Tuesday, March 31, 2015

Review Khayalan Pengguna Commuter Line

Yang aku sukai adalah tulisan yang ada di http://www.ophiziadah.com/2015/03/khayalan-pengguna-commuter-line.html soalnya dari judulnya sudah menarik yakni khayalan bagi pengguna kereta Commuter Line soalnya aku juga punya khayalan yang mungkin hanya jadi dongeng, mengungkapkan fakta, ngajakin hemat energi, ngajakin hemat uang bensin yang juga bisa mengurangi stress kemacetan.

Fakta yang mengingatkanku saat dulu menjadi pengguna Commuter Line kudu harus berdesak-desakan sambil ketakutan memegang tas yang ditaruh di depan badan supaya ga kecopetan syukurnya aku belum pernah menjadi korban pembesetan tas di kereta dan aku sempat menaiki Commuter Line khusus perempuan dari stasiun Universitas Pancasila sampai Universitas Indonesia.

Namun, kini commuter line sudah tidak bisa aku gunakan lagi soalnya aku ga ada tongkat putih untuk membantu meraba turun dan kalau hanya mengandalkan kaki akan lama.

Terakhir kali naik tu dari Stasiun yang dekat Masjid Istiqlal apa tuh namanya? Terus turun di Stasiun Universitas Indonesia, awalnya aku ditawari sama petugasnya untuk dibantu namun aku tolak. Nah saat aku turun tangga, ada seorang wanita yang menawari untuk mengantarku ya sudah deh aku terima. Terima kasih yaa.

Sebenarnya, akan lebih enak kalau stasiun itu kayak Stasiun yang ada di Jepang yang ada huruf braille, warna dan ada trailingnya jadi penumpang tuna netra bisa mandiri. Dimana kesemuanya ini disertai dengan layanan prima.

Layanan prima sehingga kita ga harus berdesakan, ga harus kepanasan, ga harus menunggu lama, ga harus repot menukar kartu asuransi setiap keluar masuk, ga harus repot mengisi ulang kartu ya mungkin satu kartu yang sudah ada bisa menggunakan semua Bank. Kan enak tuh, jadi dompet juga kekurangan ketebalan dan keberatannya.

Amin, semoga khayalan mak Ophi Ziadah dan impian ini serta impian pengguna kursi roda bisa terwujud ya mak. Oh iya aku punya masukan nih.

Masukanku untuk tulisan disana adalah nama kota huruf awalnya di besarin ya mak, hyperbola itu pakai I bukan y.


Tulisan ini diikutsetakan dalam Mom of Trio 1st Giveaway yang jumlah katanya sebanyak 315 sampai sebelum titik.


Friday, March 27, 2015

Review Soul Reflection Renungan Jiwa

Hallo. Sedikit cerita yah.

Kamis, 19 Maret 2015 aku iseng mengikuti kuis #kumis yang hadiahnya sebuah buku yang dugaanku adalah buku non fiksi. Aku bermimpi memenangkan lomba. Dan aku terkejut karena hari Sabtu di mention menjadi pemenang. Ini print screen pengumumannya


Akupun bertanya kepada sang penulis, bolehkah bukunya di review? Yap, aku diizinkan. Dan akhirnya bukunya sampai hari ini. Ini bungkusnya, mohon maaf diedit dan gambarnya yang kurang jelas.


ini foto bungkusnya, dan dibawah ini foto bukunya


bukunya berbonus CD Audio


dan juga pembatas buku



Aku langsung tertarik pada beberapa bab. 

Yang pertama adalah rendah hati. Orang yang rendah hati itu menyiapkan ruang di dalam hati untuk berbagi.

Ia yang memiliki kerendahhatian adalah pribadi yang tekun belajar dengan tekun, terus melakukan interopeksi diri, terus mencari guru untuk membimbing dirinya, semakin malu pada diri karena merasa diri bukanlah siapa-siapa, semakin ia mengetahui kualitas diri maka ia semakin rendah hati, ketika semakin dalam pelajaran yang dipahaminya maka ia akan semakin melebur dengan rasa bakti yang membuat mereka tidak mampu berdiri tegak untuk menepuk dada.
Seperti peribasaha, padi semakin berisi semakin merunduk.

Yang kedua, bijaksana-menerima. Orang yang bijak adalah yang memahami proses hidup haruslah diterima dan dilakui karena semua akan berlalu seperti yang seharusnya. Ia dapat menjalani hidup dengan tenang, indah dan penuh makna dengan pengetahuan sejati akan keberedaan Tuhan.

Ketiga, menaggapi keluhan. Orang yang mengeluh adalah orang yang menderita, tidak damai, bahkan memiliki kecenderungan iri hati, seringkali tanpa disadari mengeluh seringkali memperbandingkan diri, secara spontan menyalahkan orang lain atas penderitaan yang didapatkan.

Untuk menghadapi orang yang mengeluh adalah memahami system energi, sebelum menjadi pengar yang baik siapkanlah mental menjadi kuat dengan terhubung dengan energi Ilahi jadi bantulah mereka dengan mengirimkan energi cinta, setelah mereka selesai mengeluh bantulah mereka untuk menyadari bagaimana mereka bisa menjadi damai tanpa mengeluh.

Keempat, orang yang penuh dengan kebohongan akan mudah dibohongi. Sangat disayangkan, banyak orang terperangkap dengan kebohongan yang beredar.

Ketika di dalam diri dipenuhi dengan kebohogan, maka hukum alam atau hukum energi akan menarik sejenis. Hal ini dikarenakan kebohongan di dalam akan menarik yang di luar.

Ketika kebohongan demi kebohongan diungkapkan, akan memicu kebohongan baru yang lebih keji lagi.

Ketika kita penuh kebohongan di dalam diri maka kita tidaklah layak untuk menghadirkan kebenaran di dalam diri, jadi ya janganlah menyalahkan orang lain yang memberikan kebohongan atau berbohong kepada kita.

Jadi ya kalau ada orang berbohong, janganlah berteriak/menertawakan/menceritakan ke orang kalau ia pembohong karena bisa jadi diri Andalah yang berbohong duluan atau mungkin bisa saja Anda telah melakukan kebohongan dengan berprasangka terlebih dahulu. Ah jadi ingat sesuatu.

Untuk berubah, sadarilah, kita pernah berbohong, lepaskan kebohongan dan melakukan afirmasi diri untuk belajar menjadi lebih jujur.

Kelima, berdamai dengan diri sendiri. Secara bijak, kita bisa mencoba berdamai dengan diri dengan melepaskan penolakan orang lain, pahami bahwa semuaorang sedang dalam proses belajar dalam menjalanihidupnya. Amatilah dengan bijak, mereka akan mempunyai toleransi yang tinggi dengan kondisi orang lain dan tidak menunutut seperti keinginannya, menerima apa adanya tapi juga tidak mengikuti begitu saja kemauan orang.

Bukanlah suatu kebetulan kita bertemu dengan seseorang. Disana, proses belajar berdamai dengan diri. Memahami orang akan membuat mampu membuat intropeksi, dan bila ada rasa yang tidak nyaman berarti masih terdapat penolakan di dalam diri.

Keenam, ubahlah diri kita sebelum kita mengubah orang lain. jadikanlah diri positif dengan melepas hal negatif di dalam diri maka sudut pandang menjadi positif dalam menjalani hidup,  gunakan sudut pandang positif dengan melihat orang lain secara obyektif, terima mereka apa adanya.

Ketujuh, sabar tidak ada batasnya. Apakah benar sabar itu ada batasnya? Sabar sendiri artinya adalah kita mau menerima keadaan atau masalah yang muncul dengan legowo (berbesar hati). Untuk menjadi sabar, Anda bisa berlatih dengan latihan ini
1.       Harus tahu kebenaran suatu kejadian
2.       Menerma kejadian dengan ikhlas
3.       Menerima orang lain apa adanya
4.       Memahami hukum tabur tuai yang benar, yakini ini sebagai kebenaran Tuhan
5.       Berlatihlah untuk terus sabar

Kedelapan, kita tidak dapat memuaskan banyak orang. Lihatlah orang yang banyak menuntut pada orang dengan perhatian lebih untuk diri mereka yang selalu merasa kekurangan dan menuntut orang lain untuk memenuhinya. 

Menghadapi orang yang menyulitkan diri seperti ini, dapat melatih kita untuk sabar, ikhlas, melakukan penerimaan dan mencintai semua orang apa adanya.


Kesembilan dan seterusnya ada di dalam buku. Eh CD nya apa isinya? 

Cd perenungan batin seperti yang ada pada tulisan di buku. Ini turut membantu memahami diri sesungguhnya, memilah pikiran untuk tetap positif guna proses pengendalilan diri.

CD menggunakan Konsep energi. Energi yang sejenis akan meranarik yang sejenis begitu juga dengan pikiran. Proses jangan dilakukan secara sekilas karena tidak akan menyentuh kedalaman hati.
Bila pikiran negatif maka akan mengundang yang negatif. Tapi ketika bisa mengendalikan pikiran positif maka yang positif akan datang pada kita.

CD ini juga membantu melepaskan kemarahan, ketakutan, kesedihan, merasa bersalah, perasaan tidak berdaya, yang menghambar kebahagiaan sehingga hidup damai, dan kulitas hidup lebih baik lagi, penuh cinta dan kedamaian.

Apakah kita masih ingin memiliki jiwa yang berada dalam kegelapan atau menjadi lebih baik lagi saudaraku?

Kelebihan : setiap bab kalimatnya tu ringan, isi bab tidak banyak/berhalaman bahkan ada yang setengah lembar kurang., ada keterhubungan Tuhan dalam konsepnya.
Kekurangan : -

Catatan : ada tambahan persepsiku sedikit.

Oke deh, itu dulu review dariku.

Ini review apa sih? Itu tuh review buku yang berjudul Soul Reflection Renungan Jiwa.

Diterbitkan oleh : Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia)
Judul asli : Soul Reflection
Cetakan I, Desember 2014
Halaman : x+231 halaman
ISBN 10 : 602-249-857-0
ISBN 13 : 978-602-249-857-5


Penulis : 

Arsaningsih yang merupakan pencipta dan juga trainer Yophyta Materna bagi para bidan dan sudah menyenamkan lebih dari 12.000 lebih ibu hamil dengan tujuan membentuk anak berkualitas sejak hamil, menciptakan pemahaman SOUL (Spirit of Universal Life) yang dapat diapliasikan dalam kehidupan sehari-hari di segala bidang. SOUL sendiri ada workshopnya dan sudah memiliki murid yang tersebar di berbagai Negara di dunia. Ia juga mendalami berbagai ilmu yakni memahami crystal, ilmu penyembuhan dengan energy, ilmu kewaskitaan, ilmu hypnotherapy dan hypnobirthing, ilnu Fengshui dengan energi.

Thursday, March 26, 2015

Review 12 steps to a better memory 12 langkah menuju daya ingat lebih baik

Saudaraku, apakah pernah atau sering lupa? Si A pernah mau mandi terus lupa bawa handuk, saat mau berangkat lupa menaruh kunci mobil dimana ya? Untungnya ketika ia berbelanja tidak melupakan anaknya dan meninggalkannya di tempat belanja serta baru ingat di rumah. Gawat!

Mungkin sedikit review dibawah bisa membantu. Ada Sebuah buku yang ber
bentuk



judul " 12 Steps to a better memory
dikarang oleh Carol Turkington
dialihbahasakan oleh Dr. Dini Adityarini
sehingga buku bertambah judulnya menjadi 12 steps to a better memory 12 langkah menuju daya ingat lebih baik
diterbitkan pada tahun 1996
oleh PT Gramedia

12 langkah itu adalah

. mengerti bagaimana daya ingat bekerja
pembentukan daya ingat dimulai dengan pencatatn info selama dipersepsi, data didokumentasi dalam sistem memori jangka pendek yang disimpan dalam jangka waktu yang pendek dan bila tidak diulang secara konstan maka  akan hilang dalam beberapa menit dan ditempati materi lain. Materi yang penting tidak hilang tapi dikirim ke memori jangka pajang dan disimpan dengan melibatkan pembuatan asosiasi di antara kata, arti, imajinasi visual atau pengalaman seperti bau atau bunyi.  Tahap terakhir dari daya ingat adalah pemanggilan kembali informasi yang disimpan dalam tingkat tidak sadar yang dibawa ke pikiran sadar. Bila materi bisa dipercaya, para ahli meyakini bahwa ini tergantung pada sebarapa baik materi diingat pertama kalinya.

. mengenal kunci-kunci menuju daya ingat lebih baik
Pada tahun 1968 Luria yang merupakan dokter Neuropsikologis menulis tentang Shereshevskii yang diakronim/disingkat "S" dalam The mind of a Minemonist.
S dilahirkan dengan daya ingat yang tampanya tanpa batas. Jika Luria mengatakan pada S untuk mengulang daftar yang diberikan beberapa tahun lalu, pertama S akan mengulang bahwa pada waktu itu ia memakai kaos warna abu, kemudian dia akan mengulang daftar tersebut dengan paparan setiap gambar dalam mata pikiran dengan sempurna sebab dia berkata bahwa dia dapat "melihat" seseorang sebelumnya dalam halusinasinya secara detail.

kunci-kuncinya adalah :
1. memberikan perhatian
Apapun yang kita terima selalu diwarnai oleh idra dan emosi kita. Siapapun dapat terlupa mengamati, Anda harus memusatkan pengamatan dan berkonsentrasi. jika sesuatu menarik perhatian anda, anda akan memberikan perhatian yang bagi hampir semua orang adalah suatu usaha secara sadar bukanlah refleks. Namun, jika anda tidak ttertaik, maka anda tidak akan mempunyai motivasi untuk berkonsentrasi.

Pada saat anda berkonsentrasi pada sesuatu, pertama kali cobalah menanyakan pada diri apakah menyukainya atau tidak, setelah dirinci maka akan menentukan nantinya karena anda tidak akan mengingat apa yang gagal anda kembangkan atau benar-benar mengamati dan konsentrasi maka anda akan mencatat ekspresi, komposisi, warna dan keadaan jiwa.

Pahamilah bahwa perhatian itu mudah terpecah. Fakta menunjukkan bahwa satu denominator yang umum dalam diskusi tentang perhatian adalah sifat mudah terpecahnya perhatian.

Perlu diketahui bawa lama rata-rata perhatian seorang pendengar hanya 25 menit. Oleh karena itu, semua pembicara yang baik mengetahui bahwa mereka harus mengungkapkan bagian yang paling penting dari pesan di awal jika ingin mendapatkan perhatian dari pendengar, mereka perlu menerapkan strategi untuk mempertahankan perhatian pendengar, berhenti sejenak, nada dan bicara dibuat bervariasi, anekdot yang bagus, cerita lucu dan aktivitas yang menarik.

2.Asosiasi
Salah 1 cara termudah mengingat serentetan kata adalah menggunakan huruf pertama dari kata yang digunakan sebagai petunjuk untuk mengingat kata itu sendiri. Petunjuk bisa berupa akronim (membuat singkatan huruf 1 dari kata-kata untuk diingat, contoh : NATO yang singkatan dari North Atlantic Treaty Organization), akrostik (huruf 1 dai serangkaian kata atau sebaris sajak membentuk info untuk diingat, contoh : Maybe Nobody Visits Mary's Red Car maka diingat dengan Maine, Ner Hampshire, Vermont, Massachusets), kata-kata populer.

3.Visualisasi
Cobalah latihan visualisasi ini
@ tutup mata anda, dan bawalah mata pikiran Anda pada imajinasi pie ceri yang baru keluar dari oven
@ rasakan hangatnya pie dan hirup aroma cerinya
@ catat warna coklatnya, kerenyahan kulit luarnya, potongan-potongan kue selama dimasak
@ gambarkan cara pengisian ceri, gelembung-gelembung di atas kulit luarnya, menjadi mengeras sepanjang tepinya
@ sekarang gambarkan irisan Anda pada pie dengan pisau dan taruh pada piring
@ lihat ceri yang tampak dari bawah kulitluar
@ sekarang visualisasikan anda mengambil sevuil dengan garpu Anda
@ rasakan adonan dan cerinya sepotong di garpu
@ sekarang anda letakkan garpu pada mulut Anda. Rasakan tar manis ceri, isi cairnya, kehangatan serpihan kue selama Anda mengunyahnya.

. meningkatkan daya ingat anda sehari-hari
Anda bisa mengikuti tahap @ dibawah untuk meningkatkan daya ingat Anda sehari-hari
@ pada saat Anda memarkit, lihatlah sekeliling dan rekamlah tanda untuk membantu menemukannya, jangan tergantung pada sesuatu yang khusus yang ada pada mobil yang parkir di samping Anda, saat meninggalkan mobil berbaliklah sesaat untuk membuat "foto mental" dari gambaran yang akan Anda lihat pada saat Anda kembali.
@ libatkan indra Anda sebanyak yang bisa dilakukan, catatlah bau yang aneh, kebisingan, dan sebagainya,
@ buatlah daftar, simpan di satu tempat yang mudah dijangkau dan mudah ditemukan, susunlah daftar dalam kategori
@ catatlah nomor-nomor penting
@ buat daftar pengepakan barang sebelum memulai perjalanan
@ buat pertanyaan yang ingin diajukan ke dokter karena pada saat mengunjungi dokter bisa mmebuat stres dan beberapa orang sangatlah takut pada alat-alat kedokteran yang membuat setiap pertanyaan yang ingin diajukan menjadi hilang
@ gunakan strategi penalaran dan pengingat mekanik untuk mengatasi hilangnya daya ingat akan tanggal dan
janji
@ membawa buku catatan untuk mencatat sesuatu yang akan dilakukan dan janji-janji penting
@ gunakan kalender
@ mengalahkan kelalaian
@ berikan perhatian/lakukan pada saat yang tepat
@ buatlah inventaris benda misalnya kunci, temukan tempat khusus untuk menyimpan
@ telusuri kembali langkah Anda, ini adalah taktik kuno dengan memikirkan kembali pada apa yang sudah Anda lakukan yang membawa Anda pada pekerjaan yang Anda coba untuk diingat kembali
@ sediakan tempat untuk tagihan Anda misalnya sebuah tempat berkas berpenjepit atau satu laci meja khusus hanya untuk taighan dan ketika tagihan tiba, masukkan segera ke dalam tempat berkas atau laci.
@ gunakan pengatur waktu (contoh gunakan pengatur waktu supaya berdering setiap 15 menit  setelah memasukkan cucian, Anda bisa mengingatkan diri waktu untuk memasukkan pelembut cucian)
@ ingat secara detail yang penting di sekitar rumah
@ berikan perhatian dan melakukannya dengan hati-hati untuk mengendapkan ingatan karena apapun masalah dalam mengingat sesuatu, cara terakhir ini adalah solusi sederhana

. mempelajari metode loci

. mengikuti metode penghubung

. menguasai sistem Peg

. mengingat nama-nama

. mengingat teks pidato dan bahasa asing

. mengingat angka-angka

. meningkatkan metode belajar anda

. menjaga daya ingat sesuai umur

. meningkatkan daya ingat anda melalui gaya hidup anda
kenyataannya, kecemasan dan depresi adalah dua sebab masalah daya ingat pada semua umur karena kondisi fisiologis tersebut menyita pikiran, membuatnya yidak mungkin berkonsentrasi pada hal lain.
Ketika Anda depresi yang dalam atau stres yang berlebihan, Anda cenderung menarik diri. Anda tidak merekam informasi dengan cara yag normal, dan pikiran terpaku pada renungan negatif. 
Siapapun yang mendengar berita buruk dalam ruang praktek dojter dapat membuktikan kenyataan bahwa kalau stres dan cemas melanda sangatlah sulit untuk mengingat apapun. Stres yang kecil pun dapat mempengaruhi daya ingat.
Diet yang baik dapat mengingkatkan daya ingat. Para ahli gizi pada abad 15 menyarankan kliennya untuk makan makanan sehat untuk daya ingat yang baik seperti daging unggas panggang, apel, kacang, dan anggur merah. Kemampuan anak mengingat bisa dipengaruhi kekurangan zat besi, mineral, vitamin, protein dan terlalu banyak mengonsumsi gula.
Air membantu menjaga sistem daya ingat terutama pada orang-orang tua. Kekurangan air pada badan mempunyai efek langsung dan mendalam pada daya ingat, dehidrasi menimbulkan kebingungan dan problem berpikir lainnya.
Jangan makan berlebihan.
Supaya kemampuan daya ingat dapat berfungsi maksimal, tidur dan istirahatlah otak dengan cukup.
Jangan meminum alkohol. Pada penelitian di Universitas California Los Angeles, para ahli menemukan bahwa hampir semua yang mengalami problem daya ingat setelah minum alkohol adalah berumur lebih dari 40 tahun. Penurunan daya ingat jangka pendek adalah problem klasi di antara para pecandu alkohol yang merusak kemampuan menahan informasi baru.
Penelitian menunjukkan para perokok selalu mempunyai skor yang lebih rendah dalam tes daya ingat daripada yang bukan perokok. 
Terlalu banyak kopi (untuk setiap orang jumlahnya berbeda) dapat menyebabkan problem daya ingat yang besar. Sebuah penelitian pada para mahasiswa menunjukkan bahwa minum kafein menurunkan kemampuan mereka mengingat daftar kata-kata. 

kekurangan
. pada halaman 10 terdapat tulisan teknik-teknik meningkatkan daya ingat, namun isinya bukan itu, ini kok di meningkatkan daya ingat anda melalui gaya hidup anda malah itu ya?

kelebihan

ada salah satu contoh terbaik seorang yang memiliki daya ingat yang bagus adalah seorang reporter surat kabar di Rusia yang bernama Shereshevskii yang merupakan pasien dari dokter Neuropsikologis Rusia yang bernama Alexandr Luria.

Tuesday, March 24, 2015

Review Ikhlas, sulitkah?

Halo mak dan semua, salam sejahtera untuk kita semua
kali ini aku mau mereview buku yang ber :
Judul : Ikhlas, Sulitkah?
wujud



ISBN : 978-979-3653-81-5
Alih bahasa : Imtihan As-Syafi'i
Penerbit : PT Aqwam Media Profetika
Penulis : Faishal bin Ali Al-Ba'dani
Cetakan V, Juni 2011 M/Rajab 1432 H
jumlah halaman : 125+4.


Ikhlas, sangat sulit dihadirkan oleh setiap pribadi karena keihklasan akan menghalangi dirinya dari keinginan-keinginan dan syahwatnya.

Yusuf bin Husain Ar-Razi berkara, "Sesuatu yang paling berharga di dunia ialah keihklasan. Saya sudah berupaya maksimal untuk memupus riya' dari hati, namun sepertinya riya' selalu muncul lagi dengan warna lain".

Kesulitan dalam ikhlas bisa jadi karena hal-hal yang bersebrangan dengan ikhlas seperti :

  • Riya dan sum'ah 

Riya adalah menampakkan ibadah dengan tujuan supaya dilihat orang dan mendapat pujian dari mereka
Sum'ah adalah beramal dengan tujuan memperdengarkannya kepada orang misalnya seorang yang membaca Al Qur'an dengan tujuan agar orang disekitar mendengarnya

  • Ujub atau membanggakan diri

Ujub adalah besarnya hati karena keistimewaan diri, menganggap besar ibadah yang sudah dikerjakannya yang berujung takabur yang tampak dalam perkataan, perbuatan, ataupun sikap.
mengikuti hawa nafsu
hawa nafsu adalah kecenderungan diri mengikuti yang enak-enak saja.

Nafsu ammarah bissu menampakkah keihlasan sebagai sesuatu yang buruk bagi seorang hamba. Ia akan memperlihatkannya sebagai sesuatu yang dihindarinya, sesuatu yang tidak masuk akal. Ia akan mendorong berbasa basi mencari muka agar bisa berjalan di tengah-tengah orang banyak.

Ikhlas dalam tinjauan bahasa bermakna menjernihkan sesuatu dan membersihkannya.

Orang ikhlas memiliki tanda :

  • mengharap wajah Allah (tidak bertujuan mencari rampasan perang, kehormatan, pujian, atau harta benda dunia yang bisa segera sirna)
  • Senang beramal secara sembunyi-sembunyi 

Al-Maqdisi menulis "Orang yang banyak berbuat baik tidak mencari popularitas, tidak ingin dikenal, dan tidak melakukan hal yang membuat mereka terkenal."
Ayyub As-Syukhtiyani berkata "Demi Allah! Tidaklah seorang hamba itu tulus kecuali ia senang jika keberadaannya tidak diketahui"
Bisyr Al Hafi berpesan "Sembunyikanlah zikirmu dan baikkanlah makananmu! Seseorang yang senang dikenal orang banyak di dunia tidak akan mendapati manisnya akhirat".


  • Batin lebih baik daripada lahir
  • Khawatir jika amalnya tertolak
  • Tidak menunggu-nunggu pujian orang lain


Keikhlasan itu sendiri bisa digapai/diupayakan dengan

  • Mengangungkan Allah sebagaimana mestinya
  • Mempelajari hakikat keiklasan (pelajari niat, mengerti, pahami, benarkan)
  • Mengingat-ingat pahala ikhlas dan akibat tidak ikhlas (akibat dari tidak ikhlas adalah membatalkan amal seorang hamba, bisa juga menghantarkan ke neraka dan menyebabkan ia mendapat malu dunia dan akhirat, disiksa di akhirat)
  • Muraqabah dan mujahadah (mengajukan pertanyaan kepada diri sebelum beramal mengenai apa yang diinginkan/hasrat/niat?)
  • Isti'anah atau memohon pertolongan kepada Allah
  • Memperbanyak amal ibadah
  • Meninggalkan ujub dan meremehkan orang lain (Ujub adalah buah dari mengganggap besar amalan yang sudah dikerjakan, seakan merasa sudah berjasa kepada Allah dengan amalnya)
  • Berkawan dengan orang-orang yang baik
  • Meneladani orang-orang yang ikhlas
  • Menjadikan ikhlas sebagai tujuan (Anda mesti bersiap membayar harganya serta mengubah pola hidup dan kebiasaan dalam hidup, memupus ketamakan terhadap apa yang ada pada manusia, meninggalkan ketergantungan pada dunia dan menjadikannya sebagai tujuan, mengekang hawa nafsu dan hasrat untuk mendapat pujian dan sanjungan orang). 


Buah dari ikhlas adalah 

  • masuk surga dengan penuh kenikmatan, 
  • amalnya diterima oleh Tuhan, 
  • mendapatkan syafa'at Rasulullah SAW di akhirat, 
  • hati bersih dari dengki, 
  • dosa diampuni, 
  • pahala dilipatgandakan, 
  • mendapatkan kemenangan dan kejayaan, 
  • diterima dan dicintai oleh orang, amalan muban dinilai sebagai ketaatan,niat yang ikhlas bernilai amal, diringankan dari beban kesulitan, terjaga dari tipu daya setan, 
  • mendapatkan taufik, ketentraman, dan barakah,
  • selamat dari fitnah.

Kelebihannya adalah ada catatan kaki yang menunjukkan merujuk pada beberapa buku, hadist.

Kekurangan :

  • ini nomor halamannya gimana si? Habis vii kok 11?
  • pada bab hakikat ikhlas isinya arti, 
  • Batin lebih baik daripada lahir tidak menjelaskan keadaan batin yang lebih baik daripada kondisi lahir


Itulah review dariku, yuk ikutan tantangan mereview buku Islam yang informasinya bisa dibaca di http://yukmembacabukuislami.blogspot.com/2014/12/islamic-reading-challenge-isrc-2015.html 

Monday, March 23, 2015

Mouthwash


Ketika dokter memutuskan untuk meresepkan kami sebotol obat kumur, biasanya karena kita memiliki : bisul, jumlah kelebihan bakteri, jumlah lebih dari jamur.

Bakteri dan jamur biasanya dalam jumlah yang tidak sama ketika kita tidak berada dalam kesehatan yang sempurna, especiallu dalam jangka panjang. misalnya, bila Anda mengalami demam tinggi untuk jangka waktu yang lama, kadang-kadang Anda dapat melihat lesi putih di dalam mulut Anda, seperti di atas lidah Anda. Ini berarti bahwa fungsi-fungsi mungkin telah kalah jumlah bakteri.

Anda mungkin atau sudah mengetahui bahwa obat kumur adalah bakterisida namun, apabila penggunaan dilakukan dengan berlebihan, maka obat kumur yang dipergunakan akan menempatkan bakteri dan jamur dalam situasi yang tidak seimbang yang menyebabkan jumlah jamur akan melebihi jumlah bakteri sehingga Anda akan menderita kandidiasis (suatu kasus infeksi oleh jamur).

Pada banyak pembersih mulut di toko dengan bahan yang berbeda seperti
1.       Aloclair yang mengandung Natrium Hyaluronate
2.       Bactidol, Hexadol yang mengandung Hexetidine
3.       Isodine, Porinfec, Molexdine, Scansepta, Sterox yang mengandung Poividone Iodine
4.       Listermint yang mengandung Natrium Fluoride
5.       Listerine yang mengandung Natrium Flouride
6.       Minosep yang mengandung Tymol dan Methyl Calicylate
7.       Sanorine yang mengandung Hyaluronic Acid
8.       Tanflex, Tantum Verde yang mengandung Benzidamine HCL

Bahan yang terkandung pada pembersih mulut adalah untuk masalah yang berbeda, misalnya maag, infeksi, pasca pencabutan, gingivitis, dll., jadi ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Sumber :
Mouthwash. C’nS cool ‘n smart English teen magazines vol.14 No. 07 November - Desember 2014

Tips aman menghindari kerusakan kulit

Untuk mengindari dari kerusakan kulit, berikut tipsnya :

  • Kenal jenis kulit
Kenalilah dahulu jenis kulit Anda, barulah mencari kosmetik mana yang paling cocok. Di beberapa gerai kosmetik, kadang disediakan alat skin-check. Lakukanlah tes kondisi kulit Anda dengan memintanya ke beautician sebelum merekomendasikan produk manakah yang tepat bagi Anda supaya bisa mendapatkan hasil yang optimal.


  • Ketahui kandungan bahan
Ketahuilah bahan yang terkandung dalam kosmetik, Anda bisa membaca “ingredient” dengan teliti dan juga aturan mengenai pemakaiannya.


  • Tes cocok tidak di kulit
Sapukanlah sedikit kosmetik pada punggung tangan dan biarkanlah selama 24 jam. Nah, kalau timbul ruam-ruam merah atau timbul rasa gatal segera hentikan pemakaian. Beberapa kosmetik menyediakan sampel produk dalam ukuran mini yang dapat diperoleh secara gratis, cobalah sebelum terlanjur membeli.


  • Jaga kebersihan kosmetik
Gunakan spatula setiap mengoleskan krim malam atau krim mata dan kalau terpaksa menggunakan jari, bersihkan jari Anda dahulu.


  • Gunakanlah rangkaian 1 merek
Sebaiknya, belilah rangkaian kosemtik dari 1 merek karena kandungan bahan pada rangkaian itu saling melengkapi sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal.


  • Harga vs rupa
Sering sekali kita mendengar istilah bahwa ada harga ada rupa. Namun tidak selamanya kosmetik mahal cocok.


  • Forbidden things
Merkuri, zat warna Rhodamin B dan Hidroquinon di atas 2% adalah tiga bahan kimia yang sangat berbahaya yang sering ada di produk kosmetik buatan Cina. Zat ini dapat mengakibatkan iritasi dan hiperpigmentasi. Logam merkuri yang terserap dalam pembuluh darah bisa mengakibatkan gagal ginjal dan kerusakan otak permanen. Bukan hanya itu saja, merkuri bisa menyebabkan autis.


  • Catat batas waktu kadaluwarsa
Biasanya, kosmetik yang kadaluwarsa berubah warna menjadi keruh atau lebih muda, berjamur dengan timbul bintik-bintik putih di permukaan kosmetik, bau jadi lebih menyengat, kulit jadi terasa panas, gatal dan iritasi.


  • Sabar menanti hasil
Janganlah Anda langsung mengentikan pemakaian jika baru menggunakan kurang dari 2 minggu/1 bulan karena biasanya hasil baru tampak setelah satu bulan karena regenerasi kulit berlangsung setelah 28 hari.


Sumber :

9 hal penting untuk kulit putih & sehat. Halaman 84-85. Femina no.35/XXXVIII terbit pada 4-17 September 2010. 

Membangun Ekosistem Blogger

Selamat pagi menjelang siang waktu Indonesia barat,
mohon maaf ganggu,
kali ini aku menulis untuk pekan 12, pekan terakhir di Liga Blogger Indonesia musim 2015, disini ada sedikit ulasan mengenai membangun ekosistem blogger.

Googling mengenai ekosistem nemu istilah dalam Biologi, namun Ekosistem disini berhubungan dengan sekitar dari blogger bisa komunitas, personal branding, komunitas blogger, media, brand, daerah, pemerintah, pendidikan, perusahaan dan lain-lain yang haris dibangun oleh seorang blogger dengan ikhlas, menyenangkan, berusaha dan semangat.

Membangun ekosistem blogger di komunitas perlu pendakatan, memasuki komunitas, dulu sih aku mencoba untuk merespon adanya anggota baru, mengkritisi isi blog beberapa anggota komunitas yang bertujuan untuk memperbaiki tulisan/gambar. Namun, ada yang sebel tapi ya ga apalah, mungkin.

Selain itu, perlu didukung dengan turut membangun personal branding yang tiap blogger ada kekhasan, perbedaan. Ada yang berisi pengalaman hidup, pengalaman menggunakan produk, atau sekedar mereview. Kesemua ini membutuhkan media minimal sebuah foto. Akan lebih baik apabila ada media yang mendukung menjadi sponsor, namun karena aku dilarang meminta maka membangun ekosistem ini sendiri.

Sebenarnya, seorang blogger akan lebih berkembang apabila didukung oleh perusahaan/organisasi sehingga aktivitas nge blog tetap bisa dilakukan tanpa harus mencuri waktu atau malah berhenti sama sekali

Selain itu, dalam membangun ekosistem blogger apabila didukung oleh pemerintah seperti contohnya adalah Relawan TIK Bojonegoro bisa sesuatu.

Bukan hanya itu saja, membangun ekosistem blogger perlu juga didukung oleh penasihat atau dan atau aparat pendidikan yang tidak meminta sang blogger untuk memilih antara fokus ke pendidikan atau melakukan hobinya nge blog seperti yang terjadi pada diriku aih sedihnya huhuhu.

Membangun ekosistem blogger bisa dibantu oleh blogger lain yang semua pihak yang bersedia membantu dan pihak yang dibantu dilandasi dengan rasa senang dan ikhlas tanpa adanya paksaan.

Kita tidak akan pernah bisa sendirian toh? Dan kita juga tidak sendiri.

Sampai disini dulu, aku mohon maaf atas segala yang kurang berkenan. Terima kasih khususnya untuk peserta LBI dan panitia LBI. Tetap semangat. 

Semoga aku tetap bisa nge blog kedepannya dan meraih kesenangan. Semoga semua diberikan yang terbaik dan kesuksesan untuk kita semua.

Sampai jumpa di tulisan lainnya di blogku. Dadaaah. *LambaikanTangan*

Saturday, March 21, 2015

Selfie di PIM 2 acara ultah 5 Magnum

Setelah dihimbau karena aku beserta keluarga akan pergi jalan maka aku diminta untuk bergegas mencuci piring, menutup jendela kamar dan berdandan. Maka, semua aku lakukan.

Hari ini aku jalan-jalan sama keluarga karena adikku mau beli sepatu ke Pondok Indah Mall (PIM) , ternyata saat masuk enam PIM dua ada event ulang tahun Magnum ke lima.

Mama menawari aku dan adikku “Mau es krim?” yang dijawab adikku sambil malu “Mau”.

Terus, aku mendengar ada slefie dikirim ke Twitter. Akhirnya antrilah kami bertiga, aku bertanya “Berapa?”, dijawab “Anonim mau ga? 4 aja”.

Aku bertanya “Event ini kapan aja?” lalu dijawab sama petugas sana “Event ini diselenggarakan hari ini dan besok”.

Lalu saat aku ambil bon pembayaran tinggallah aku mengantri sendirian, menununggu esnya dan memberikannya dua ke adikku.

Saat jalan, penasaran aku sama dinding. Ternyata disitu aku bisa selfie loh. Ah ya! Aku bisa tuker fotoku ini dengan sebuah es krim gratis untuk adikku.

Coba megang dinding yang ada komputernya, karena ga bisa masuk akhirnya aku pindah sampai 2 komputer sampai menemukan yang bisa, mengantrilah disana.

Setelah tiba giliranku, aku mencoba untuk mengisi data berupa nama, email. Setelah mengisi data, tampillah dilayar buat kita selfie.

Aku mencari gaya lalu dibantu sama petugas magnum menekankan tombol yang kemudian komputernya menghitung mundur selama 5 detik.

Aku mencoba sebanyak 3x karena salah fokus itupun setelah diberitahu sama mbaknya kalau salah lihat dan harusnya melihat ke atas. Saat foto kedua aku bertanya “Mbak, jelek ga hasilnya?”, “Iya, coba lagi”

Setelah foto jadi, aku memilih satu dari tiga pilihan bingkai lalu memilih menu. Pada menu itu, aku mengisi nama akun twitter.

Ternyata, foto yang jadi itu tertweet secara otomatis dan setelah aku menyelesaikan semua prosesnya, aku diminta meretweet dengan akun Twitter. Akupun meminjam ipad adikku, membuka Twitter, meretweet dan menunjukkannya ke mbak yang tadi.

dan inilah fotonya



Keterangan tulisan yang ada di foto : @GURU5SENI8, is experiencing the chocolate pleasure @MyMagnumID 5th Anniversary #CelebratePleasure

Aku disuruh menukarkannya ke stand vocer, kesana menunjukkan dan mbaknya menahan sebentar untuk melakukan sesuatu. Dikasihlah es krim gratis.

Setelah itu, aku mendengar apabila belanja minimal 100 ribu akan dipilih 40 orang yang bisa menikmati makan sepuasnya dari chef yang akan mengisi acara besok. Acara berlanjut dengan pembawa acara menantang penonton untuk bisa menjawab pertanyaan yang mudah.

Pertanyaan pertama yang diajukan “Apa nama Twitter Magnum? Ada yang bisa jawab? Ya siapa namanya?”
“Dimas”
“Panggil mas aja yah? Sama siapa?”
“Teman sekolah”
Setelah menjawab, pembawa acara berkata “Kasih yang infinity”.
Lalu pembawa acara berkata lagi “Siapa nama Brand Ambassador yang pertama dari Magnum, dia cantik …”.
Peserta ada yang menjawab “Narissa Nasution”, yang disambut pembawa acara “Betul sekali”.
Pembawa acara bertanya lagu “Yang sekarang siapa nama ambassador Magnumnya?”

Aku meninggalkan tempat dan masuk ke suatu tempat sehingga suara sayup dan menghilang.

Keluar lagi dari suatu tempat, ternyata ada pengumuman pemenang foto yang diberikan notifikasinya via Twitter dan pemenang bisa mengklaim dengan menunjukkan fotonya untuk mendapatkan vocer 100 ribu dari Magnum.

Itulah yang terdengar sekilas, karena aku beranjak lagi ke tempat lain.


Karena ada event diatas yang sayang apabila ga diabadikan, maka aku coba ikut lomba selfie story bersama Smartfren yang berhadiah Windows Phone.


Thursday, March 19, 2015

Bebas dari #Tantanganmenulis

hore, ini adalah postingan terakhirku untuk #Tantanganmenulis

awalnya, aku mau membuat ini jadi tulisan setelah LBI (Liga Blogger Indonesia),

yang pekan terakhirnya baru mulai tanggal 23/3/2015 sedangkan ini deadlinenya kan akhir bulan, walah 15 tema dibuat terburu-buru itu ga asyik meskipun aku sudah menyelesaikannya ni hehe

belum lagi alasan lainnya yakni ajal yang bisa menjemput kapan saja sedangkan janji haruslah ditepati pluuuus alasan aku dan kamu ga bisa memastikan apa yang akan terjadi to serta mau fokus pada hal lain biar mengurangi kebingungan hehe

mungkin, beberapa tulisanku yang bikin ketawa atau emosi lainnya maka

aku menghaturkan

sungguh kehormatan bagiku bisa mengikuti tantangan menulis ini

terimakasih sebesar-besarnya serta mohon maaf yang lebih besar kepada pembaca, dan penyelenggara atas segala yang kurang berkenan yakni saudari @kopilovie dan @miss_zp

Ponsel Ferwi

Ponsel Ferwi berdering "Tuiiiiing", dan saat ia mengangkatnya ada suara berkata "Mohon telepon pemanggil dan panggilan anda akan dikenakan pada pulsanya"

Ferwi mencoba mengecek pulsanya, menelepon nomor itu dan mengecek kembali pulsanya ketika selesai. Wow! Utuh! Masih ga percaya, berkali-kali ia mengecek pulsa sampai keesokan harinya, sama!

Saat di kampus, Ferwi bertemu dengan seseorang dan terjadilah percakapan dibawah ini.

"Bro, lo pake apaan si?" ujar Ferwi
"Pakai ponsel yang gue buat sendiri" sahut A yang ga mau disebutin namanya
"Hebat lo sekarang!" ujar Ferwi
"Ah ga kok, gue cuma ngutak ngatik ponsel lo Ferwi biar kalo lo nelepon gue jadi ga keberatan di pulsa yang nyedot dan mahal, kan itung-itung gue traktir dan berderma" ujar A
"Buset, keren lo! Terus ponsel lo mo dinamain apa hah?" Ujar Ferwi
"Ponsel Ferwi" ujar A
"Loh kok nama gue?" Ferwi
"Iya, gara-gara lo dulu pamer, gue jadi penasaran, gue di judesin sama orang, tapi gue jadi bisa ngajarin orang, bisa berbagi dan gue bisa membuat ini. Lo berjasa buat gue" A
"Tapi, nanti orang akan mengatai kamu bohong dan mengakuinya itu buatanku lo. Lo sadar kaga bro?" Ferwi
"Gue sadar, dan gue ga butuh diakui, gue ga butuh dikasihani, yang penting buat gue adalah manfaat dari Ponsel Ferwi ini" ujar A tersenyum sambil menunjukkan ponsel Ferwinya 
"Aplikasinya namanya apa bro?" tanya Ferwi lagi
"Namanya adalah rahasia"

kaget dan kagum, karena ga berapa lama menjelang......
ia mendapatkan nobel dari Ponsel Ferwi saat baru di luncurkan.

Surat untuk pria yang terhubung dalam hidupku

Hallo pria-pria yang terhubung dalam hidupku
aku mohon janganlah salah paham apabila memanggilmu dengan sayang

berpikirlah secara jernih
berpikirlah secara netral

aku harap kamu yang merupakan pasanganku tidak berkenalan di dunia maya
aku harap kamu mengerti aku
aku berharap kamu menghargai apa yang ada di alam semesta
aku harap kamu ga anggap disabilitas sebagai sebuah aib atau sesuatu yang menyusahkan
aku harap kamu menegakkan kejujuran bukan menjunjung kebohongan karena menghargai

kamu tahu? 12.40 tadi, aku baru selesai membantu membereskan rumah
awalnya aku hendak mengerjakan laporan
tapi pembantu ga masuk dengan alasan sakit
mungkin, karena ia ga nerima kemarin disalain karena stok kontak atau karena hal lainnya, tapi aku ga pernah judes

aku harap, aku bisa fokus mengerjakan laporan
tapi, yang ada aku malah menulis di blog dan jejaring sosial
kenapa?
soalnya ini lebih ringan dan jam 2 aku harus mengangkat jemuran di atas, melipatnya yang biasanya dilanjutkan dengan kerjaan lain
walaupun aku bersyukur karena Ibuku turut membantu dan juga belum ada panggilan untuk konsul dari satu dosen lagi

aku harap, engkau nanti membantu pekerjaan rumah
aku harap, engkau bisa lembut kepadaku
aku harap, engkau selalu memaafkanku
aku harap, engkau mendukungku dan membantu aku berkembang di luar

terima kasih

Tenang

Pembaca, temanku, tenanglah
aku disini baik-baik saja
aku yakinkan dirimu
Tuhan selalu menghiburku

Tenanglah
jagalah emosimu

tenanglah
semangatlah

tenanglah,
janji dan amanahmu untukku akan aku jaga

tenanglah,
rahasiamu aku jamin

tenaaang

Cinta Tanami

Tanami, seorang wanita berusia 30 tahun. Ia memilih untuk ga ngotot saat kedua orang tuanya dan lingkungannya menentang cintanya.

Ia mencintai Danu yang menyukai, menerima apa adanya.

Tapi, masa depan lebih ia pilih.

Ia pasti akan mendapatkan yang lebih baik.

Bukanlah kesedihan atau sekedar romansa.

Karena ia memang begitu..

Ia begitu takut mendengar kisah pertengkaran dan perceraian karena ngotot, ada juga yang rumah tangganya diwarnai kekerasan dimana saat sang suami pulang main pukul dan tempat nafsu saja serta kurang adanya tanggung jawab pada suami juga anak, belum lagi ada yang sampai mati sulit karena Ibunya kurang merestui namun tetap memaksakan sehingga saat menikah ia sakit dan meninggal tidak lama serta kurang terurus ketika meninggal.

Wednesday, March 18, 2015

Bokeetoku

Mencari-cari boketto apa sampai halaman 20 google 



sampai-sampai bertanya di Twitter, salah satunya ni screen shootnya


mohon maaf bagi yang terganggu huehe ga enak aku niii
coba nyari tapi kurang yakin apakah ini ya?





Duduk sambil menikmati sekitar sambil berpikir biasanya aku lakukan di depan netbookku/hp saat ngeblog dan jejaring sosial.

Pikiranku lari ke media secara liar, yang tertuang begitu saja.

Biasanya pikiranku ada di tanganku, sama ketika menulis selain di kedua media itu.

Itu begitu ringan, begitu menyenangkan.

Apalagi kalau bisa dalam frekuensi yang cepat meskipun ada yang bisa lebih cepat lagi si hehe.

Ga berpikir itu enak hue

Ingin go international/keliling dunia


Seperti yang tergambar pada foto diatas, aku ingin go international atau keliling dunia. 

Jepang adalah negara pertama yang ingin dikunjungi karena disana, disabilitas sangatlah diperhatikan. Aku ingin meraba huruf braille dan melihat warna yang kedua hal ini ada di stasiun serta beberapa lokasi di Jepang.

Lalu ke negara-negara lain yang ada di belahan benua baik Asia, Australia, Amerika, Afrika, Kutub.

Akankah keinginan aku ini terwujud? atau hanya menjadi dongeng/mimpi? Hanya Tuhan yang tahu.

Untuk Tyaseta, 2017

Tyaseta, kamu harus bisa membedakan dan memprioritaskan yang mana harus didahulukan sehingga ga bingung.

Tyaseta, kamu harus tetap menghargai orang, jangan pernah merendahkan dan menertawakan orang.

Tyaseta, kamu harus tetap merendah ya, dilarang keras sombong!

Tyaseta, kamu harus tetap ramah ya sama orang. Jangan pernah memaksa dan judes sama orang supaya dicintai oleh banyak orang,

Tyaseta, yakinlah, semua masalah ada jalan keluarnya.

Tyaseta, aku berharap kamuu sudah harus menjadi tulang punggung keluarga di tahun 2017. seterusnya

Tyaseta, kamu dilarang untuk malas, menunda, tetap semangat!

Tyaseta, aku berharap kamuuu mendengarkan yang baik, termasuk nasihatku diatas.

Ingatan ngarang bahasa Indonesia

Ingatan aku ngarang Bahasa Indonesia sebenarnya hampir saja hilang alias lupa, tapi sekilas tadi keingat mengenai liburan karena kayaknya ini adalah tugas yang biasa di dapat saat jadi pelajar tapi detailnya seperti apa lupa saya ahahaha.

Rambut #TantanganMenulis

Ah ingat banget saat SMP aku dipaksa motong rambut sampai pendek dan saat panjang, aku terlihat sangat buruk yang hingga kini menyebabkan rambutku jadi ikal huhuhu. Namun, fotonya ga bisa aku pajang karena itu adalah auratku.

Udah gitu, aku disuruh potong melulu. Yang alasan ngelurusin mahallah, segala macam. Hah kapan punya rambut panjang?

Ada yang berkata "Saya ga suka, minta dia jangan motong rambutmu", "Sudah, tapi ga didengar" terus aku coba bilang saat ada orangnya, entahlah.

2k yg ga suka aq & ga q suka #TantanganMenulis

Ini adalah surat cintaku untuk orang-orang yang ga suka aku dan ga aku suka.

Pertama, untuk orang yang ga suka aku. Suratku :
  1. Saya mohon dengan sangat untuk berkomunikasi secara baik-baik, jangan main belakang.
  2. Jangan suka ngadu deh, kayak anak kecil
  3. Jagalah amanah saat curhat, kalau ga suka ya bilang 
  4. Jangan menertawakan
  5. Jangan merendahkan
  6. Jangan membicarakan yang ga ga deh apalagi menghasud
  7. sabar
  8. terimalah kritis
  9. positive thingkinglah ke aku 
Kedua, untuk orang yang ga aku suka adalah :
  1. jangan sakit hati kalau kalian yang kurang amanah ga aku percaya lagi
  2. jangan anggap aib yang namanya curhat 
  3. jangan semena-mena karena Tuhan nanti mungkin akan membalasnya
  4. terimalah aku apa adanya
  5. adillah

Kritis #TantanganMenulis

Kritis, ya itulah sifatku kalau sudah penasaran pastilah aku akan bertanya apalagi kalau aku sudah menyukai orang itu, atau hanya sekedar menginformasikan bertanya hanya untuk memberitahu kalau melakukan kesalahan.

Yah, kritis memang kurang disukai oleh orang. Apalagi kalau ia merasa dirinya hebat, berkuasa di suatu tempat atau sudah tua sehingga merasa sudah berpengalaman maka pastilah kurang akan mendengarkan karena sudah pastinya tu kurang melihat isinya karena meremehkan alah cuma anak kecil.

Saat aku mengutarakan kritisku, karena ada yang kurang benar atau sekedar bertanya ada yang berkata ketus "Sudahlah diam-diam saja, nikmati saja popularitasnya seperti orang lain" padahal bukan popularitas dan pernyataan "Ga usah tahu dunia kami" weleh yang saat aku cerita ke orang tua beliau berkata "Itu sih kurang ajar namanya, sampai berkata ga usah tahu dunia kami". Dan ini menyebabkan aku didiamkan, ga direspon, ga di tag.

Gitu juga saat aku bertanya mengenai Schizophrenia, sampai-sampai ga pernah di respon lagi, terus dia marah di inbox Facebook kemudian memblokirku.

Pengalaman pahit juga gitu, saat aku bertanya malah dibilang sabar padahal ya cuma mau tahu, dibilang sesuatu sehingga aku melontarkan pertanyaan lagi karena bingung, ada juga pertanyaan/pemberitahuanku yang dicuekin dan giliran ada orang lain yang bertanya/menginformasikan hal yang sama langsung di respon. Aneh!

Tapi ya sudahlah. Sombong, itu yang aku kritisi. 

Tapi, aku bersyukur masih ada yang mendengarkan kritisku dan mengubahnya. Wah sesuatu dan itu menyenangkan. hehe.

Mimpi #TantanganMenulis

Satu mimpiku yang sangat ingin dicapai adalah menjadi psikolog industri dan organisasi dimana dari situ, aku bisa membantu banyak orang serta organisasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri untuk berkembang serta mendamaikan dari perseteruan yang terjadi.

Yang paling penting adalah, dari mimpiku itu adalah bisa menjadi tulang punggung keluarga tanpa pernah harus berkorban demi apapun. 

Tuesday, March 17, 2015

Senandung Ciko

Ciko seorang pria yang sedang bersedih, ia memegang gitar dan bersenandung di teras sambil berjalan keluar ke jalanan disekitar rumahnya

Sayang, aku merindukanmu
dimanakah dirimu duhai tulang rusukku
walau engkau
lukaiku
cintaku tetap kepadamu
walau engkau
mungkin bukan milikku
dirimu tetap dihatiku
huuuu

lagupun terhenti saat seorang memberikan koin kepadanya, ia berkata "Terima kasih" walaupun sebenarnya sungkan karena bukanlah pengamen, bukanlah pengemis, namun rezeki ga boleh ditolak.

Netbookku

Netbookku adalah benda kesayangan, tapi bukanlah benda keberentungan. Kenapa? Soalnya sudah berjasa cukup lama semenjak aku dibelikan benda ini yang aku lupa ya sejak kapan.



Netbook dengan spesifikasi ala kadarnya



jasanya tuh bantu aku membuat laporan, membaca, berinteraksi di jejaring sosial, sharing di jejaring sosial khususnya di twitter, membuka email, mengirim email, menulis blog, komen blog, menemaniku belajar.

seandainya netbook ini bisa mendengar, membaca aku cuma ingin menyampaikan "Aku minta maaf atas nafsuku karena seringkali memaksakan kinerja sampai panas dan seharian sampai-sampai kamu jadi sering hang, aku cuma ingin memanfaatkanmu daripada aku tidur seharian dan jenuh, aku harap kamu masih setia menemaniku, membantuku terus sampai takdir memisahkan kita".

ya, dia mah emang gitu, sering ilang wifi tapi hp masih detect wifi. Tapi ada perkataan lagi untuknya "Terima kasih untuk semuanya yang sudah kamu lakukan untukku, aku bersyukur memilikimu sayang".

"Kini, mataku kurang baik penglihatannya, terima kasih juga sudah ada aplikasi low vision sehingga aku tidak harus terkena radiasi dan kesakitan saat terkena cahayamu, tapi yah ga papa, semoga tidak ada kejadian hilang tulisan lagi karena pernah tulisan yang kamu hasilkan menghilang begitu saja dimana aku hanya melihat warna saja dan yang kedua ya gitu, mulai ga kuat sehingga harus dibuat setingan low vision sampai sekarang dan ketiga tulisannya ga jelas". 

Sekian tulisanku bertema benda kesayangan yang menjadi #Tantanganmenulis di https://petronelaputri.wordpress.com/2015/02/11/tantanganmenulis/.

Monday, March 16, 2015

Review teknologi pintar esp honda 2

Setelah membuat blog di http://hatiputih.blogdetik.com/2015/03/16/review-teknologi-pintar-esp-honda/ nulis lagi di blog ini, blog khusus lomba.

Soalnya aku ga baca aturannya dulu huahaha, tahu gita aku buat disini saja. Tapi ya tak apalah. Udah gitu, disana juga hasilnya kurang bagus. Jujur, aku nulis Cuma sampai 100an kata terus mentog jadi terkesan maksa.

Tapi, aku coba nulis review dalam versi yang berbeda walaupun isinya kurang lebih sama. Semoga isinya lebih bagus karena aku ini kurang pintar dalam menulis. Oke deh, kita mulai ya, 1, 2, 3. Ke bawah yuk.

Matic dan Honda mungkin sudah akrab dikenal oleh pecinta kendaraan bermotor khususnya bagi pengendara perempuan karena dikenal dengan kemudahannya dalam menyalakan dan mengendarai tanpa harus memasukkan gigi seperti motor manual, serta memudahkan mengerem karena cukup dengan rem tangan tanpa harus bersusah payah mengerem dengan kaki kanan pada motor manual.

Kini, Honda lebih canggih lagi yang manfaatnya bukan hanya untuk pengguna tapi juga lingkungan karena adanya Honda dengan teknologi pintar (Hondasmarttech) yakni teknologi pintar eSP Honda yang penjabaran teknologinya di bawah ini.





Teknologi lampu LED Sangat hemat daya namun menghasilkan sorot lampu lebih terang. Umur pakai jauh lebih lama sehingga membuat pengguna tidak perlu sering mengeluarkan uang untuk mengganti lampu LED.

Tingkat panas yang dihasilkan lebih rendah daripada lampu LED lainnya, keunggulan lain dari lampu LED ini adalah tingkat pencahayaannya yang baik sehingga memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi.



Answer Back System adalah sistem yang bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote yang terdapat pada kunci motor Honda.

Saat remote ditekan yang sudah terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi tanda berupa suara yg dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan - belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana posisi motornya disimpan.

Dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna akan terbantu dalam mendeteksi keberadaan motor secara otomatis.

ISS adalah teknologi dengan fitur Premium kelas dunia untuk efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. Setelah motor Honda berhenti lebih dari 3 detik, dan mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ISS ini membantu mencegah bahan bakar terbuang percuma sehingga akan berasa lebih irit, ramah lingkungan, performa yang baik pada mesin dan aki tetap optimal.

Oke, sekarang kita beranjak ke CBS.



CBS adalah teknologi canggih yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal, sehingga memungkinkan kemudahan pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem depan, rem belakang dapat berfungsi dengan tepat.



Teknologi PGM-FI dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan.

Sistem injeksi yang terdapat pada teknolog PGM-FI ini mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin ECM (Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan.

Untuk lebih lengkapnya kalau ingin melihat videonya bisa membuka link https://www.youtube.com/watch?v=cTSNOLeVGxo dan https://www.youtube.com/watch?v=GuTMTE2Ww-U.


Cukup sekianlah tulisan aku kali ini. Mohon maaf apabila kurang berkenan. Oh iya gambar-gambar di print screen dari website welove Honda di http://welovehonda.com/hondasmarttechnology/. Terima kasih sudah mampir di blogku ini. Sampai jumpa lagi ya!

Tradisi Nyekar


Foto diambil pada 23 Februai 2013

Menjelang lebaran dan saat lebaran banyak yang berbondong-bondong ke makam sambil membawa air yang akan dibacakan doa, yang disebut juga dengan nyekar.

Nyekar berasal dari kata sekar yang dalam bahasa Jawa berarti bunga dengan mengacu kepada tradisi tabur bunga di makam yang sudah menjadi tradisi turun temurun, meskipun belum tentu memahami maknanya. Apakah makna dari nyekar yang sesungguhnya?

Tradisi menabur bunga bukanlah tradisi Islam melainkan tradisi Jawa yang bersentuhan dengan Hindu. Dalam Islam, nyekar adalah memanjatkan doa tanpa menggunakan apapun. 

Adanya ritual berdoa di makam leluhur sambil membakar kemenyan, dupa, dan melakukan sesaji di makam adalah pengaruh dari agama Hindu.

Prof. Dr. Damardjati Supadjar, Guru Besar Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada berkata “Nyekar sebetulnya merupakan bagian dari tradisi kejawen. 

Dalam tanggalan Jawa, nyekar dilakukan pada bulan Ruwah dimana dalam kalender Islam jatuh pada bulan Sya’ban dengan tujuan untuk mengingat kembali bahwa roh itu abadi dan mengambil nilai kehidupan yang sudah meninggal supaya bisa diteladani generasi berikutnya.

Masyarakat etnis Tionghoa juga mengenal tradisi ini meskipun dikenal dengan istilah yang berbeda, Ceng Beng yang jatuh pada bulan April dengan tujuan menghormati leluhur.

Munjid mengatakan “Maknanya ebih agar seseorang tak lupa tentang hakikat hidup yang sedang dijalaninya. Juga, agar ia tak mengalami disorientasi, tidak terperangkap oleh cil-de-sac kenyataan hidup. Sejatinya, ketika seseorang nyekar ke makam orang tua, ia sedang mengikuti proses pengukuhan kembali keyakinannya dengan menggunakan makam orang tua atau leluhur sebagai tambatan sekaligus cermin”.

“Kalau seseorang tidak bisa memakna tradisi nyekar, berarti hanya ritual saja. Tetapi, jika ia bisa mengambil makna dari tradisi litu, ia akan bisa menggapai keabadian dalam masa hidup yang begitu pendek di dunia” ujar Damardjati yang disambung “Melestarikan nama baik leluhur, itulah yang lebih penting daripada nabur bunganya. Minimal mengenang sisi baik orang yang sudah meninggal, lalu bertekad untuk menjadi lebh baik, insya Allah akan beramal yang abadi”.

Damardjati mempunyai persepsi unik tentang nyekar. Nyekar juga berarti mendendangkan lagu-lagu kehidupan.

Dalam budaya Jawa, semua termaktub dalam nama-nama tembang macapai. Macapai sendiri mengandung makna yang sangat tinggi denga urutan Mijil (lahir), Sinom (agar perempuan menjadi sinom perdop dan pria menjadi maskumambang atau di masa pertumbuhan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya), asmorondono (cinta kasih), dandanggala (bisa membedakan mana yang manis karena tidak semua yang manis itu gula), durma (darma/bebruat baik kepada sesame), pangkur (menyingkirkan hawa nafsu dan angkara murka), gambuh (memasuki kehidupan pernikahan), megatruh (memutus roh), kinanti (menjadi tujuan hidup dengan menjadi hamba yang disayang Allah).

Sumber :

Yusrini, Fiki. Ketika nyekar tiba. Femina No.35/XXXVIII terbit pada 4-17 September 2010. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...