujuan tertentu, kan? Mungkin kelompok ini baik untuk pertumbuhan pribadi Anda, pemeliharaan hobi Anda, dan / atau jaringan pribadi. Proses-proses tersebut tidak bisa dilakukan sendiri.

Jadi toleran. Anda dan anggota lainnya memiliki perbedaan. Tapi bukannya mencemaskan tentang perbedaan, fokus pada tujuan yang lebih tinggi.

Bersikap tegas, tidak agresif
Jika Anda tidak setuju dengan sesuatu atau seseorang, katakan demikian. Tapi melakukannya dengan baik. Beritahu apa yang mengganggu Anda. Seharusnya tidak tentang 'Siapa', tapi tentang 'Apa' dan efeknya terhadap Anda

Virtual - Real tidak imajiner
Berpartisipasi dalam kelompok virtual seperti bergabung diskusi di sebuah kamar pribadi. Anda adalah anggota diciptakan. Pertama kali Anda berada di, mengatakan sesuatu. Jika perlu, memperkenalkan diri. Kemudian mengenal anggota lain. Terlibat dalam dinamika kelompok. Menjadi bagian dari tim. Ini seperti di dunia nyata.

Berdebat, tidak termasuk

Sama seperti dalam diskusi kata nyata, Anda mungkin berpendapat atau menantang orang lain dalam kelompok. Anda mungkin tidak setuju dengan satu anggota, membuat satu atau dua titik dan memiliki sengketa panjang dengannya. Tapi meninggalkan ruangan hanya untuk mengatur yang baru mengundang semua kecuali misdoer ini benar-benar tidak pantas. Anda tidak jujur ​​dan menyeret teman untuk bermain bersama.

Perkembangan teknologi untuk disabilitas ituu

Teknologi terbaru untuk disabilitas yang terakhir saya baca adalah kursi roda elektronik yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga penelitian Indonesia) yang kantornya ada di Jakarta ke arah Grogol.

Katanya, kursi roda elektrik ini membantu penyandang disabilitas yang tidak bisa menggerakkan anggota badan dan penggunanya bisa menggerakkan kursi roda dengan memikirkan perintah di kepalanya.

Namun, kursi roda elektronik ini belum diujikan kepada penyandang disabilitas sehingga kita belum tahu apakah aka nada efek psikologi berupa keluhan karena tidak nyaman.

Bicara mengenai teknologi disabilitas, banyak instansi, organisasi dan perusahaan yang harus mengembangkan ini. Hal ini berguna supaya si penyandang disabilitas bisa mandiri.

Selama ini, dari pengalaman saya yang mengalami penurunan daya penglihatan merasakan dan mendengar bagaimana fasilitas dan sebagainya.

Mungkin, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan belum siapnya psikologi kita. Sehingga, sering saya dapati disabilitas diberlakukan karena kasihan, dipaksa berperan seperti non disabilitas.

Pemahaman orang mengenai disabilitas masih kurang. Baik itu pemahaman mengenai disabilitas fisik, disebilitas mental dan disabilitas perpaduan yang masih butuh edukasi.

Disabilitas fisik adalah keadaan kekurang mampuan individu karena fisik yang kurang dan tidak berfungsi. Disabilitas fisik salah satunya adalah tunanetra. Yang termasuk tunanetra ada tunanetra total, ada tunanetra low vision.

Penyandang tunanetra sangat dibantu dengan adanya teknologi seperti huruf braille, huruf timbul, tongkat putih, pembaca layar seperti Jaws/NVDA/narrator, pembesaran layar, penyetingan high contrast.

Disini, saya akan membahas satu teknologi yakni penyetingan high contrast. Fungsi dan manfaat teknologi ini adalah membantu sekali saya dalam mengakses netbook dan PDF sehingga tidak merasa silau, tidak sakit mata yang rasa sakitnya hingga kepala.

Teknologi ini sudah menyertai saya semenjak praktik kerja di PT. ANTAM pada tahun 2014. Teknologi ini membantu saya menginput data di laptop saat itu.

Teknologi ini bermanfaat juga untuk hal lain karena masih terus menyertai saya hingga sekarang. Dari merevisi laporan-laporan untuk sidang HIMPSI, konsultasi tesis, merevisi tesis, ngeblogging, ber-Facebook-kan, ber-Twitter-an, ber-internet, belajar di LIA dari level high intermediate satu sampai sekarang di high intermediate tiga.

Jadi saya bersyukur ada fasilitas ini. Kalau tidak hehe saya tidak bisa ngapa-ngapain. Seperti ini loh bentuknya


Namun, orang mungkin akan pusing dan mengeluh tidak nyaman, bahkan ada yang pernah bilang itu mengerikan apabila saya memperlihatkan atau meminta mereka menggunakan netbook dengan kondisi setingan high contrast. Padahal ya biasa aja.

Setingan high contrast adalah setingan dimana latar belakang warna adalah hitam dan tulisan dibuat berwarna.

Itu pembahasan salah satu teknologi yang dirasa bermanfaat karena memanfaatkannya. Lalu, kita kembali ke pembahasan mengenai disabilitas.

Disabilitas mental adalah keadaan kekurang mampuan individu dalam hal Psikologi, baik itu mengontrol emosi atau yang lainnya sesuai dengan jenisnya.

Dua contoh dari disabilitas mental adalah shizophrenia dan bipolar. Mau tahu mengenai itu? Bisa dicari di tulisan saya di www.kartunet.or.id.

Disabilitas perpaduan, ya itu ada. Hal ini dulu saya ketahui saat dulu pernah jadi relawan di Wisma Tuna Ganda di Palsigunung. Satu orang bisa menyandang beberapa disabilitas sekaligus.

Seiring dengan waktu, saya membaca buku yang ternyata ditulis dan ada buku yang menyebut Hellen Keller sebagai penyandang disabilitas ganda yakni tunanetra dan tunarungu.

Para penyandang disabilitas sering membuat saya terkagum-kagum, walau sulit saya untuk beradaptasi di lingkungan mereka karena dulu saya di blokir dari beberapa grup disabilitas, saya juga pernah di bully, di usir.

Yang ironinya adalah karena pemahaman mengenai disabilitas yang kurang, saya pernah mengalami ditertawakan, dikatai gila, dipukul, ditendang, diteriaki, dipaksa melihat kertas, dipaksa melihat dalam keadaan sakit, dibiarkan sama orang, diadukan, dilihat dan fokus pada kekurangan ga bisa inilah ga bisa itulah, diceritakan sama orang-orang saat saya keluar menggunakan tongkat putih, saat mau membayar ongkos malah disuruh dibawa saja kan ngga enak banget itu. Karena pemahaman ini, membuat saya malu.

Bukan hanya saya saja yang malu, beberapa tunanetra lain juga banyak yang malu menggunakan tongkat putih karena perilaku orang (Psikologi) mempermalukannya, mencelanya.

Ha… bicara soal fasilitas. Coba saja lihat jalan-jalan di dekatmu? Apakah berlubang? Apakah ada trailing? Apakah datar jalannya? Itu menyulitkan penyandang kursi roda mengakses jalan.

Buat naik kendaraan umumpun begitu, para penyandang kursi roda banyak ditolak sama kendaraan umum.

Dulu, saya pernah dengar cerita, ada seorang nenek yang menggunakan kursi roda didampingi suaminya, mereka dicela, dihina-hina. Hallo nuranimu pada kemana?

Jalur bus TransJakartapun muter muter jauh sekali, mau ke haltenya kebanyakan tangga dan tangga, bagaimana penyandang kursi roda bisa mandiri?

Lalu untuk mandiri apakah harus menggunakan taksi dan mobil? Hallo, tidak semua penyandang disabilitas berada di kelas menengah keatas.

Fasilitas-fasilitas disabilitaspun dikit-dikit uang, masuk ke sekolah luar biasa bayarannya lebih mahal dari masuk sekolah biasa, belum lagi beli peralatan ini itu yang harganyapun banyak yang tidak terjangkau apalagi teknologi untuk disabilitas wiiih harganya bisa selangit. Hallo, tidak semua penyandang disabilitas berada di kelas menangah keatas.

Gimana penyandang disabilitas mau berada di kelas menengah keatas? Fasilitas seperti lapangan pekerjaan saja sulit sekali, kalaupun ada itu-itu saja tidak berkembang seperti di Negara di luar Indonesia, masuk kerjapun yang penting kerja sehingga kurang memperhatikan kompetensi diri.

Fasilitas juga dirasa kurang untuk penyanda disabilitas tunanetra dimana ketika melakukan administrasi di Bank, mereka didiskriminasi sehingga mereka menciri Bank yang ramah.

Ke mall-mall, hotel, Rumah sakitpun masih ada yang tidak menyediakan fasilitas untuk tunanetra.

Walaupun ada beberapa mall-mall, hotel seperti salah satu contohnya B&B yang ada di Jakarta Utara, Rumah sakit menyediakan tombol lift bercetak braille seperti salah satu contohnya adalah Hasanah Graha Afiah (RS. HGA). Itu dicetak dengan adanya teknologi.

LIA Cibubur yang gedung barupun liftnya nomornya timbul, bentuk trailing ditangganya memandu dan memudahkan, ada lantai landai itu memudahkan disabilitas pengguna kursi roda. Itu dicetak dan didesain dengan adanya ilmu dan teknologi.

Bicara fasilitas, aplikasi-aplikasi di HP Android gitu kurang bisa akses sama Talkback/Shineplus. Padahal, tunanetra mau melakukannya mandiri.

Biasanya, dulu fasilitas dan teknologi tergaung beritanya di www.kartunet.or.id.  

Fasilitas juga harusnya didukung dengan memikirkan aspek ergonomis, dan dukungan perilaku manusia (Psikologi).

Itu si menurut saya, menurutmu gimana? Bagaimanakah kedepannya untuk teknologi ini?


Saturday, January 16, 2016

Lima Barang yang Mau dibeli di Lazada

Ada lima benda yang ingin saya beli di Lazada.

Pertama adalah netbook/laptop juga boleh, ya netbook saya screen readernya bunyinya uda mulai ngadat ngadat. Hehe.

Apple MacBook MK4M2 di http://www.lazada.co.id/apple-macbook-mk4m2-2015-12-intel-core-m-8gb-ram-gold-2354391.html boleh tuh. Karena memory yang besar bikin saya tertarik.

Kedua adalah hp, karena LCDnya rusak yang kalo diservis mending ganti baru dan talkbacknya sering mati bikin saya bingung. Hahaah.

Ah pilih iPhone aja deh. Apple iPhone aja enak tuh, bisa dilihat di http://www.lazada.co.id/apple-iphone-4s-64-gb-putih-grade-a-960214.html#multisource  uhui 64 GB. Manteb tu harganya dua jutaan.

Untuk spesifikasinya saya copy dan pastekan, berikut informasinya :
Apple iPhone 4S hadir dengan desain yang ramping dan elegan, serta dilengkapi kamera dua arah yang memudahkan Anda untuk melakukan video call, iPhone ini juga mampu merekam video hingga kualitas HD video recording. Handphone ini tampil dengan retina display beresolusi tinggi 960x640 pixel dan sistem operasi iOS 5. Fitur kamera 8 MP, Wi-Fi 802.11n, 14.4 Mbps HSDPA, Three-axis gyro, Apple A5 processor, serta Dual-mic noise suppression yang makin menjadikannya handphone multimedia yang mutakhir.

Dual-core A5 Chip
Dua core di dalam chip A5 memberikan kemampuan hingga 2 kali lipat dan 7 kali lipat lebih cepat dalam pemrosesan grafis, sehingga iPhone 4S ini menjadi lebih cepat dan responsif setiap Anda menggunakan aplikasi, browsing web, bermain game dan lainnya. Selain itu chip A5 sangat hemat daya sehingga daya tahan baterai dari iPhone ini sangat luar biasa.

8 MP Kamera
Mungkin ini adalah kamera terbaik yang pernah ada pada smartphone. Dengan lensa teknologi terbaru, dapat menjadi alternatif bahkan menggantikan kamera saku Anda. Resolusi 8 MP dan lensa kustom ber-aperture f/2.4. Belum lagi sensor iluminasi yang disempurnakan, auto white balance yang sangat baik, akurasi warna yang baik, fitur deteksi wajah dan pengurangan motion blur. Menjadikan kamera terbaik yang pernah disematkan dalam handphone ini.

Perekaman Video HD
Rekam gambar hingga resolusi 1080p, Anda dapat mengabadikan momen menarik, menghibur dan lucu di sekitar Anda dengan hasil yang sempurna. Dilengkapi fitur video stabilization yang membiarkan Anda mengambil video dengan stabil serta fitur edit video yang mudah untuk digunakan.

iOS 5
iPhone 4S dilengkapi dengan iOS 5 yang merupakan sistem operasi smartphone yang mudah digunakan, kaya akan fitur serta stabil. Didesain untuk antarmuka Multi-Touch yang elegan dan intuitif. Beberapa fitur yang menarik lainnya antara lain Notification Center dimana semua peringatan pesan, kalendar, permintaan teman dan lainnya hadir disini. iMessage yang tetap menghubungkan Anda dengan pengguna produk Apple lainnya, Reminders serta Integrasi Twitter.

iCloud
Anda dapat menyimpan foto, dokumen dan file lainnya secara nirkabel dan otomatis. Kalender, E-Mail, kontak dan berbagai aplikasi yang telah Anda beli dapat tetap terupdate, tersimpan dan Anda gunakan pada perangkat Apple lainnya tanpa Anda perlu membayar lagi.

Retina Display
Merupakan layar dengan resolusi tinggi serta kerapatan piksel yang tinggi menampilkan gambar yang tajam dan berwarna dengan kualitas tinggi. Membuat tampilan teks dan grafik yang tajam dan gambar yang menakjubkan.

FaceTime
Memungkinkan Anda untuk mendengar suara dan melihat wajah lawan bicara Anda. Didesain untuk menghubungkan antar perangkat Apple melalui koneksi Wi-Fi. Anda dapat melakukannya semudah panggilan telepon.

AirPlay, Tampilan Langsung ke HDTV dan Speaker

Semua musik, foto, dan video bisa Anda akses secara nirkabel ke HDTV dan speaker melalui Apple TV atau speaker berfitur AirPlay melalui jaringan WiFi.

Ketiga adalah tas, tas baru yang saya beli dengan harga cukup mahal ternyata karena saya yang sering membawa banyak benda dan berat sehingga sekarang dalam kondisi yang memprihatinkan yakni pada sobek-sobek.

Polo team backpack yang ada di http://www.lazada.co.id/polo-team-backpack-501-hitam-873133.html enak tuh, bisa bawa laptop juga soalnya disitu ada tulisan compartment laptop. Bahannya terbuat dari material Polyester. Compartmentnya besar. Harganya Rp.139.000.

Keempat, mouse wireless karena kemarin di grup Facebook ada yang bertanya bagaimana mengoneksikan mouse ini.


Di link itu, desainnya ergonomis, 2,4 GHz, konektivitas wireless/nirkabel. Seharga Rp.115.000. Jadi, kalo bisa menggunakan, maka akan saya review dah. Hehe.

Kelima adalah pendingin laptop, ha di Lazada ada Max Cool Cooling Pad Xcool di http://www.lazada.co.id/max-cool-cooling-pad-xcool-xf2-2907934.html yang memiliki high speed silent cooling, 2x medium size turbo fan, desainnya ringan karena terbuat dari kombinasi bahan plastik dan alumunium.

Tulisan ini ditulis untuk :

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X Lazada Indonesia. Yang diselenggarakan oleh ShopCouponsVoucher Lazada disponsori oleh Lazada Indonesia.

Monday, January 11, 2016

Tokopedia

Tokopedia
download dari playstore
buka
geser terdengar beranda open navigation door yang ditap digeser terdengar masuk digeser lagi terdengar beranda.
geser terdengar search.
geser terdengar open cart.
geser terdengar beranda.
geser terdengar kategori.
geser terdengar pakaian, handphone & tablet, dan lain lain.
tap pada salah satu.
geser terdengar navigasi naik.
geser terdengar cari di semua ...
geser terdengar produk ..tap yang dimau.
geser terdengar rincian naik navigasi naik.
geser terdengar rincian harga yang ditap masuk ke login.
geser terdengar wishlist.
geser 2x terdengar share yang bila ditap digeser akan bunyi rincian produk navigasi naik geser terdengar share itu untuk menutup share geser geser terdengar bbm,whatsupp,line, instagram, facebook, pinterest, google +, copy url, more.
geser terdengar beli tap masuk ke login.
geser terdengar masuk navigasi naik.
geser terdengar email edit bix to enter
geser terdengar edit box to enter itu untuk pasword
geser terdengar masuk
geser terdengar atau gunakan
geser terdengar facebook
geser terdengar google +
geser terdengar daftar sekarang.
tap bila belum punya akun.
geser terdengar open navigation door yang ditap ada beberapa menu, kita dapat berjualan dengan tap pada tambah produk.
terdengar optional, isi nama, gambar, kategori, harga, berat, minimum pembelian, dsb yang bisa dishare ke Facebook, Twitter yang apabila sudah selesai bisa memilih simpan. atau bisa memilih simpan dan tambah untuk menambah jualan kita.

kembali ke menu setelah login geser terdengar false image yang ditap lalu digeser terdengar pesan, geser terdengar diskusi, geser terdengar ulasan, geser terdengar layanan pengguna.

Sumber : anonim

Psikologi dan disabilitas

Halo peserta Liga Blogger Indonesia 2016 (LBI 2016), dan juga para pembaca. Selamat datang di blog saya tercinta.

Perkenalkan, nama saya adalah Tyaseta Rabita Nugraeni Sardjono yang merupakan seorang mahasiswi dan merupakan penyandang disabilitas ganda.

Peserta LBI pada tahun 2015 tidak saya beritahu karena saya tidak ingin diberlakukan khusus, namun karena terjadi penurunan penglihatan jadi mau tidak mau saya harus memberitahu kalau saya menjadi penyandang disabilitas tunanetra low vision.

Dari 2012, saya mendengar halusinasi suara yang begitu kencang dan kini sudah agak melambat namun masih berlangsung hingga tulisan ini dibuat, entah sampai kapan ini berlangsung.

Saya memasuki S2 profesi Psikologi karena ingin membuktikan kepada seseorang kalau saya bisa mengikuti perkuliahan karena dianggap tidak akan bisa karena berat, serta beberapa alasan lain termasuk ingin membantu penyandang disabilitas Psikologi karena pernah menangani orang Schizophrenia namun saya merasa sedih karena tidak bisa banyak membantu.

Namun, pada kenyataannya, saya bisa menyelesaikan semua mata kuliah saya dengan baik, walaupun ada kendala dengan terjadinya penurunan penglihatan yang membuat saya jadi melamban dan juga dipersulit.
Seiring dengan berjalannya waktu, sesuatu terjadi.

Dulu, Psikologi adalah fakultas yang mustahil dimasuki oleh penyandang disabilitas. Loh kenapa? Ya, karena dulu orang beranggapan kalau tunanetra tidak bisa mengikuti perkuliahan di S1 Psikologi terutama karena harus melihat.

Kini, seseorang telah membuktikannya. Dia adalah seorang tunanetra total yang dapat menyelesaikan perkuliahannya dengan baik dengan dibantu teknologi.

Dia bernama Hendi Holgia yang akrab disapa dengan Ogi. Sedikit riwayat pendidikannya, Ogi SD di SLBA Payakumbuh 2001-2004, SDN 15 2004-2005, SMPN 6 Bukittinggi sampai tahun 2008, SMAN 2 sampai tahun 2011, 2011 baru masuk Universitas Indonesia.

Namun, sebersit pertanyaan  muncul. Kemana Ogi akan bekerja? Dunia kerja S1 Psikologi kan harus melihat, S2 Sains dan S2 Profesi harus melihat.

Jadi peneliti, jawaban angket kuesioner harus dilihat, hasil psikotes harus dilihat, observasi harus dilihat, wawancara harus melihat gerak gerik lawan bicara, bahkan di perusahaan banyak yang mempekerjakan S1 untuk menegakkan diagnose dari psikotes, administrasi Psikotes harus berjalan dan melihat.

Namun, ternyata, soal pekerjaan ia tidaklah perlu khawatir. Kenapa? Sebelum dia lulus, banyak tawaran pekerjaan menghampirinya.

Mengenai pekerjaan, ia berpendapat, “Menurut saya yang harus dilihat hanya observasi aja, kalau yang lain bisa dengan teknologi...” dan kini sedang mengerjakan skripsi, kita doakan semoga skripsinya cepat kelar.

Mau tahu banyak mengenai Ogi? Ogi memiliki beberapa jejaring sosial seperti salah satunya yakni akun Twitternya @hendihogia.

Sekian ulasan saya mengenai perkenalan kami. Terima kasih sudah mampir di blog saya tercinta.


Trend Blogger 2016

Hallo ini adalah postingan untuk tema di pekan pertama Liga Blogger Indonesia 2016, dari kacamata pribadi, prediksi trend blogger 2016 adalah hal-hal yang menyangkut perkembangan teknologi.

Hal ini dikarenakan teknologi terus berkembang sepanjang zaman.

Saya baru sempat menulis, karena jam 16:30 WIB saya baru  tiba di rumah. Saya habis dari RS. Fatmawati. Disana, saya sering pusing.

Saya sampaikan keluhan sama suster, dokter syaraf, dan beberapa pengunjung disana.

Syukur juga cerita keluhan mata ke pengunjung, karena saat dipanggil ke ruangan dokter, ada yang bantu nuntun dan beres beres tas.

Di ruangan dokter syaraf, saya sampaikan keluhan penglihatan sering menggelap, susah melirik, leher berkedut.

diminta menggenggam tangannya, ditarik. Mengangkat tangan, mengangkat kaki. Nah kaki kiri saya nyeri.
Saya diminta untuk melirik kanan dan kiri. Namun, saat saya melirik ke kanan, dokternya bilang “Hanya sebatas itu?”, jadi saya jawab, “Iya”.

Sama dokter syaraf, saya diberi resep obat menyambung obat di Rumah Sakit Umum Daerah Depok, lembar cek ginjal untuk melakukan CT Scan.

Saya langsung cek darah, mengeluarkan tongkat putih sebagai ciri kalau mata saya kurang awas. Ada yang bantu nuntun yakni petugas.

Saya dijemput tadinya mau ditinggal namun sudah memilih menunggu hasil yang keluar dua jam lagi, jadi kami pergi makan.

Selesai makan, saya diantar ke laboratorium dan berkeluh kesah. Katanya, teknologi di laboratoriumnya canggih, saya diminta untuk melihat.

Dan saat mencoba melihat, sumpah sakit bener, rasanya terbatas ketrik gitu, jadi kurang bisa lihat. Setelah selesai, saya ikut seseorang dan diantarkan ke apotik. Alhamdulillah ada yang bantu.

Di apotik, saya ngobrol, dan minta tolong lagi karena ketika melihat sesuatu sumpah, kaga kelihatan.

Yah, kalaupun ada yang mengadu atau bicara yang tidak-tidak ya tidak apa-apa, toh dia juga tidak mengerti dan memahami bahkan mungkin cenderung tidak mau tahu.

Ah, apa sih, kembali ke topik ah.

Perkembangan teknologi yakni salah satunya adalah perkembangan internet, selama ini cukup membantu sehingga kita melakukan blogging.

Selain itu, aktivitas blog untuk melakukan kegiatan marketing, blog dijual dengan dijadikan website.

Perkembangan internet tersebut dipergunakan untuk menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Thumblr, Slideshare, Whatsupp, Blackberry messanger (BBM).

Keberadaan media sosial ini menghubungkan saya yang ada di kota depok dengan orang lain yang ada di kota lain dimana bisa menjalin hubungan silaturahmi melalui komunitas-komunitas yang ada.

Komunitas-komunitas itu menyediakan media sosial seperti Warung Blogger, Kumpulan Emak emak blogger, komunitas perduli skizophrenia Indonesia (KPSI), komunitas tunanetra nasional, IT Center for the blind, IT Nusantara, dan lain-lainnya.

Melalui media sosial Facebook, komunitas kumpulan emak-emak blogger sering mengundang para blogger wanita dengan melakukan undangan acara.


Undangan acara perusahaan Tempo, isi undangannya begini :
Selamat siang, Komunitas Emak-Emak Blogger. Bersama ini, kami mengundang anggota KEB untuk hadir dalam r angka peluncuran 45 tahun TEMPO. Kuota yang disediakan adalah 8 orang blogger.

Pada 2016 ini Indonesia menghadapi tantangan yang luar biasa. Ada tantangan internal seperti maraknya korupsi, pertumbuhan ekonomi yang melambat, maupun tantangan dari luar seperti hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Namun, mimpi tentang kebangkitan Indonesia tak akan pernah berhenti. Indonesia punya banyak anak muda yang bisa membawa Indonesia menjadi negara yang negara yang hebat.

Tempo di usianya yang ke-45 tahun ini juga ingin mengawal gagasan memajukan Indonesia.

Ikuti program Peluncuran Tempo 45 bersama :
1. CEO Bukalapak.com Ahmad Zaky (tentang Indonesia Bisa, Anak Muda Bisa!)
2. Mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto (tentang Peran Media Massa dan Gerakan Antikorupsi
3. CEO Tempo Bambang Harymurti.

Waktu: Selasa 12 Januari 2016 Pukul 13.00 - 15.00

Tempar: Kantor Tempo
Jl Palmerah Barat No 8 Jakarta Selatan
Komunitas kumpulan emak emak blogger sering sekali mengirim undangan acara.

Selain itu, ada komunitas lain yang dulu pernah melakukan undangan acara yakni komunitas Kartunet. 

Komunitas yang mendirikan website yang isinya adalah blogging dan bisa diakses di www.kartunet.or.id.

Undangan acara yang saya ingat adalah gathering di Indosat beberapa kali, yang pertama adalah IWIC bersamaan dengan acara buka puasa bersama, yang kedua adalah launching dua buah buku.

Acaranya ada beberapa yang saya review di blog, ada di http://tyaset4.blog.com/2014/08/aku-kartunet-dan-indosat-iwic/ yang itu saya ambil dari Twitter saya @guru5seni8 yang waktu itu memenangkan lomba life tweet namun karena keburu pulang dan belum rezeki jadinya hp melayang deh ehehe.

Review undangan acara ada juga di blog ini di pekan liga blogger Indonesia tahun 2015.

Selain itu, Kartunet juga dulu pernah mengadakan lomba menulis di websitenya, pernah mengadakan lomba menulis flash fiction di grup Facebook Kartunet yang saya abadikan di new.hatiputih.blogdetik.com sebagai kenang-kenangan manis, alah lah.

Semoga berkenan untuk ditulis. Saya mereview tanpa diminta.

Ini semua ada beberapa orang yang memanfaatkan perkembangan internet dimana ada beberapa kota yang sudah menjadi smart city karena mendukung blogger dan atau menyediakan fasilitas wifi gratis.

Kota yang mendukung blogger adalah koto Bojonegoro. Kota yang sudah menyediakan wifi gratis yang pernah saya dengar adalah kota Depok.

Ha, bicara mengenai wifi gratis, saat acara Kartunetpun, saya menggunakan wifi gratis di Indosat.

Ga ada akses wifi? Kita saja yang buat dan berbagi kuota internet. Untuk cara buat dengan menggunakan hp android mudah kok. Sudah tahu caranya belum? Kalau belum bisa baca http://hatiputih.blogdetik.com/2016/01/06/cara-jadiin-hp-android-wifi.

Untuk menyupport blog, bisa juga disertai gambar dan juga video. Karena yang menikmati blog akan lebih enak apabila nyaman serta enak dilihat. Walaupun saya blognya kurang enak dilihat hehe.

Namun, saya kurang begitu suka menaruh gambar hehe.

Omong-omong, anonim bertanya kepada saya mengenai cara mengupload di Youtube itu bagaimana.

Untuk memposting di Youtube, masuk terlebih dahulu dengan akun gmail, kemudian, buka https://www.youtube.com/?hl=id&gl=ID, tab/cari upload, enter/klik, pilih file yang mau di upload/tarik geser, tunggu, isi judul dan deksripsi, cek list share dengan google plus dan atau twitter, pilih publikasikan, bisa langsung pilih publikasikan tanpa proses penguploadannya 100 %. Tunggu hingga 100%. Nanti akan muncul link downloadnya yang bisa di sharing lagi linknya.

Untuk foto kalau mau dimasukkan ke blog, dan kalau mau dari sumber lain, kita bisa melakukannya dengan memasukkan kata kunci di www.google.com, kemudian cari gambar.

Setelah itu, buka alat penelusuran, panah bawah cari hak penggunaan, enter, kemudian panah bawah cari sesuai selera.

Namun, kalau ingin menggunakan secara bebas, pilih dilabeli untuk digunakan ulang.

Kalau mau ambil yang terlihat di pc/netbook/laptop alias screen shoot sebagai gambar juga bisa. screen shoot itu apa? Bisa baca http://hatiputih.blogdetik.com/2016/01/05/mengenal-screen-shoot .

Akan lebih aman begitu, karena dulu saya tidak tahu. Karena gambar dan video haruslah original atau memiliki perizinan untuk dipergunakan.

Nah untuk memudahkan, kita bisa menggunakan aplikasi Internet download manager saat mendowload gambar dan video.

Saya sudah mencoba, Internet download manager aksesibel digunakan di Mozilla firefox dan google chrome.
Belum tahu mengenai internet download manager? Bisa baca di http://hatiputih.blogdetik.com/2016/01/06/berkenalan-dengan-internet-download-manager.

Oh ya, jangan lupa saat mengupload gambar, mohon tuliskan keterangan itu adalah gambar apa secara detail karena itu akan membantu pembaca yang tidak bisa melihat gambar dan juga membantu penyandang tunanetra sehingga bisa mengakses secara mandiri tanpa harus minta tolong ke orang lain.

Mengenai video dan gambar ini penting buat blogger atau pengguna blog supaya bisa diterima saat mengajukan diri untuk google adsense.

Supaya orang mengetahui tulisan yang dibuat oleh blogger atau marketer, sosial media dapat dimanfaatkan.
Kita bisa melakukan sharing di Wall Facebook pribadi, di wall grup-grup Facebook, di Twitter.  Yah sharing hanya untuk berbagi atau hanya untuk menunjukkan eksistensi diri.

Namun, kalau saya dari dahulu hingga kini juga nanti sharing baik di blog ataupun di media sosial bukan untuk pamer, bukan untuk eksistensi diri, bukan juga untuk ingin popularitas.

Perkembangan teknologi menyebabkan informasi berkembang dengan cepat. Seperti yang terjadi pada tanggal 14 Januri 2016 mengenai bom di Sarinah Thamrin yang katanya bunuh diri dan itu diunduh di media sosial.

Namun, bijaksanalah menggunakan sosial media.  Janganlah mencari musuh dengan berkata seenaknya, menertawakan orang lain, merendahkan orang lain, mencela orang lain, membully orang lain, mempermalukan orang lain, mengadukan dan menanyakan curahan hati malah menuntutnya dengan Undang Undang ITE, membohongi orang alias modus sehingga muncul beberapa kasus penculikan dan bahkan ada yang dibunuh, mengklaim orang dengan mudah terkena penyakit ini penyakit itu, mengklaim dengan mudah menjadi penyandang disabilitas mental, atau karena teknologi dan sosial media kita menjadi menjadi terpecah belah saling bermusuhan antar ras saling bermusuhan antar golongan, menjadikan curahan hati untuk menekan dan menusuk dengan menjadikannya sebagai senjata untuk menyerang orang tersebut.

Padahal, sudah jelas untuk mengadu itu ada hukumnya kalau di agama Islam, gitu juga di kode etik Psikologi dimana kerahasiaan klien dijaga.

Bijaknya disini, kalau ada orang mengeluh jangan ikut mengeluh dan melarang untuk mengeluh, akan lebih pintar dan bijak kalau bisa memberi solusi. Sehingga kitapun bisa bermanfaat untuk orang lain. akan lebih baik bila menengahi dan mendamaikan.

Bukan bermaksud menggurui hanya ingin berbagi pikiran saja di blog ini yang saya akses dengan menggunakan netbook yang mulai sember screen readernya, namun masih bisa dipergunakan Alhamdulillah.

Kalaupun tidak punya netbook/pc/laptop dan hanya ada hp android kita bisa blogging kok, yang saya tahu ada aplikasi wordpress dan blogspot.

Gitu saja deh, mohon maaf tulisannya ngalor ngidul. Hehe. Terima kasih sudah membaca, terima kasih sudah berkomentar. 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...