Thursday, April 30, 2015

Kisah puasa, mukena dan lebaran

Puasa, puasa, sebentar lagi puasa nih. Widih asyiklaah. Aku mau cerita tapi mundur ke masa lalu ya... Kisah aku mulai ketika Lebaran tahun lalu, aku menyiapkan mukena untuk Sholat Idul Fitri di lapangan tempat biasa aku dan sekeluarga sholat.

Mukena aku letakkan di ruang tamu setelah selesai melaksanakan Sholat Subuh yang disertai dengan beberapa lembar koran untuk alas sebelum meletakkan sajadah di lapangan. Aku berjalan dengan mengandalkan keluargaku dalam posisi dekat.

Malam takbir berkumandang tapi aku sedih karena tidak bisa melaksanakan Sholat Tarawih berjamaah di Masjid dan hanya bisa tersenyum saat ada yang bertadang ke rumah dan bertanya "Kok tumben? Biasanya rajin ikut sholat jamaah di masjid?". Aku tidak berani melaksanakan sholat jamaah dengan berjalan sendiri dari rumah melawan cahaya yang ya.. gitulah. Yang jelas, kondisiku tidak seperti dulu, tapi aku menyukurinya.

Dulu, aku selalu berjalan sendirian dari rumah ke masjid untuk mengikuti Sholat Tarawih berjamaah. Setiap pertengahan bulan aku mengganti mukena yang digunakan,atau menggantinya ketika dirasa sudah harus diganti. Kan ga lucu kalau jamaah/orang yang aku lewati saat membawa mukena terganggu karena bau yang dikeluarkan pada mukena yang aku bawa dan kenakan untuk ibadah. 

Setiap lebaran, dulu aku selalu menyiapkan mukena parasut, mukena yang mudah untuk dilipat kecil dan di masukkan ke dalam tas mungil. 

Ya, mukena itu aku kenakan pada saat waktunya untuk melaksanakan Sholat yang biasanya dilaksanakan di rumah saudara/saat di jalan menuju/kembali dari rumah saudara yang ada di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Subang. Walaupun terkadang tidak ke Subang. Tapi Jabodetabek sih biasanya selalu setiap lebaran. Puasa dan lebaran kali ini bagaimana ya? 

Itulah kisahku, bagaimana kisahmu saudara-saudariku?

Sunday, April 26, 2015

Jamu Tradisional

Jamu jamuuuu…. Siapa si yang ga tau apa itu jamu? Jamu adalah ramuan yang terbuat dari rempah dan atau tanaman obat yang sudah dikenal dari dulu yang diteruskan pengetahuannya secara turun temurun yang sudah menjadi warisan dunia.

Untuk mengonsumsi jamu, karena ingin praktis, biasanya kita membelinya dalam bentuk kapsul/obat herbal yang kemungkinan mengurangi khasiat dari racikan jamu itu sendiri. Mungkin juga karena iklan yang menarik.

Salah satu pengiklan jamu yang cukup dikenal adalah Nyonya Meneer.

Jamu tradisional juga sebenarnya bisa menarik apabila dikemas dalam kemasan yang ramah lingkungan, diual dengan harga yang ekonomis, dikemas dalam bentuk yang unik, misalnya disertai warna yang meriah, gambar yang unik dengan tulisan kreatif disertai dengan huruf Braille yang menjelaskan produk jamu beserta manfaatnya.

Untuk khasiat, aku punya ide yakni kembali ke zaman dulu dimana pembeli membeli jamu dari tukang jamu keliling, menanam sendiri tanaman obat/rempah di rumah, di kantor yang bisa diolah untuk dijadikan jamu yah itung-itung sekalian penghijauan kecil-kecilan gitu.

Namun, untuk itu yuk kita baca penelitiannya terlebih dahulu untuk menambah pengetahuan mengenai jamu, salah satunya adalah mengenai Data Mining Metode omics dan Pengetahuan Tanaman Obat mentah menuju Big Data Biologi  yang bisa diunduh di http://biofarmaka.ipb.ac.id/publication/journal/632-data-mining-methods-for-omics-and-knowledge-of-crude-medicinal-plants-toward-big-data-biology. Penelitian ini dilakukan oleh beberapa orang, termasuk orang Jepang.

Nah, apa yang dibahas disitu coba?

Aaaah! Kalau mau membahas yang rada ringan okelah. Kita ke beberapa tanaman yang biasa dijadikan jamu yuk.

Pertama, daun sirih. Ada yang tau apa gunanya? Gunanya tuh untuk menghentikan pendarahan saat terjadi mimisan, menghilangkan bau dan membersihkan organ intim.

Kedua, kunyit. Kunyit digunakan untuk membersihkan toksin/racun. Kadang, dikombinasikan dengan asam sehingga terbentuklah jamu kunyit asam yang berfungsi untuk menghilangkan bau ketika sedang menstruasi.

Ketiga, asem. Buah asem dapat mengobati luka, eksim, mengatasi gigitan serangga, melancarkan buang air besar dan peredaran darah. Daunnya untuk mengobati demam, menghilangkan rasa sakit, anti radang. Selain itu, ada beberapa manfaat dan cara memanfaatkan asam jawa yakni

  • Mengobati disentri

Disentri berasal dari bahasa yunani yang berarti gangguan usus. Gejalanya berupa perut mulas, buang air besar dan terkadang disertai darah dan lendir. Penyebabnya adalah bakteri dan amoeba.

Caranya, haluskan 5 gram asam kawak, 10 gram kunyit dan 10 gram temulawak. Tambahkan secangkir air panas kemudian aduk hingga tercampur. Saring dana mbil airnya, lalu tambahkan 1 sendok makan madu murni. Aduk hingga rata kemudian diminum sekaligus pada pagi hari.

  • Obat penyakit difteri

Difteri adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteriCorynebacterium diphtheriae. Gejalanya berupa sakit tenggorokan, demam, sulit bernapas dan menelan, mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, dan sangat lemah. Di masa lalu, penyakit ini sempat merenggut ribuan nyawa. Seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu medis penyakit ini sudah ditemukan obatnya. Bisa juga diatasi dengan ramuan tradisional asam jawa.

Caranya, sediakan 5 gram lobak, 5 gram bawang merah, 5 gram kencur, dan 10 gramdaun pepaya muda. Semua bahan ditumbuk atau diblender hingga halus. Tambahkan asam jawa, lalu seduh dengan segelas air panas. Ramuan tersebut digunakan untuk berkumur hingga ke tenggorokan. Lakukan 3 kali sehari.

  • Mengatasi darah rendah 

Tekanan darah rendah adalah keadaan sebaliknya dari hipertensi, dikenal juga dengan istilah hipotensi. Keadaan ini berbeda dengan anemia (kurang darah). Untuk mengatasinya, gunakan ramuan tradisional asam jawa berikut ini.

Bahanya adalah 5 gram asam jawa, 250 gram daun bayam, 10 gram gula aren, 50 gram bawang merah, 15 gram cabai rawit, dan garam dapur secukupnya.

Caranya, daun bayam direbus setengah matang untuk dijadikan lalapan. Semua bahan lainnya ditumbuk halus dan dibuat sambal. Dimakan sebagai makan siang dengan nasi beras merah. Lakukan setiap hari. Enak bukan?

Mengobati ambeien

Siapkan 1 gram asam jawa, 6 gram daun keji beling, 3 gram temulawak dan 6 gram meniran. Setelah dibersihkan, semua bahan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring airnya dan diminum 3 kali sehari, secara rutin.

Mengatasi demam setelah nifas

Nifas adalah darah yang keluar dari rahim setelah melahirkan, ada beberapa wanita yang mengalami demam. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan ramuan tradisional berikut ini.

Sediakan satu jari asam kawak (asam yang sudah diolah, berwarna hitam) dan gula aren secukupnya. Kemudian asam dan gula aren diseduh dengan satu gelas air panas. Setelah agak hangat, airnya diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini dua kali sehari.

  • Menurunkan demam bayi 
Buatlah ramuan tradisional untuk mengatasi demam bayi berikut ini.

Ambil asam kawak dan kunyit masing-masing sebesar ibu jari, 5 lembar daun melatimuda, dan dua tangkai daun bawang. Semua bahan ditumbuk hingga halus. Tempelkan pada ubun-ubun bayi, biarkan hingga kering. Ini merupakan resep turun temurun dari nenek moyang yang sudah terbukti khasiatnya.

  • Menurunkan kolesterol

 Penderita kolesterol harus benar-benar menjaga gaya hidup dan pola makan. 

Ambil 200 gram daun asam jawa, kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 200 ml atau segelas air panas. Saring airnya dan diminum sekaligus. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari.

  • Mengobati nyeri haid

Cara pertama: Ambil 1 genggam daun asam jawa yang masih muda dan 2 jari rimpang kunyit. Keduanya ditumbuk hingga halus lalu tambahkan setengah gelas air matang. Saring dan minum airnya.

Cara kedua: Sediakan setengah jari asam kawak, 10 potong temulawak, dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan tersebut dengan 1 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum sekaligus. Lakukan selama satu minggu sebelum masa haid.

Catatan: Ramuan asam kawak ini tidak boleh diminum oleh wanita hamil.

  • Mengobati sariawan 

Caranya, satu genggam daun asam jawa muda dicuci bersih dan 5 cm rimpang kunyit diiris tipis-tipis. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Bisa tambahkan gula aren saat merebus agar rasanya lebih enak. Minum ramuan tersebut setiap pagi dan sore masing-masing satu gelas.

  • Mengobati bisul 

Ambil 5 gram asam kawak, 10 gram daun bayam duri, 10 gram daun kangkung dan garam secukupnya. Daun kangkung dan bayam duri ditumbuk hingga halus, tambahkan asam kawak dan garam secukupnya. Tempelkan ramuan tersebut pada bisul sampai semua permukaannya tertutupi.

Kalau sudah kering, bisa diganti dengan ramuan baru. Dengan cara ini bisul akan cepat matang dan pecah, sehingga proses penyembuhannya lebih cepat.

  • Mengobati asma 

Siapkan 2 potong kulit pohon asam jawa dan adas pulowaras secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

  • Obat batuk kering 

Batuk kering biasanya disertai dengan rasa gatal dan perih di tenggorokan.

Siapkan 3 buah polong asam jawa dan satu genggam daun saga. Buah asam jawa dan daun saga direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa tersisa 2 gelas. Saring airnya dan minum 2 kali sehari, tiap pagi dan sore. Lakukan pengobatan ini secara rutin.

Cara kedua, siapkan 2 gelas daun asam jawa, 2 gelas daun saga, dan 5cm kayu manis cina. Semua bahan dicuci bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa dua gelas. Saring airnya dan diminum pada siang hari. Lakukan secara rutin.

  • Obat sakit perut 

Sakit perut disebabkan oleh beberapa hal. Bisa disentri, makan makanan terlalu pedas atau asam dan lain sebagainya.

Ambil 3 buah polong asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Asam jawa dan kapur sirih ditumbuk hingga halus, lalu ditambahkan minyak kayu putih dan aduk hingga rata. Ramuan tersebut dibalurkan pada perut yang sakit.

  • Mengobati keputihan 

Keputihan merupakan penyakit yang umum menyerang daerah kewanitaan. Terkadang keputihan disertai dengan rasa gatal dan berbau tidak sedap. Keputihan yang seperti ini sangat mengganggu dan harus segera diatasi. Berikut ini ramuan herbal warisan nenek moyang untuk mengatasi keputihan.

Siapkan asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas dicuci, 5 cm rimpang kunyit (dicuci, dikupas), dan gula aren secukupnya. Haluskan daun beluntas dan kunyit, lalu seduh dengan 1/2 gelas air panas. Tambahkan asam dan gula aren, aduk rata. Saring airnya, lalu diminum setiap kali hendak tidur malam. Lakukan setiap hari.

  • Mengobati gatal alergi dan biduran 

Penyakit biduran dikenal juga dengan istilah kaligata, hives, atau urtikaria. Kulit yang terserang biasanya terasa gatal, kemerahan serta muncul tonjolan-tonjolan yang bisa menyebar dari satu titik ke titik lainnya. Penyebabnya bisa karena alergi atau disengat serangga, bulu ulat gatal juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Cara memanfaatkan asam :
Sediakan bahan-bahannya berupaka 3 buah asam jawa, 1/4 sendok makan kapur sirih, dan garam secukupnya. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas saja. Setelah dingin airnya disaring dan diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

  • Mengobati sakit panas 

Sediakan saja 2 polong asam jawa dan garam secukupnya. Seduh kedua bahan tersebut dengan segelas air panas, lalu disaring. Airnya diminum sekaligus selagi masih hangat. Wanita hamil dilarang minum ramuan ini!

  • Obat luka baru 

Jika anda terluka baik itu karena terkena senjata tajam maupun terjatuh, obati dengan daun asam jawa untuk menghentikan pendarahan sekaligus mempercepat pengeringan luka. Caranya, ambil daun asam jawa secukupnya lalu dikunyah dan ditempelkan pada luka.

  • Mengobati rematik 

Rematik atau pegal linu biasanya menyerang daerah pinggang. Sering diderita oleh mereka yang berusia lanjut atau para pekerja keras. Untuk mengatasinya, sediakan 1 genggam daun asam jawa, dan 2-3 biji asam jawa. Kedua bahan tersebut dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian pinggang yang sakit sambil diijit-pijit.

  • Mengobati borok 

Borok merupakan luka yang terbuka pada kulit, terasa perih, gatal, berair dan mengandung nanah. Biasanya disebabkan karena luka dan infeksi. Untuk mengobatinya, bisa dicoba dengan ramuan herbal asam jawa. Ambil beberapa biji asam jawa lalu ditumbuk hingga halus. Ramuan tersebut ditempelkan pada borok lalu diperban. Ganti sehari sekali.

  • Mengobati gatal pada bekas luka yang sudah kering 

Bekas luka yang sudah kering terkadang masih menyisakan rasa gatal sehingga tidak tahan ingin menggaruknya. Namun, jika digaruk akan menimbulkan luka lecet yang membuatnya terbuka kembali. Untuk mengatasinya bisa menggunakan cara berikut :

Rendam asam kawak dengan air matang sampai mengembang. Lalu gosokkan pada bekas luka yang gatal. Atau bisa juga dengan menghaluskan 1 genggam daun asam dan kunyit secukupnya. Lalu tempelkan ramuan tersebut pada bekas luka yang terasa gatal.

  • Mengobati demam 

Bukan cuma efektif untuk mengobati sakit panas yang diderita oleh anak-anak, daun asam jawa juga ampuh untuk menujrunkan demam pada orang dewasa. Jadi, jika anda terkena demam bisa ambil 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya, lalu diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore.

  • Bengkak karena digigit serangga 

Beberapa jenis serangga memiliki bisa yang jika menyengat dapat menyebabkan kulit bengkak.

Misalnya : lipan, lebah, tawon dan kalajengking.

Caranya, ambil 3 biji asam jawa lalu ditumbuk hingga halus. Bagian yang bengkak dibersihkan dulu dengan kain yang sudah diolesi dengan minyak kayu putih. Setelah itu tempelkan asam jawa yang sudah ditumbuk halus pada bagian yang bengkak (sakit).

  • Mengobati gatal berupa titik-titik merah mengandung air 

Kondisi kulit yang terserang terasa gatal dengan munculnya bintik-bintik merah pada permukaan kulit dan mengandung air miri cacar atau campak, tapi bukan.

Ambil temulawak sebesar ibu jari lalu dicuci bersih dan diiris tipis. Rebus dengan segelas air bersama gula aren sampai airnya hanya tersisa setengah gelas. Tambahkan asam kawak sebesar ibu jari dan aduk hingga rata. Saring airnya dan minum sekaligus.

  • Mengatasi bau anyir saat haid 

Terkadang, haid disertai dengan baua nyir. Untuk mengatasinya, ambil asam kawak sebesar ibu jari, 10 iris temulawak dan irisan gula aren secukupnya. Seduh dengan air panas sebanyak satu gelas. Aduk-aduk hingga merata dan gula aren larut. Saring airnya dan diminum sekaligus. Lakuakn setiap hari selama masa haid.

  • Mengobati penyakit campak 

Penyakit campak biasanya menyerang anak-anak meskipun dulunya sudah diberikan vaksin. Ada yang bilang setiap orang pasti terkena penyakit ini sekali seumur hidupnya.

Penyakit campak merupakan penyakit menular yan disebabkan oleh virus campak dari goglongan Paramixovirus.

Bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah 3 gelas daun asam jawa, 3 iris rimpang kunyit segar (dicuci bersih), gula aren dan garam secukupnya. Semua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore.


Manfaat Asam Jawa untuk Kecantikan

Khasiat asam jawa bukan cuma untuk kesehatan dan dunia pengobatan tradisional, melainkan juga bagi dunia kecantikan. Manfaat asam jawa untuk kecantikan diantaranya mengobati jerawat dan perawatan kecantikan kulit wajah.

  • Mengobati jerawat 

Jerawat bikin ga pede, udah gitu kadang suka menyisakan bekas yang berupa flek hitam dan bahkan luka bopeng pada kulit.

Bahan: 12 lembar daun sambiloto, 10 iris temulawak, 5 cm kencur, 1 sendok teh adas, dan 10 lembar daun jintan, semua bahan dicuci. Asam kawak sebesar ibu jari orang dewasa.
Cara pengobatan: Semua bahan ditumbuk hingga halus, dan tambahkan asam kawak. Seduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 3 kali sehari.

Untuk pengobatan luar, ambil 3 biji asam jawa lalu diseduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan digunakan untuk cuci muka pada pagi hari.

  • Mencerahkan kulit 

Asam jawa bisa juga digunakan untuk perawatan kulit agar tampak lebih cerah. Caranya, lumatkan daging buah asam jawa dengan air hangat. Tambahkan sedikit bubuk kunyit lalu aduk hingga membentuk adonan seperti lulur. Gunakan ramuan tersebut sebagai lulur, diamkan selama 15 menit agar nutrisi meresap. Kemudian bilas dengan air bersih.

  • Mengangkat sel kulit mati 

Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam buah asam jawa dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam. Caranya, lumatkan daging buah asam jawa dengan sedikit garam dan yogurt sampai terbentuk adonan sepeti pasta. Aplikasikan adonan tersebut pada wajah sebagai masker, hindari bagian mata. Diamkan selama 20 menit, sambil dipijat perlahan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bilas dengan air bersih.

  • Menghilangkan selulit 

Selulit atau disebut sebagai sindrom kulit jeruk adalah lemak yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Lemak yang tidak berhasil dibuang ini menimbulkan tekstur yang tidak rata pada kulit, seperti kulit jeruk. Selulit biasanya menyerang bagian tubuh yang menjadi sarang lemak seperti lengan atas bagian dalam dan belakang, paha dalam atas dan belakang, punggung atas (di bawah bahu), punggung bawah, dan bokong.

Untuk mengatasinya campurkan asam jawa dengan sedikit gula pasir, baking soda dan air perasan jeruk lemon. Aduk hingga benar-benar merata. Gunakan pada kulit dimana selulit berada, sambil dipijat-pijat secara lembut dengan arah melingkar searah jarum jam. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Keempat, kumis kucing. Kumis kucing ini bukan kumis yang diambil dari kucing meoong tapi tanaman yang dinamai kumis kucing. 

Dulu, kami pernah menanamnya di rumah beserta beberapa tanaman obat lainnya. Tanaman ini, di Indonesia, daunnya yang kering dipakai untuk obat yang dapat memperlancar pengeluaran air kencing/kemih, pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, penyakit syphilis, hipertensi dan menurunkan kadar glukoasa darahdi konsumsi sebagai bentuk dan upaya untuk melakukan penyembuhan dari sakit batuk, encok, masuk angin, sembelit. Di India, tanaman ini digunakan untuk mengobati rematik.




Kelima, urang-aring atau nama ilmiahnya adalah eclipta alba. Tanaman ini sering dipergunakan untuk penyakit kencing darah, mimisan, muntah darah, hepatitis, diare, keputihan, mengobati masalah rambut yang memutih, penyubur rambut. 

Keenam, singkong. Singkong dapat berfungsi untuk analgesic, antiinflamasi, penangkal stress oksidatif, membunuh cacing, mengobati reumatik, demam, sakit kepala, diare, cacingan, luka bernanah, mengembalikan padangan yang kabur, meningkatkan nafsu makan, mengobati luka karena panas. Berdasarkan hasil penelitian, daun singkong memiliki aktivitas ovisidal dan larvasidal. 



Ketujuh, mengkudu, mengkudu berkhasiat untuk menghilangkan sisik pada kaki, anti diabetes, obat antihipertensi, sakit kuning, influenza, batuk, sakit perut, demam. 





Kedelapan, cabe rawit. Cabe rawit sering digunakan untuk obat antirematik, obat sakit otot, sakit gigi, campuran obat gosok, mengobati sakit perut, mengatasi perut kembung, batuk, asma, menurunkan kadar gula dalam darah, mampu meningkatkan kadar insulin, melindungi dari stress oksidatif karena fungsinya sebagai antioksidan, menambah nafsu makan, melegakan hidung tersumbat, mengurangi oenggumpalan darah, menurunkan kadar kolesterol. 

Delapan aja yah, soalnyaa masih banyak tanaman herbal lainnya, yuk beralih ke tanaman dan pengolahan tradisional supaya lebih sehat, lebih aman dan memperoleh lebih dari manfaat tanaman-tanaman tersebut. 

Tulisan ini dan gambar mengambil dari :
http://biofarmaka.ipb.ac.id/publication/journal 
http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection 
http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection/604-herbal-plants-collection-kumis-kucing http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection/613-herbal-plants-collection-urang-aring http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2014/10/30-manfaat-asam-jawa-untuk-kesehatan.html http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection/610-herbal-plants-collection-singkong http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection/606-herbal-plants-collection-mengkudu http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection/594-herbal-plants-collection-cabe-rawit
Dies Natalis PSB 2015

Aku dan hidup dalam prasangka

"Hahahahah, gila" suara tawa dan suara itu terdegar sampai kamarku di tengah malam kemarin saat aku tidak bisa tidur. 

Prasangkaku langsung muncul karena pada siang hari aku bertanya kepada seorang satpam karena menyadari keterbatasanku pada penglihatan, soalnya sudah beberapa kali aku ditertawai dan dibilang gila. "Pak, kalau beli ayam bakar dimana ya?" tanyaku yang sebenarnya disertai dengan pernyataan pelan "Mataku ga awas soalnya" "Di seberang tukang pulsa di pertigaan jalan" ujarnya sambil menunjuk, tapi aku hanya mengikuti tangannya dan tidak menjelaskan serta tidak mau banyak bicara. 

Aku beranjak jalan di tengah cuaca yang syukurnya aga mendung. Sesampainya di tempat jualan ayam bakar, aku berkata "Mbak, kalau sudah selesai, tolong bilang ya, mataku ga awas" ujarku yang disahut "Iya, loh ini...". Singkat cerita aku sukses beli ayam bakar beserta tempe dan tahu bakar. 

Prasangkaku tak lepas dari situ saja. Banyak kejadian yang membuat aku berpikir, apakah masih ada orang baik ya? 

Berikut kisah prasangka lainnya. 

Aku posting di suatu tempat, tapi yang di terima cuma tunanetra yang dekat sama adminnya, sudah begitu, komentar aku juga ga direspon. Prasangkaku adalah ada yang menghasud untuk tidak merespon, aku sudah protes tapi aku tidak memaksa. 

Saat dulu nulis di blog ini tentang surat cinta0q yang dibuat berseri, aku berprasangka dan bertanya "Kalau sampai ke orangnya dan ada yang ngadu gimana", nah ternyata itu betul terjadi. Saat aku mau bertanya, aku berprasangka takut jadilah saat bertemu dengan orangnya aku selalu dimarahin. 

Saat aku melakukan curahan hati untuk membantu survey/penelitian orang, aku berprasangka ada yang menyangkaku telah berbohong, yang prasangkaku lainnya adalah tidak pada tempanya dan ada yang berkata kepadaku "Kamu jangan berprasangka sama aku" yang intinya adalah curahan hatiku sampai ke orangnya. 

Cuman, aku tidak tahu siapa orangnya, namun aku tahu grupnya, cuma aku tuh mikir, aku kan cuma mau membantu penelitian, dan yang namanya penelitian bukannya seharusnya mewawancarai orangnya yang diperkuat oleh minimal 2 significant other yang merupakan orang terdekat dari subyek ya? Jadi minimal 3 orang, itupun kalau menggunakan metode penelitian studi kasus. Aku tahu karena dulu skripsiku menggunakan metode itu. 

Nah, prasangkaku, akan ada yang mengadu, membicarakan aku di belakang, menghasud, ya silahkan saja deh. Loh kok bukannya mendamaikan?

Entahlah, kalau boleh terus terang, aku hampir menyerah hidup, aku tidak pintar. Tulisan ini aku buat sambil menahan tangis. 

Akankah prasangka ini hilang? Hanya Tuhan yang tahu. Yah semoga saja, amin.

“tulisan ini diikut sertakan dalam “Jeoja Wannabe 1st GiveAway”

Saturday, April 18, 2015

Natural Honey and Body Lotion

Madu memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, manfaatnya yakni
  • Menghindari gejala kurang darah/anemia
  • Sumber energi
  • Menjaga Fungsi Saluran Cerna
  • Penyembuh luka
  • Memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga lebih menyehatkan sistem pencernaan dan menjamin ketersediaan karbohidrat selama berolahraga (Hasil riset yang dikeluarkan sebuah jurnal kesehatan menyebutkan kadar glycemic index (GI ukuran untuk mengukur dampak negatif makanan dalam gula darah) yang rendah pada madu),
  • Pengganti karbohidrat selama pemanasan (Laboratorium Nutrisi di Universitas Mempish menyatakan bahwa madu seefektif glukosa)
  • Antibotik (antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri)
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  • Mengatasi Insomnia (Berdasarkan sebuah penelitian campuran antara kayu manis, jahe dan madu yang dijadikan teh herbal dapat menenangkan tubuh ketika malam hari dilanda insomnia atau susah tidur) 
  • antiseptic
  • Terapi kesehatan (Pengobatan modern yang mengacu pada terapi kuno penggunaan madu dari Mesir, RS Universitas Wisconsin Medical School and Public Health menerapkan terapi madu bagi borok yang diderita penderita diabetes. Uji coba terhadap seorang pasien berusia 79 tahun berhasil menyembuhkan borok pada jari kakinya sehingga sang pasien tidak jadi diamputasi berkat terapi madu)
  • Metabolisme alkohol (NYU Langone Medical Center mengungkapkan bahwa madu yang diminum secara langsung akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme alkohol. Kemampuan ini akan membatasi keracunan dan mengurangi kadar alkohol dalam tubuh lebih cepat.)
  • Menurunkan berat badan
  • Mengurangi gejala alergi dan asma (Merangsang peningkatan sistem kekebalan tubuh pada pasien asma yang diberikan madu sebanyak 5 - 6 kali masing-masing 1 sendok sehari)
  • Obat Batuk dan Radang Tenggorokan
  • Antioksidan (peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan  peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba dilakukan pada riset di Universitas Purdue pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan, adanya kandungan chrysin, pinobanksin, katalase dan vitamin C)
  • Mengobati kurap dengan menambahkan madu dengan serbuk kunyit
  • Mempertajam daya penglihatan Jika dicampurkan dengan jus wortel, dokter menyarankan untuk minum setiap pagi
  • Dapat mencegah osteoporosis.
  • Mengurangi risiko kanker dan arthritis
  • Penghalang implantasi tumor
  • Membuat kulit segar dan lembab lebih lama
  • Dapat melawan penyakit kuning, meski belum dibenarkan sepenuhnya
  • meningkatkan jumlah sperma dari nol sampai tingkat kesuburan tertinggi dengan menambahkan madu pada segelas susu
  • Stimulan seksual alami yang meningkatkan kejantanan dan kesehatan reproduksi
  • Sangat efektif untuk menghilangkan selulit karena membantu memetabolisme tubuh
  • Meredakan nyeri pada perut yang kosong
  • Mengurangi risiko terhadap serangan jantung
  • Mengobati penyakit asam lambung
  • Mengatasi sakit perut
  • Meredakan stres
  • Mengatasi hiperaktif pada anak
  • Obat kumur untuk membersihkan kotoran dan kuman.

  
Selain untuk kesehatan, khasiat madu juga bermanfaat untuk kecantikan, khasiatnya diantaranya :
  • Mengangkat Kotoran atau partikel debu yang menempel di area wajah.
  • Mencerahkan Kulit dan mengencangkan kulit
  • Menghilangkan Bekas Jerawat
  • Kondisioner Rambut Alami sehingga membuat rambut berkilau dan lembut dalam sekejap.
  • Memperlambat Penuaan/ pembuat awet muda (Bagi keluarga Kerajaan inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. Manis alami madu digunakan di Inggris hingga pertengahan abad ke-17. oleh karena itu, diyakini bahwa ibu Suri Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth berumur panjang)
  • Membuat Kulit Kenyal
  • Melembabkan Kulit
  • Mencuci Rambut kandungannya dapat mengobati rambut yang rusak
  • Mengobati Bekas Luka Pada Wajah
  • Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah
  • Menjaga Kelembutan Kulit
  • Mengatasi Kulit Keriput Dini
  • Masker yang aman untuk kulit sensitif


Madu-madu yang manfaatnya telah disebutkan diatas jadi bahan baku dari Natural Honey and Body Lotion. Natural Honey and Body Lotion ada beberapa produk yakni :

Honey Moisture Rich




dengan Natural Honey Moisture Rich, Kulit tetap Sehat, Segar, dan Bercahaya.
Permukaan kulit yang terasa kasar dan kering, pecah-pecah terutama di daerah siku dan tumit bisa teratasi dengan menggunakan Natural Honey Moisture Rich. Hal ini dikarenakan Natural Honey Moisture Rich memiliki kandungan :

Pure Honey menjaga kelembutan dan kesehatan kulit
Olive Oil kaya beri kelembaban melimpah untuk kulit sehat
Vitamin E merawat kulit kusam & kasar sehingga cerah lembut
24h Formula mengunci kelembaban alami kulit dan menutrisi hingga lapisan terdalam* selama 24 jam

untuk menggunakan Natural Honey Moisture Rich, cukup Oleskan ke seluruh tangan dan tubuh setelah mandi supaya kulit senantiasa sehat, segar, dan bercahaya.

Natural Honey Pure White




Natural Honey Pure White yang dapat membuat Kulit Tampak Putih dan Terlindungi
Apabila Kondisi kulit yang tidak sehat dan tidak terlindungi, seringkali membuat kulit kusam dan tidak bercahaya. Lindungi dan rawatlah kulit dengan Natural Honey Pure White yang mengandung :

Pure Honey untuk kelembutan dan kesehatan kulit
Yogurt kaya nutrisi alami untuk kulit
Vitamin B3 mampu menghambat pembentukan melamin kulit agar tampak lebih putih
SPF 30 PA++ secara aktif melindungi dari pengaruh buruk sinar UV A dan UV B matahari

untuk menggunakan Natural Honey Pure White, Oleskanlah Natural Honey Pure White ke seluruh tangan dan tubuh setelah mandi agar kulit Anda tampak putih dan terlindungi.

Natural Honey Antioxidant




Natural Honey Antioxidant membuat Kulit Terlindungi dari Kondisi Buruk Lingkungan
Aktivitas di luar ruang (out door) seringkali mengharuskan kita terkena paparan langsung sinar matahari dan kondisi buruk lingkungan seperti debu, polusi udara, asap kendaraan dan lain sebagainya. Lindungi kulit dengan Natural Honey Antioxidant, mengandung :

Pure Honey yang akan menjaga kelembutan dan kesehatan kulit
Orange Extract kaya Vitamin C sebagai antioksidan
Double UV Protection melindungi dari paparan sinar matahari
24h Formula mengunci kelembaban alami kulit dan menutrisi hingga lapisan terdalam* selama 24 jam

untuk menggunakan Natural Honey Antioxidant, Oleskanlah Natural Honey Antioxidant ke seluruh tangan dan tubuh setelah mandi agar kulit Anda senantiasa sehat dan lembut serta terlindungi dari kondisi buruk lingkungan. Natural Honey Antioxidant membuat Kulit Terlindungi dari Kondisi Buruk Lingkungan
Aktivitas di luar ruang (out door) seringkali mengharuskan kita terkena paparan langsung sinar matahari dan kondisi buruk lingkungan seperti debu, polusi udara, asap kendaraan dan lain sebagainya. Lindungi kulit dengan Natural Honey Antioxidant, mengandung :

Pure Honey yang akan menjaga kelembutan dan kesehatan kulit
Orange Extract kaya Vitamin C sebagai antioksidan
Double UV Protection melindungi dari paparan sinar matahari
24h Formula mengunci kelembaban alami kulit dan menutrisi hingga lapisan terdalam* selama 24 jam

untuk menggunakan Natural Honey Antioxidant, oleskanlah Natural Honey Antioxidant ke seluruh tangan dan tubuh setelah mandi agar kulit Anda senantiasa sehat dan lembut serta terlindungi dari kondisi buruk lingkungan.


Natural Honey Firm and Youthful



Natural Honey Firm and Youthful bermanfaat supaya bisa Tampil Cantik Muda dengan Kulit Tetap Kencang
Kulit butuh perawatan intensif untuk menjaga kekencangan kulit, sehingga tampak cantik muda. Gunakan Natural Honey Firm and Youthful dengan kandungan :

Pure Honey yang membantu merawat kesehatan dan kelembutan kulit
Yeast Extract sebagai skin conditioner
Collagen menjaga kekencangan & keremajaan kulit
24h Formula mengunci kelembaban alami kulit dan menutrisi hingga lapisan terdalam* selama 24 jam

untuk menggunakan Natural Honey Firm and Youthful, oleskanlah ke seluruh tangan dan tubuh setelah mandi secara rutin untuk mempertahankan kekencangan kulit, sehingga Anda tampil tampak cantik muda.

Sumber :


  
Tulisan ini adalah wujud aku yang ikut berpartisipasi dalam "Beauty Benefits of Honey” Blog Competition

Peranan pemuda Indonesia dalam penerapan Agenda Pembangunan Post-2015

Pemuda Indonesia dalam penerapan Agenda Pembangunan Post-2015 bisa turut membantu dengan melibatkan dirinya.

Pemuda bisa membantu mengkritisi, mengawasi dan turut serta dalam membangun kesuksesan dalam meninjau kemajuan MDGs melalui Tahunan Menteri Ulasan (AMR), Dewan Ekonomi dan Sosial yang akan memainkan peran utama dalam persiapan, pelaksanaandan tindak lanjut dari agenda pembangunan pasca-2015 baik dari segi ekonomi, sosial pembangunan yang inklusif, kelastarian lingkungan, perdamaian dan keamanan.



MDGs sendiri merupakan akronim dari Millenium Development Goals. MDGs bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dengan :
Memberantas kemiskinan (berhasil turun menjadi 22% pada tahun 2010) dan memberantas kelaparan yang ekstrim (berhasil turun dari 23,2% yang ada pada tahun 1990 sampai tahun 1992 menjadi 14,9% pada tahun 2010-2012), mencapai pendidikan dasar universal dimana pada tahun 2011 terdapat 57 juta anak tidak mengenyam SD dan masih adanya diskriminasi dan anak-anak miskin yang meninggalkan sekolah lebih tinggi sebanyak tiga kali lipat apabila dibandingkan dengan anak-anak dari keluarga mampu, mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak (dengan taget penurunan tingkat kematian Ibu sebsar 47% dan penurunan tingkat kematian anak sebesar 41%), meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV / AIDS (dengan adanya akses/pengetahuan mengenai cara untuk melakukan pencegahan virus HIV yang perlu diperluas karena pada tahun 2011, terdapat 43 juta penduduk mengidap HIV), malaria dan penyakit lainnya (mengalami kemajuan signifikan dalam penurunan populasi yang berperang dalam melawan penyakit malaria dan tinggal di kawasan kumuh dan TBC dengan dapat menghindari kematian dalam angka 1,1 juta untuk malaria dan 20 juta
untuk penyandang TBC), menjamin kelestarian lingkungan, mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.




Dalam hal MDGs, pemuda bisa membantu memberikan akses informasi baik secara langsung ataupun online seperti misalnya memberikan penyuluhan yang terkait mengenai tujuan-tujuan yang telah disebutkan diatas.

MDGs mempunyai relevansi yakni :

Mobilisasi resources di tingkat global dan nasional
Agenda pembangunan global menjadi lebih fokus
Memastikan pembahasan agenda pembangunan pasca2015 secara inklusif dalam proses
intergovernmental
Memastikan adanya sinergi ketiga dimensi pembangunan: ekonomi, sosial dan lingkungan hidup
Global Goal -> National Target


Pemuda juga bisa membantu dalam pengembangan kerjasama forum (DFC) dengan membangun kemitraan global dengan system keterbukaan pada fitur kemungkinan kemitraan global untuk pembangunan bari dalam pengaturan pasca 2015.

Pemuda juga bisa membantu dengan memberikan suara melalui forum yang diselenggarakan oleh UNDESA/OESC dalam kemitraan dengan Negara-negara anggota yang suaranya di aspirasikan ke berbagai pemangku kepentingan termasuk ke Negara-negara berkembang, Negara maju, masyrakat sipil, anggota parlemen, lembaga audit, pemerintah lokal, pemerintah regional, organisasi filantropi dan sector swasta. Ini akan mendorong dialog multi-stakeholder partisipatif mengenai isu-isu kerjasama dalam pembangunan besar.

Apabila pemuda tidak bisa berperan dalam hal-hal yang disebutkan di atas, mungkin pemuda bisa menuangkan idenya yang salah satunya bisa dengan mengikuti lomba yang informasinya ada di http://www.un.or.id/en/how-to-join.

Sudah siapkah untuk tantangan global?




Sumber :

Friday, April 17, 2015

Review Affiliate Jejualan

Sebelum anda memiliki bisnis toko online, bisa membuka http://blog.jejualan.com/ikuti-dan-menangkan-kontes-blog-review-jejualan-2015-berhadiah-mac-mini/ karena pada awal masuk, maka anda akan disambut dengan gambar yang tulisannya seperti ini :

Ebook GRATIS!

Sudahkah Anda melakukan segala hal untuk meningkatkan penjualan di toko online? 
Jika tujuan akhir Anda adalah untuk mempertahankan kestabilan keuntungan sepanjang tahun, maka Anda harus melakukan sesuatu yang lebih dari sekedar membuat tweet. 
Setelah itu, Anda bisa membuka toko online tanpa harus membayar mahal, cukup 20 menit dengan 3 pilihan desain sesuai selera, bisa menerima pembayaran dari manapun dengan paypal, mendapatkan notifikasi sms setiap ada transaksi yang berjalan dengan menggunakan e-commerce jejualan yang bisa mendapat percobaan gratis selama kurang lebih 15 hari (info : https://www.youtube.com/watch?v=u0eAT3KEzdA).

.

Terus kalau kita tidak punya bisnis dan hanya punya blog namun ingin membantu jualan, bisa dengan mengikuti program affiliate yang bisa dibuka di http://aff.jejualan.com/. Gambar ada dibawah ini



Setelah buka, klik daftar affiliate sekarang yang tidak dipungut biaya atau gratis, isilah data yang diminta berupa email, password, pengulangan password, nama, nomor handphone, lalu cek list dan klik submit.  Berikut potongan print screen dari gambar di link http://aff.jejualan.com/ terletak pada gambar yang ada di sebelah kiri.



Kemudian, Anda akan masuk ke selamat datang dan terima kasih di website dan mendapatkan notifikasi via sms yang aku sih mendapatkan seperti ini bunyinya :
Dear Tyaseta, akun affiliate Anda telah aktif. Silakan buka email untuk melakukan login ke akun Anda
Setelah buka email, ada 3 email yang 1 berisi link affiliate yang bisa digunakan,
Namun aku balik lagi ke http://aff.jejualan.com/daftar dan mengklik masuk member affiliate dan masuklah ke http://aff.jejualan.com/affiliate-banner.html
Nanti akan ada link url sama seperti yang ada di email pemberitahuan, kayak gini ni tampilan di aku

selain itu ada kode banner yang bisa di pasang di blog yang contoh bannernya ada di gambar di bawah ini.


Untuk komisi bisa dilihat di link http://aff.jejualan.com/affiliate-komisi.html
Komisi yang didapatkan sekitar 30% setiap ada pembelian paket jejualan melalui link affiliate Jejualan.
Untuk klaim komisi, jangan lupa setelah mendaftar dan mendapatkan akun isilah data diri di http://aff.jejualan.com/affiliate-data.html jangan lupa diisi Banknya, ada nama Bank, nama pemilik Bank, nomor rekening Bank dan cabang  setelah diisi klik simpan ya.
Untuk nama Bank bisa pilih Bank BCA, Bank BNI atau Bank Mandiri.
Kalau mau mengubah password, bisa klik http://aff.jejualan.com/affiliate-ubahpass.html 
Jejualan memiliki 5 link partner yang menguntungkan yakni Adsense Indonesia, Hosting Murah, Jasa Layanan Antar Kuliner, Promo Diskon Indonesia, dan Promosi Online.

Salah satu link parterner ada di adsense Indonesia yang mempunyai link http://adsensecamp.com/ ada tiga menu menarik yang ditawarkan yakni create advertiser account, create publisher account dan menu raih tambahan penghasilan Anda yang ada sub menu get started dan sign in. yang gambar print screennya ada di bawah ini



Advertiser dapat memasang iklan pada situs-situs yang bekerjasama dengan AdsenseCamp. Dengan sistem bayar per unik klik (atau pay per clik/PPC), memastikan bahwa Anda hanya perlu membayar iklan Anda apabila ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan Anda dengan IP yang unik.

Sebagai web owner, anda bisa memanfaatkan iklan dari AdsenseCamp untuk mendapatkan penghasilan dari situs Anda. Situs Anda akan kami lengkapi dengan link iklan teks dengan system bayar per klik. Anda akan mendapatkan penghasilan apabila ada yang melakukan klik terhadap iklan kami di situs Anda.

Untuk informasi mengenai jejualan, Anda bisa mengontak akun Line jejualan, sms ke 085707055000, dan atau ke costumer care di 081578200200.

Sekian reviewku tentang affiliate Jejualan, kemungkinan Anda bisa mendapatkan uang sebesar dua juta rupiah per bulan dengan berafiliasi bersama Jejualan. Tunggu apa lagi, yuk daftar sekarang!

Wednesday, April 15, 2015

Manfaat blog untuk keharmonisan

Hai, kali ini tulisan ini diikutsertakan #peacestoryblogcontest yang bannernya ada di bawah ini


tulisan ini aku buat berdasarkan pengalaman yang masih sedikit dan belum ada apa-apanya sih.

Harusnya, blog bisa dimanfaatkan untuk keharmonisan. Namun, ada beberapa pihak yang menggunakan itu untuk menceritakan atau mengadukan ke orang lain khususnya kepada pihak yang terkait, menyinggung, menasehati, menertawakan, mencari-cari kesalahan, membully.

Tidak usah sebut namanya tapi ia telah berkata "Sudah siap nikah belum? Kayaknya belum deh orang masih kekanak-kanakan gitu. bla bla. Berarti apa yang mbak tulis kalau cinta bla bla" dan dibelakang aku mendengar "Hancurin aja dia tuh" yang disambung dengan sahutan "Biarin aja, nanti dia akan malu".

Ya sudahlah, kita sebagai blogger tidak mengharapkan sesempurna seperti yang diingankan kan? Wajarlah yang namanya ketidak mengertian, prasangka buruk, dan kekurang adanya pemahaman karena sosok yang dihadapi berbeda sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi konflik.

Untuk menghindari konflik, tidaklah baik apabila mendiamkan orang, bercerita yang tidak baik sehingga menjadi gosip. 

Terus gimana dong biar blog bisa di manfaatkan untuk keharmonisan?

  1. Bertanya mengenai prasangka yang dipikirkan
  2. Berpikir dampak dari prasangka/perilaku baik lisan maupun tulisan, lihatlah dari sisi psikologi minimal reaksinya apakah ia akan marah, sedih
  3. Bersikaplah asertif yakni berkata dengan lembut mengenai apa adanya tanpa menyinggung perasaannya melalui perkataan, perilaku
  4. Hargailah perbedaan karena setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, janganlah bersikap sombong dengan berkata yang kurang enak, memilih-milih, dan lain sebagainya. Setiap orang beragam bukan?
  5. Apa yang ditulis ya jangan disiarkan tanpa seizin penulis, penulis membagikan ke grup dan atau media sosial itu karena ia mengizinkan untuk dibaca dan atau juga di komentari
  6. Cobalah mengerti dan memahami
  7. Ambil pengetahuan, pelajaran dari apa yang ia tulis entah itu motivasi, semangatnya, apapunlah informasi yang ia tuang
  8. Sikapi dengan positif
  9. Ramahlah dan responsiflah 
  10. Belajar dan teruslah belajar
  11. Jangan mengungkit masa lalu karena tidak ada orang yang suka diungkit luka atau sakit hatinya kecuali apabila penulis blog mengizinkannya
  12. Kasih semangat supaya nulis jadi asyik dan itu bisa menghilangkan rasa malas menulis loh, aku sendiri pernah mengalami 
  13. Berikan informasi mengenai apapun khususnya yang terdekat, misalnya informasi mengenai lomba blog atau menulis di media lain yang informasinya pastinya bermanfaat bagi penulis lain yang ingin mengembangkan kemampuannya atau yah hanya sekedar iseng-iseng berhadiah.
Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada pihak yang merasa tersinggung. Terima kasih. Salam damai dari blog saya ini. Selamat beraktivitas. 

Monday, April 13, 2015

Tentang ASUSPRO BU201

ASUSPRO ADVANCED BU201 adalah netbook yang ekstra aman dan pengelolaan yang mudah karena dapat diinstal program aplikasi Windows 8.1 Pro ataupun versi lain, memiliki prosesor generasi terbaru Intel® Core™ dengan teknologi Intel® vPro™, terdapat Trusted Platform Module dan pemindai sidik jari sehingga keamanan dapat ditingkatkan, dan ASUSPRO Ultra Docking Station untuk ekspansi dan konektivitas lebih.

Trusted Platform Module (TPM) adalah sebuah chip hardware yang terintegrasi pada motherboard yang dapat mengenkripsi data dengan aman, mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh hacker yang ingin mencuri kata sandi dan kunci enkripsi pada data sensitif. 

TPM menambahkan lapisan keamanan tambahan dan memungkinkan notebook untuk menjalankan aplikasi yang lebih aman, melakukan transaksi dan komunikasi lebih dapat dipercaya. 

Ketika digunakan bersamaan dengan paket perangkat lunak keamanan tambahan, TPM menyediakan keamanan sistem yang ditingkatkan secara keseluruhan, kemampuan proteksi file, dan perlindungan email/apapun yang bersifat privasi. TPM memungkinkan keamanan lebih kuat dari yang sudah dilakukan oleh BIOS, sistem operasi, atau aplikasi non-TPM.

Pemindaian sidik jari menjamin keamanan maksimum dan perlindungan data. Pemindai sidik jari elektronik di ASUSPRO BU201 menggunakan pencitraan frekuensi radio (RF) untuk membaca pola sidik jari. RF tidak terpengaruh dibandingkan dengan teknologi sensor lain dengan kondisi kulit seperti kulit kering, usang, kapalan, kotor atau berminyak.

ASUSPRO BU201  didesain secara professional dengan :
  • 1.       Berat yang ultra-ringan yakni 1.27kg and bentuk yang ultra-tipis dengan konektivitas I/O penuh
  • 2.       True-comfort keyboard dan touchpad yang presisi dengan jarang yang mendalam sebesar 2mm kunci dan 19.05mm yang ergonomis - sama seperti keyboard desktop full-size - BU201 diciptakan untuk kenyamanan dan kemudahan penggunaan yang optimal. Backlight keyboard yang lembut memastikan kemudahan mengetik di lingkungan yang kurang terang atau bahkan dalam kegelapan total. Tombol fungsi khusus memungkinkan akses cepat dan mudah ke beberapa fitur seperti kecerahan layar, keyboard backlight, volume audio, touchpad/pointstick, dan kontrol monitor eksternal.

  • 3.       Engsel yang dapat dibentangkan sampai flat hinga 180 derajat, layar anti-glare HD/HD+ dengan sudut pandang yang lebar sehingga memberikan kemudahan untuk melihat


ASUSPRO BU201 lebih tahan lama karena :
  • 1.       Standar testing reliabilitas ASUS yang ekstra ketat dengan standar militer
  • 2.       Diperkuat konstruksi LCD carbon fiber yang lebih tahan lama
  • 3.       Hard Drive anti-goncangan yang kuat untuk proteksi data
  • 4.       Spill-resistant keyboard untuk perlindungan terhadap ketumpahan cairan


Diuji untuk melewati standar militer MIL-STD 810G, yang menawarkan daya tahan yang ekstrem. Standar militer yang dimiliki oleh netbook ASUSPRO BU201 adalah
  • 1.       Konstruksi LCD dengan karbon yang diperkuat

Dengan penggunaan material karbon UD, ASUSPRO BU201 dapat dengan nyaman digunakan ketika perjalanan bisnis. Penutup LCD memberikan daya tahan lebih kuat 20% terhadap tekanan dibandingkan dengan notebook pada umumya, sangat kuat namun tetap ringan. Pengujian dengan kualitas standar militer US termasuk tes jatuh dengan ketinggian dua kali lipat dan pengujian engsel yang ketat. BU201 Ultrabook juga memiliki hard disk dengan teknologi anti guncangan termasuk sebuah G-sensor dan struktur perangkat keras yang melindungi hard disk ketika terjatuh atau bertubrukan dengan permukaan lain. Keyboard dengan spill resistant mampu membuang cairan lebih banyak daripada standar industri pada umumnya.

Ujian yang dilewati ASUSPRO BU201 adalah
  • 1.       Tes jatuh yang ditingkatkan

Lebih dari dua kali lipat ketinggian dari pengujian notebook standar
  • 2.       Pengujian engsel yang lebih kuat

Tambahan 20,000 kali daripada pengujian notebook standar
  • 3.       Pengujian tekanan yang lebih kuat

Sampai dengan 20% lebih tinggi untuk daya tahan dibandingkan notebook normal
  • 4.       Spill-resistant keyboard

Ketumpahan cairan bukan lagi masalah

ASUSPRO BU201 diperkaya dengan Hardisk anti guncang menjaga data tetap aman. Hal ini karena adanya metal mounts and cushioned hardware protection, intelligent 3D digital accelerometer sensor.

Bukan hanya itu saja, ASUSPRO BU201 memiliki docking station, USB 3.0 dan USB Charger + untuk kecepatan transfer ultra-cepat dan charging cepat, Wake-on-LAN (WOL) memungkinkan PC untuk diaktifkan dari jarak jauh melalui jaringan, dan ASUSPRO BU201 memiliki :
  • 1.      Ganjalan metal dan bantalan untuk proteksi lebih

ASUSPRO BU201 menggunakan logam khusus dengan kumpulan pengganjal di sekitar hard drive yang memperkuat dan melindungi drive melebihi standar utama. Selain itu, material bantalan keras yang mampu menyerap benturan memberikan perlindungan ekstra terhadap guncangan atau kejatuhan saat notebook dimatikan, misalnya selama transportasi.
  • 2.       Sensor Benturan yang Cerdas

Sebagai garis pertahanan ekstra untuk menjaga data Anda tetap aman, hard drive memiliki sensor gerak yang dikombinasikan dengan perangkat lunak yang secara cerdas dapat memprediksi dampak tiba-tiba dan secara otomatis mengambil tindakan untuk meminimalkan risiko kerusakan hard drive. Sensor accelerometer digital 3D dengan tiga tingkat sensitivitas - off, normal, dan tinggi. Sensitivitas tinggi adalah pengaturan default, memastikan bahwa deteksi benturan tetap aktif setiap saat.



ASUSPRO BU201 memiliki finishing matte gelap dan konstruksi one-piece yang stylish, hal ini menciptakan tampilan profesional yang halus dan benar-benar konsisten.

Insinyur ASUSPRO telah menyempurnakan ukuran BU201 itu, backlit true-comfort keyboard yang memberikan rasio klik yang lebih akurat dan jarak antar tombol yang mendalam.

The SensePoint ™ pointstick menstimulasi fungsi mouse biasa. Memberikan tekanan sensitif dan dapat mengontrol kursor untuk memilih dan drag file.

Touchpad juga telah dioptimalkan, menjaga presisi tinggi sekaligus menawarkan permukaan sentuh yang lebih besar. Engsel 180ยบ memungkinkan notebook ini dapat dibuka secara datar sehingga layar dapat dilihat dari semua sudut.

Layar anti-silau memiliki permukaan layar matte yang mencegah refleksi yang tidak diinginkan dan membantu mengurangi kelelahan mata. ASUSPRO BU201 memiliki aksesori yang kompatibel, sebuah Docking Station Ultra yang memungkinkan konektivitas yang lebih luas.

ASUSPRO BU201 bisa melakukan Identifikasi berbasis smartcard karena didukung pada ASUSPRO BU Series, smartcard dapat digunakan untuk identifikasi, otentikasi, penyimpanan data, dan pengolahan aplikasi. Pengguna dapat menggunakannya untuk login atau otorisasi transaksi online. Jadi asyik deh belanja di e-commerce, mengikuti seminar online.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...