Wednesday, April 15, 2015

Manfaat blog untuk keharmonisan

Hai, kali ini tulisan ini diikutsertakan #peacestoryblogcontest yang bannernya ada di bawah ini


tulisan ini aku buat berdasarkan pengalaman yang masih sedikit dan belum ada apa-apanya sih.

Harusnya, blog bisa dimanfaatkan untuk keharmonisan. Namun, ada beberapa pihak yang menggunakan itu untuk menceritakan atau mengadukan ke orang lain khususnya kepada pihak yang terkait, menyinggung, menasehati, menertawakan, mencari-cari kesalahan, membully.

Tidak usah sebut namanya tapi ia telah berkata "Sudah siap nikah belum? Kayaknya belum deh orang masih kekanak-kanakan gitu. bla bla. Berarti apa yang mbak tulis kalau cinta bla bla" dan dibelakang aku mendengar "Hancurin aja dia tuh" yang disambung dengan sahutan "Biarin aja, nanti dia akan malu".

Ya sudahlah, kita sebagai blogger tidak mengharapkan sesempurna seperti yang diingankan kan? Wajarlah yang namanya ketidak mengertian, prasangka buruk, dan kekurang adanya pemahaman karena sosok yang dihadapi berbeda sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi konflik.

Untuk menghindari konflik, tidaklah baik apabila mendiamkan orang, bercerita yang tidak baik sehingga menjadi gosip. 

Terus gimana dong biar blog bisa di manfaatkan untuk keharmonisan?

  1. Bertanya mengenai prasangka yang dipikirkan
  2. Berpikir dampak dari prasangka/perilaku baik lisan maupun tulisan, lihatlah dari sisi psikologi minimal reaksinya apakah ia akan marah, sedih
  3. Bersikaplah asertif yakni berkata dengan lembut mengenai apa adanya tanpa menyinggung perasaannya melalui perkataan, perilaku
  4. Hargailah perbedaan karena setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, janganlah bersikap sombong dengan berkata yang kurang enak, memilih-milih, dan lain sebagainya. Setiap orang beragam bukan?
  5. Apa yang ditulis ya jangan disiarkan tanpa seizin penulis, penulis membagikan ke grup dan atau media sosial itu karena ia mengizinkan untuk dibaca dan atau juga di komentari
  6. Cobalah mengerti dan memahami
  7. Ambil pengetahuan, pelajaran dari apa yang ia tulis entah itu motivasi, semangatnya, apapunlah informasi yang ia tuang
  8. Sikapi dengan positif
  9. Ramahlah dan responsiflah 
  10. Belajar dan teruslah belajar
  11. Jangan mengungkit masa lalu karena tidak ada orang yang suka diungkit luka atau sakit hatinya kecuali apabila penulis blog mengizinkannya
  12. Kasih semangat supaya nulis jadi asyik dan itu bisa menghilangkan rasa malas menulis loh, aku sendiri pernah mengalami 
  13. Berikan informasi mengenai apapun khususnya yang terdekat, misalnya informasi mengenai lomba blog atau menulis di media lain yang informasinya pastinya bermanfaat bagi penulis lain yang ingin mengembangkan kemampuannya atau yah hanya sekedar iseng-iseng berhadiah.
Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada pihak yang merasa tersinggung. Terima kasih. Salam damai dari blog saya ini. Selamat beraktivitas. 

10 comments:

  1. well said. terima kasih ya sudah ikut berpartisipasi, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks. sama2, terima kasih sudah main dan meninggalkan jejak disini. salam kenal juga :)

      Delete
  2. wah keren kak guru ini, aktif terus ngeblognya :)

    ReplyDelete
  3. Iya, sebisa mungkin kalo nulis itu bahasnya yg netral aja ya, tanpa memihak dan memojokkan. Kan katanya pena itu setajam pedang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebisa mungkin/seharusnya tidak memihak dan memojokkan, memang pena bisa setajam pedang, iya bahasnya coba dengan netral begitu juga saat membaca blog, cobalah untuk netral ya ^_^

      Delete
  4. Sesama blogger harus selalu menjaga keharmonisan :) hehe salam kenal :)

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...