Thursday, March 26, 2015

Review 12 steps to a better memory 12 langkah menuju daya ingat lebih baik

Saudaraku, apakah pernah atau sering lupa? Si A pernah mau mandi terus lupa bawa handuk, saat mau berangkat lupa menaruh kunci mobil dimana ya? Untungnya ketika ia berbelanja tidak melupakan anaknya dan meninggalkannya di tempat belanja serta baru ingat di rumah. Gawat!

Mungkin sedikit review dibawah bisa membantu. Ada Sebuah buku yang ber
bentuk



judul " 12 Steps to a better memory
dikarang oleh Carol Turkington
dialihbahasakan oleh Dr. Dini Adityarini
sehingga buku bertambah judulnya menjadi 12 steps to a better memory 12 langkah menuju daya ingat lebih baik
diterbitkan pada tahun 1996
oleh PT Gramedia

12 langkah itu adalah

. mengerti bagaimana daya ingat bekerja
pembentukan daya ingat dimulai dengan pencatatn info selama dipersepsi, data didokumentasi dalam sistem memori jangka pendek yang disimpan dalam jangka waktu yang pendek dan bila tidak diulang secara konstan maka  akan hilang dalam beberapa menit dan ditempati materi lain. Materi yang penting tidak hilang tapi dikirim ke memori jangka pajang dan disimpan dengan melibatkan pembuatan asosiasi di antara kata, arti, imajinasi visual atau pengalaman seperti bau atau bunyi.  Tahap terakhir dari daya ingat adalah pemanggilan kembali informasi yang disimpan dalam tingkat tidak sadar yang dibawa ke pikiran sadar. Bila materi bisa dipercaya, para ahli meyakini bahwa ini tergantung pada sebarapa baik materi diingat pertama kalinya.

. mengenal kunci-kunci menuju daya ingat lebih baik
Pada tahun 1968 Luria yang merupakan dokter Neuropsikologis menulis tentang Shereshevskii yang diakronim/disingkat "S" dalam The mind of a Minemonist.
S dilahirkan dengan daya ingat yang tampanya tanpa batas. Jika Luria mengatakan pada S untuk mengulang daftar yang diberikan beberapa tahun lalu, pertama S akan mengulang bahwa pada waktu itu ia memakai kaos warna abu, kemudian dia akan mengulang daftar tersebut dengan paparan setiap gambar dalam mata pikiran dengan sempurna sebab dia berkata bahwa dia dapat "melihat" seseorang sebelumnya dalam halusinasinya secara detail.

kunci-kuncinya adalah :
1. memberikan perhatian
Apapun yang kita terima selalu diwarnai oleh idra dan emosi kita. Siapapun dapat terlupa mengamati, Anda harus memusatkan pengamatan dan berkonsentrasi. jika sesuatu menarik perhatian anda, anda akan memberikan perhatian yang bagi hampir semua orang adalah suatu usaha secara sadar bukanlah refleks. Namun, jika anda tidak ttertaik, maka anda tidak akan mempunyai motivasi untuk berkonsentrasi.

Pada saat anda berkonsentrasi pada sesuatu, pertama kali cobalah menanyakan pada diri apakah menyukainya atau tidak, setelah dirinci maka akan menentukan nantinya karena anda tidak akan mengingat apa yang gagal anda kembangkan atau benar-benar mengamati dan konsentrasi maka anda akan mencatat ekspresi, komposisi, warna dan keadaan jiwa.

Pahamilah bahwa perhatian itu mudah terpecah. Fakta menunjukkan bahwa satu denominator yang umum dalam diskusi tentang perhatian adalah sifat mudah terpecahnya perhatian.

Perlu diketahui bawa lama rata-rata perhatian seorang pendengar hanya 25 menit. Oleh karena itu, semua pembicara yang baik mengetahui bahwa mereka harus mengungkapkan bagian yang paling penting dari pesan di awal jika ingin mendapatkan perhatian dari pendengar, mereka perlu menerapkan strategi untuk mempertahankan perhatian pendengar, berhenti sejenak, nada dan bicara dibuat bervariasi, anekdot yang bagus, cerita lucu dan aktivitas yang menarik.

2.Asosiasi
Salah 1 cara termudah mengingat serentetan kata adalah menggunakan huruf pertama dari kata yang digunakan sebagai petunjuk untuk mengingat kata itu sendiri. Petunjuk bisa berupa akronim (membuat singkatan huruf 1 dari kata-kata untuk diingat, contoh : NATO yang singkatan dari North Atlantic Treaty Organization), akrostik (huruf 1 dai serangkaian kata atau sebaris sajak membentuk info untuk diingat, contoh : Maybe Nobody Visits Mary's Red Car maka diingat dengan Maine, Ner Hampshire, Vermont, Massachusets), kata-kata populer.

3.Visualisasi
Cobalah latihan visualisasi ini
@ tutup mata anda, dan bawalah mata pikiran Anda pada imajinasi pie ceri yang baru keluar dari oven
@ rasakan hangatnya pie dan hirup aroma cerinya
@ catat warna coklatnya, kerenyahan kulit luarnya, potongan-potongan kue selama dimasak
@ gambarkan cara pengisian ceri, gelembung-gelembung di atas kulit luarnya, menjadi mengeras sepanjang tepinya
@ sekarang gambarkan irisan Anda pada pie dengan pisau dan taruh pada piring
@ lihat ceri yang tampak dari bawah kulitluar
@ sekarang visualisasikan anda mengambil sevuil dengan garpu Anda
@ rasakan adonan dan cerinya sepotong di garpu
@ sekarang anda letakkan garpu pada mulut Anda. Rasakan tar manis ceri, isi cairnya, kehangatan serpihan kue selama Anda mengunyahnya.

. meningkatkan daya ingat anda sehari-hari
Anda bisa mengikuti tahap @ dibawah untuk meningkatkan daya ingat Anda sehari-hari
@ pada saat Anda memarkit, lihatlah sekeliling dan rekamlah tanda untuk membantu menemukannya, jangan tergantung pada sesuatu yang khusus yang ada pada mobil yang parkir di samping Anda, saat meninggalkan mobil berbaliklah sesaat untuk membuat "foto mental" dari gambaran yang akan Anda lihat pada saat Anda kembali.
@ libatkan indra Anda sebanyak yang bisa dilakukan, catatlah bau yang aneh, kebisingan, dan sebagainya,
@ buatlah daftar, simpan di satu tempat yang mudah dijangkau dan mudah ditemukan, susunlah daftar dalam kategori
@ catatlah nomor-nomor penting
@ buat daftar pengepakan barang sebelum memulai perjalanan
@ buat pertanyaan yang ingin diajukan ke dokter karena pada saat mengunjungi dokter bisa mmebuat stres dan beberapa orang sangatlah takut pada alat-alat kedokteran yang membuat setiap pertanyaan yang ingin diajukan menjadi hilang
@ gunakan strategi penalaran dan pengingat mekanik untuk mengatasi hilangnya daya ingat akan tanggal dan
janji
@ membawa buku catatan untuk mencatat sesuatu yang akan dilakukan dan janji-janji penting
@ gunakan kalender
@ mengalahkan kelalaian
@ berikan perhatian/lakukan pada saat yang tepat
@ buatlah inventaris benda misalnya kunci, temukan tempat khusus untuk menyimpan
@ telusuri kembali langkah Anda, ini adalah taktik kuno dengan memikirkan kembali pada apa yang sudah Anda lakukan yang membawa Anda pada pekerjaan yang Anda coba untuk diingat kembali
@ sediakan tempat untuk tagihan Anda misalnya sebuah tempat berkas berpenjepit atau satu laci meja khusus hanya untuk taighan dan ketika tagihan tiba, masukkan segera ke dalam tempat berkas atau laci.
@ gunakan pengatur waktu (contoh gunakan pengatur waktu supaya berdering setiap 15 menit  setelah memasukkan cucian, Anda bisa mengingatkan diri waktu untuk memasukkan pelembut cucian)
@ ingat secara detail yang penting di sekitar rumah
@ berikan perhatian dan melakukannya dengan hati-hati untuk mengendapkan ingatan karena apapun masalah dalam mengingat sesuatu, cara terakhir ini adalah solusi sederhana

. mempelajari metode loci

. mengikuti metode penghubung

. menguasai sistem Peg

. mengingat nama-nama

. mengingat teks pidato dan bahasa asing

. mengingat angka-angka

. meningkatkan metode belajar anda

. menjaga daya ingat sesuai umur

. meningkatkan daya ingat anda melalui gaya hidup anda
kenyataannya, kecemasan dan depresi adalah dua sebab masalah daya ingat pada semua umur karena kondisi fisiologis tersebut menyita pikiran, membuatnya yidak mungkin berkonsentrasi pada hal lain.
Ketika Anda depresi yang dalam atau stres yang berlebihan, Anda cenderung menarik diri. Anda tidak merekam informasi dengan cara yag normal, dan pikiran terpaku pada renungan negatif. 
Siapapun yang mendengar berita buruk dalam ruang praktek dojter dapat membuktikan kenyataan bahwa kalau stres dan cemas melanda sangatlah sulit untuk mengingat apapun. Stres yang kecil pun dapat mempengaruhi daya ingat.
Diet yang baik dapat mengingkatkan daya ingat. Para ahli gizi pada abad 15 menyarankan kliennya untuk makan makanan sehat untuk daya ingat yang baik seperti daging unggas panggang, apel, kacang, dan anggur merah. Kemampuan anak mengingat bisa dipengaruhi kekurangan zat besi, mineral, vitamin, protein dan terlalu banyak mengonsumsi gula.
Air membantu menjaga sistem daya ingat terutama pada orang-orang tua. Kekurangan air pada badan mempunyai efek langsung dan mendalam pada daya ingat, dehidrasi menimbulkan kebingungan dan problem berpikir lainnya.
Jangan makan berlebihan.
Supaya kemampuan daya ingat dapat berfungsi maksimal, tidur dan istirahatlah otak dengan cukup.
Jangan meminum alkohol. Pada penelitian di Universitas California Los Angeles, para ahli menemukan bahwa hampir semua yang mengalami problem daya ingat setelah minum alkohol adalah berumur lebih dari 40 tahun. Penurunan daya ingat jangka pendek adalah problem klasi di antara para pecandu alkohol yang merusak kemampuan menahan informasi baru.
Penelitian menunjukkan para perokok selalu mempunyai skor yang lebih rendah dalam tes daya ingat daripada yang bukan perokok. 
Terlalu banyak kopi (untuk setiap orang jumlahnya berbeda) dapat menyebabkan problem daya ingat yang besar. Sebuah penelitian pada para mahasiswa menunjukkan bahwa minum kafein menurunkan kemampuan mereka mengingat daftar kata-kata. 

kekurangan
. pada halaman 10 terdapat tulisan teknik-teknik meningkatkan daya ingat, namun isinya bukan itu, ini kok di meningkatkan daya ingat anda melalui gaya hidup anda malah itu ya?

kelebihan

ada salah satu contoh terbaik seorang yang memiliki daya ingat yang bagus adalah seorang reporter surat kabar di Rusia yang bernama Shereshevskii yang merupakan pasien dari dokter Neuropsikologis Rusia yang bernama Alexandr Luria.

3 comments:

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...