Monday, March 23, 2015

Tips aman menghindari kerusakan kulit

Untuk mengindari dari kerusakan kulit, berikut tipsnya :

  • Kenal jenis kulit
Kenalilah dahulu jenis kulit Anda, barulah mencari kosmetik mana yang paling cocok. Di beberapa gerai kosmetik, kadang disediakan alat skin-check. Lakukanlah tes kondisi kulit Anda dengan memintanya ke beautician sebelum merekomendasikan produk manakah yang tepat bagi Anda supaya bisa mendapatkan hasil yang optimal.


  • Ketahui kandungan bahan
Ketahuilah bahan yang terkandung dalam kosmetik, Anda bisa membaca “ingredient” dengan teliti dan juga aturan mengenai pemakaiannya.


  • Tes cocok tidak di kulit
Sapukanlah sedikit kosmetik pada punggung tangan dan biarkanlah selama 24 jam. Nah, kalau timbul ruam-ruam merah atau timbul rasa gatal segera hentikan pemakaian. Beberapa kosmetik menyediakan sampel produk dalam ukuran mini yang dapat diperoleh secara gratis, cobalah sebelum terlanjur membeli.


  • Jaga kebersihan kosmetik
Gunakan spatula setiap mengoleskan krim malam atau krim mata dan kalau terpaksa menggunakan jari, bersihkan jari Anda dahulu.


  • Gunakanlah rangkaian 1 merek
Sebaiknya, belilah rangkaian kosemtik dari 1 merek karena kandungan bahan pada rangkaian itu saling melengkapi sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal.


  • Harga vs rupa
Sering sekali kita mendengar istilah bahwa ada harga ada rupa. Namun tidak selamanya kosmetik mahal cocok.


  • Forbidden things
Merkuri, zat warna Rhodamin B dan Hidroquinon di atas 2% adalah tiga bahan kimia yang sangat berbahaya yang sering ada di produk kosmetik buatan Cina. Zat ini dapat mengakibatkan iritasi dan hiperpigmentasi. Logam merkuri yang terserap dalam pembuluh darah bisa mengakibatkan gagal ginjal dan kerusakan otak permanen. Bukan hanya itu saja, merkuri bisa menyebabkan autis.


  • Catat batas waktu kadaluwarsa
Biasanya, kosmetik yang kadaluwarsa berubah warna menjadi keruh atau lebih muda, berjamur dengan timbul bintik-bintik putih di permukaan kosmetik, bau jadi lebih menyengat, kulit jadi terasa panas, gatal dan iritasi.


  • Sabar menanti hasil
Janganlah Anda langsung mengentikan pemakaian jika baru menggunakan kurang dari 2 minggu/1 bulan karena biasanya hasil baru tampak setelah satu bulan karena regenerasi kulit berlangsung setelah 28 hari.


Sumber :

9 hal penting untuk kulit putih & sehat. Halaman 84-85. Femina no.35/XXXVIII terbit pada 4-17 September 2010. 

3 comments:

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...