Monday, March 23, 2015

Membangun Ekosistem Blogger

Selamat pagi menjelang siang waktu Indonesia barat,
mohon maaf ganggu,
kali ini aku menulis untuk pekan 12, pekan terakhir di Liga Blogger Indonesia musim 2015, disini ada sedikit ulasan mengenai membangun ekosistem blogger.

Googling mengenai ekosistem nemu istilah dalam Biologi, namun Ekosistem disini berhubungan dengan sekitar dari blogger bisa komunitas, personal branding, komunitas blogger, media, brand, daerah, pemerintah, pendidikan, perusahaan dan lain-lain yang haris dibangun oleh seorang blogger dengan ikhlas, menyenangkan, berusaha dan semangat.

Membangun ekosistem blogger di komunitas perlu pendakatan, memasuki komunitas, dulu sih aku mencoba untuk merespon adanya anggota baru, mengkritisi isi blog beberapa anggota komunitas yang bertujuan untuk memperbaiki tulisan/gambar. Namun, ada yang sebel tapi ya ga apalah, mungkin.

Selain itu, perlu didukung dengan turut membangun personal branding yang tiap blogger ada kekhasan, perbedaan. Ada yang berisi pengalaman hidup, pengalaman menggunakan produk, atau sekedar mereview. Kesemua ini membutuhkan media minimal sebuah foto. Akan lebih baik apabila ada media yang mendukung menjadi sponsor, namun karena aku dilarang meminta maka membangun ekosistem ini sendiri.

Sebenarnya, seorang blogger akan lebih berkembang apabila didukung oleh perusahaan/organisasi sehingga aktivitas nge blog tetap bisa dilakukan tanpa harus mencuri waktu atau malah berhenti sama sekali

Selain itu, dalam membangun ekosistem blogger apabila didukung oleh pemerintah seperti contohnya adalah Relawan TIK Bojonegoro bisa sesuatu.

Bukan hanya itu saja, membangun ekosistem blogger perlu juga didukung oleh penasihat atau dan atau aparat pendidikan yang tidak meminta sang blogger untuk memilih antara fokus ke pendidikan atau melakukan hobinya nge blog seperti yang terjadi pada diriku aih sedihnya huhuhu.

Membangun ekosistem blogger bisa dibantu oleh blogger lain yang semua pihak yang bersedia membantu dan pihak yang dibantu dilandasi dengan rasa senang dan ikhlas tanpa adanya paksaan.

Kita tidak akan pernah bisa sendirian toh? Dan kita juga tidak sendiri.

Sampai disini dulu, aku mohon maaf atas segala yang kurang berkenan. Terima kasih khususnya untuk peserta LBI dan panitia LBI. Tetap semangat. 

Semoga aku tetap bisa nge blog kedepannya dan meraih kesenangan. Semoga semua diberikan yang terbaik dan kesuksesan untuk kita semua.

Sampai jumpa di tulisan lainnya di blogku. Dadaaah. *LambaikanTangan*

25 comments:

  1. ekosistem blogger, bisa menjadi media utk membentuk komunitas blogger ke arah blogger profesional *menurut saya*

    @ririekayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya utk jd pro sepertinya emang hrs gabung di ekosisten blogger ya mbak :) @RuriOnline

      Delete
  2. Menulis terasa manfaatnya, bukan hanya untuk pembacanya saja. Penulis akan di tuntut banyak riset atas tulisannya, jadi pinter deh! Menulis yang santai...dan tetep enjoy. Segala keadaan yg ada dihadapan selalu jadi ilmu buat orang lain. So, nggak akan pernah terpaksa melakukannya. Semangat menulis terus ya Mbak Tyaseta... senang main ke blognya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm gitu
      banyak riset ya
      asyik deh bisa jadi pintet

      iya mbak Mutia, terima kasih untuk semangatnya
      terima kasih untuk masukannya
      senang juga saya ada yang main dan berkomentar disini ^^

      Delete
  3. Adanya ekosistem, individualisme blogger akan memiliki kedekatan emosional yang baik. Jika semua individu berperan, Insya Allah akan tercipta ekosistem blogger yang menguntungkan :)

    ReplyDelete
  4. semoga terus terjalin keakraban diantara kita

    ReplyDelete
  5. Semoga kita semua bisa konsisten ya.. dan paling penting bisa kopdar LBI2015 :D

    ReplyDelete
  6. ekosistem blogger memang banyak banget membawa kebaikan jika kita bisa membangunnya dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak
      tapi sekalipun ga bisa membangun ekosistem dgn baik bisa tetap membangun kebaikan untuk sesama kok mbak
      aku uda buktiin soalnya aku kurang bisa membangun ekosistem blogger karena keterbatasanku dalam berkomunikasi/berinteraksi

      Delete
  7. 'Membutuhkan media minimal foto' di blog ini jarang ada foto di postingannya he he.
    Semoga sukses dan sampai berjumpa pula

    @rizalarz

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku jarang ada foto di postingannya
      hihihi
      amin
      semoga sukses dan sampai jumpa juga ya kak

      Delete
  8. Memang butuh pendekatan, mbak. Biar sukses. Semua pihak juga didekati. :D

    ReplyDelete
  9. Paling senang kalau ada anggota baru di komunitas, itu artinya semakin banyak orang yang suka menulis Dan posting di Blog
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
  10. LBI boleh saja berakhir, tapi hal-hal yang sudah di dapat selama liga justru sedang dimulai :)

    @f_nugroho

    ReplyDelete
  11. Seorang blogger akan mendapatkan injeksi motivasi ngeblog yg lbh baik ketika mau memilih menjadi bagian komunitas blogger, yang akan membawanya pd ekosistem blogger

    @ririekayan

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...