Monday, January 11, 2016

Trend Blogger 2016

Hallo ini adalah postingan untuk tema di pekan pertama Liga Blogger Indonesia 2016, dari kacamata pribadi, prediksi trend blogger 2016 adalah hal-hal yang menyangkut perkembangan teknologi.

Hal ini dikarenakan teknologi terus berkembang sepanjang zaman.

Saya baru sempat menulis, karena jam 16:30 WIB saya baru  tiba di rumah. Saya habis dari RS. Fatmawati. Disana, saya sering pusing.

Saya sampaikan keluhan sama suster, dokter syaraf, dan beberapa pengunjung disana.

Syukur juga cerita keluhan mata ke pengunjung, karena saat dipanggil ke ruangan dokter, ada yang bantu nuntun dan beres beres tas.

Di ruangan dokter syaraf, saya sampaikan keluhan penglihatan sering menggelap, susah melirik, leher berkedut.

diminta menggenggam tangannya, ditarik. Mengangkat tangan, mengangkat kaki. Nah kaki kiri saya nyeri.
Saya diminta untuk melirik kanan dan kiri. Namun, saat saya melirik ke kanan, dokternya bilang “Hanya sebatas itu?”, jadi saya jawab, “Iya”.

Sama dokter syaraf, saya diberi resep obat menyambung obat di Rumah Sakit Umum Daerah Depok, lembar cek ginjal untuk melakukan CT Scan.

Saya langsung cek darah, mengeluarkan tongkat putih sebagai ciri kalau mata saya kurang awas. Ada yang bantu nuntun yakni petugas.

Saya dijemput tadinya mau ditinggal namun sudah memilih menunggu hasil yang keluar dua jam lagi, jadi kami pergi makan.

Selesai makan, saya diantar ke laboratorium dan berkeluh kesah. Katanya, teknologi di laboratoriumnya canggih, saya diminta untuk melihat.

Dan saat mencoba melihat, sumpah sakit bener, rasanya terbatas ketrik gitu, jadi kurang bisa lihat. Setelah selesai, saya ikut seseorang dan diantarkan ke apotik. Alhamdulillah ada yang bantu.

Di apotik, saya ngobrol, dan minta tolong lagi karena ketika melihat sesuatu sumpah, kaga kelihatan.

Yah, kalaupun ada yang mengadu atau bicara yang tidak-tidak ya tidak apa-apa, toh dia juga tidak mengerti dan memahami bahkan mungkin cenderung tidak mau tahu.

Ah, apa sih, kembali ke topik ah.

Perkembangan teknologi yakni salah satunya adalah perkembangan internet, selama ini cukup membantu sehingga kita melakukan blogging.

Selain itu, aktivitas blog untuk melakukan kegiatan marketing, blog dijual dengan dijadikan website.

Perkembangan internet tersebut dipergunakan untuk menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Thumblr, Slideshare, Whatsupp, Blackberry messanger (BBM).

Keberadaan media sosial ini menghubungkan saya yang ada di kota depok dengan orang lain yang ada di kota lain dimana bisa menjalin hubungan silaturahmi melalui komunitas-komunitas yang ada.

Komunitas-komunitas itu menyediakan media sosial seperti Warung Blogger, Kumpulan Emak emak blogger, komunitas perduli skizophrenia Indonesia (KPSI), komunitas tunanetra nasional, IT Center for the blind, IT Nusantara, dan lain-lainnya.

Melalui media sosial Facebook, komunitas kumpulan emak-emak blogger sering mengundang para blogger wanita dengan melakukan undangan acara.


Undangan acara perusahaan Tempo, isi undangannya begini :
Selamat siang, Komunitas Emak-Emak Blogger. Bersama ini, kami mengundang anggota KEB untuk hadir dalam r angka peluncuran 45 tahun TEMPO. Kuota yang disediakan adalah 8 orang blogger.

Pada 2016 ini Indonesia menghadapi tantangan yang luar biasa. Ada tantangan internal seperti maraknya korupsi, pertumbuhan ekonomi yang melambat, maupun tantangan dari luar seperti hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Namun, mimpi tentang kebangkitan Indonesia tak akan pernah berhenti. Indonesia punya banyak anak muda yang bisa membawa Indonesia menjadi negara yang negara yang hebat.

Tempo di usianya yang ke-45 tahun ini juga ingin mengawal gagasan memajukan Indonesia.

Ikuti program Peluncuran Tempo 45 bersama :
1. CEO Bukalapak.com Ahmad Zaky (tentang Indonesia Bisa, Anak Muda Bisa!)
2. Mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto (tentang Peran Media Massa dan Gerakan Antikorupsi
3. CEO Tempo Bambang Harymurti.

Waktu: Selasa 12 Januari 2016 Pukul 13.00 - 15.00

Tempar: Kantor Tempo
Jl Palmerah Barat No 8 Jakarta Selatan
Komunitas kumpulan emak emak blogger sering sekali mengirim undangan acara.

Selain itu, ada komunitas lain yang dulu pernah melakukan undangan acara yakni komunitas Kartunet. 

Komunitas yang mendirikan website yang isinya adalah blogging dan bisa diakses di www.kartunet.or.id.

Undangan acara yang saya ingat adalah gathering di Indosat beberapa kali, yang pertama adalah IWIC bersamaan dengan acara buka puasa bersama, yang kedua adalah launching dua buah buku.

Acaranya ada beberapa yang saya review di blog, ada di http://tyaset4.blog.com/2014/08/aku-kartunet-dan-indosat-iwic/ yang itu saya ambil dari Twitter saya @guru5seni8 yang waktu itu memenangkan lomba life tweet namun karena keburu pulang dan belum rezeki jadinya hp melayang deh ehehe.

Review undangan acara ada juga di blog ini di pekan liga blogger Indonesia tahun 2015.

Selain itu, Kartunet juga dulu pernah mengadakan lomba menulis di websitenya, pernah mengadakan lomba menulis flash fiction di grup Facebook Kartunet yang saya abadikan di new.hatiputih.blogdetik.com sebagai kenang-kenangan manis, alah lah.

Semoga berkenan untuk ditulis. Saya mereview tanpa diminta.

Ini semua ada beberapa orang yang memanfaatkan perkembangan internet dimana ada beberapa kota yang sudah menjadi smart city karena mendukung blogger dan atau menyediakan fasilitas wifi gratis.

Kota yang mendukung blogger adalah koto Bojonegoro. Kota yang sudah menyediakan wifi gratis yang pernah saya dengar adalah kota Depok.

Ha, bicara mengenai wifi gratis, saat acara Kartunetpun, saya menggunakan wifi gratis di Indosat.

Ga ada akses wifi? Kita saja yang buat dan berbagi kuota internet. Untuk cara buat dengan menggunakan hp android mudah kok. Sudah tahu caranya belum? Kalau belum bisa baca http://hatiputih.blogdetik.com/2016/01/06/cara-jadiin-hp-android-wifi.

Untuk menyupport blog, bisa juga disertai gambar dan juga video. Karena yang menikmati blog akan lebih enak apabila nyaman serta enak dilihat. Walaupun saya blognya kurang enak dilihat hehe.

Namun, saya kurang begitu suka menaruh gambar hehe.

Omong-omong, anonim bertanya kepada saya mengenai cara mengupload di Youtube itu bagaimana.

Untuk memposting di Youtube, masuk terlebih dahulu dengan akun gmail, kemudian, buka https://www.youtube.com/?hl=id&gl=ID, tab/cari upload, enter/klik, pilih file yang mau di upload/tarik geser, tunggu, isi judul dan deksripsi, cek list share dengan google plus dan atau twitter, pilih publikasikan, bisa langsung pilih publikasikan tanpa proses penguploadannya 100 %. Tunggu hingga 100%. Nanti akan muncul link downloadnya yang bisa di sharing lagi linknya.

Untuk foto kalau mau dimasukkan ke blog, dan kalau mau dari sumber lain, kita bisa melakukannya dengan memasukkan kata kunci di www.google.com, kemudian cari gambar.

Setelah itu, buka alat penelusuran, panah bawah cari hak penggunaan, enter, kemudian panah bawah cari sesuai selera.

Namun, kalau ingin menggunakan secara bebas, pilih dilabeli untuk digunakan ulang.

Kalau mau ambil yang terlihat di pc/netbook/laptop alias screen shoot sebagai gambar juga bisa. screen shoot itu apa? Bisa baca http://hatiputih.blogdetik.com/2016/01/05/mengenal-screen-shoot .

Akan lebih aman begitu, karena dulu saya tidak tahu. Karena gambar dan video haruslah original atau memiliki perizinan untuk dipergunakan.

Nah untuk memudahkan, kita bisa menggunakan aplikasi Internet download manager saat mendowload gambar dan video.

Saya sudah mencoba, Internet download manager aksesibel digunakan di Mozilla firefox dan google chrome.
Belum tahu mengenai internet download manager? Bisa baca di http://hatiputih.blogdetik.com/2016/01/06/berkenalan-dengan-internet-download-manager.

Oh ya, jangan lupa saat mengupload gambar, mohon tuliskan keterangan itu adalah gambar apa secara detail karena itu akan membantu pembaca yang tidak bisa melihat gambar dan juga membantu penyandang tunanetra sehingga bisa mengakses secara mandiri tanpa harus minta tolong ke orang lain.

Mengenai video dan gambar ini penting buat blogger atau pengguna blog supaya bisa diterima saat mengajukan diri untuk google adsense.

Supaya orang mengetahui tulisan yang dibuat oleh blogger atau marketer, sosial media dapat dimanfaatkan.
Kita bisa melakukan sharing di Wall Facebook pribadi, di wall grup-grup Facebook, di Twitter.  Yah sharing hanya untuk berbagi atau hanya untuk menunjukkan eksistensi diri.

Namun, kalau saya dari dahulu hingga kini juga nanti sharing baik di blog ataupun di media sosial bukan untuk pamer, bukan untuk eksistensi diri, bukan juga untuk ingin popularitas.

Perkembangan teknologi menyebabkan informasi berkembang dengan cepat. Seperti yang terjadi pada tanggal 14 Januri 2016 mengenai bom di Sarinah Thamrin yang katanya bunuh diri dan itu diunduh di media sosial.

Namun, bijaksanalah menggunakan sosial media.  Janganlah mencari musuh dengan berkata seenaknya, menertawakan orang lain, merendahkan orang lain, mencela orang lain, membully orang lain, mempermalukan orang lain, mengadukan dan menanyakan curahan hati malah menuntutnya dengan Undang Undang ITE, membohongi orang alias modus sehingga muncul beberapa kasus penculikan dan bahkan ada yang dibunuh, mengklaim orang dengan mudah terkena penyakit ini penyakit itu, mengklaim dengan mudah menjadi penyandang disabilitas mental, atau karena teknologi dan sosial media kita menjadi menjadi terpecah belah saling bermusuhan antar ras saling bermusuhan antar golongan, menjadikan curahan hati untuk menekan dan menusuk dengan menjadikannya sebagai senjata untuk menyerang orang tersebut.

Padahal, sudah jelas untuk mengadu itu ada hukumnya kalau di agama Islam, gitu juga di kode etik Psikologi dimana kerahasiaan klien dijaga.

Bijaknya disini, kalau ada orang mengeluh jangan ikut mengeluh dan melarang untuk mengeluh, akan lebih pintar dan bijak kalau bisa memberi solusi. Sehingga kitapun bisa bermanfaat untuk orang lain. akan lebih baik bila menengahi dan mendamaikan.

Bukan bermaksud menggurui hanya ingin berbagi pikiran saja di blog ini yang saya akses dengan menggunakan netbook yang mulai sember screen readernya, namun masih bisa dipergunakan Alhamdulillah.

Kalaupun tidak punya netbook/pc/laptop dan hanya ada hp android kita bisa blogging kok, yang saya tahu ada aplikasi wordpress dan blogspot.

Gitu saja deh, mohon maaf tulisannya ngalor ngidul. Hehe. Terima kasih sudah membaca, terima kasih sudah berkomentar. 


34 comments:

  1. Teknologi memang penting dan perkembangannya begitu cepat dan pesat. Namun, kita juga harus pinter2 menggunakan teknologi. Heh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tekologi penting dan perkembangannya begitu cepat dan pesat. Pinter menggunakannya itu gimana?

      Delete
  2. Memang saaat ini orang sudah tidak bisa jauh lagi yg namanya dengan internet. Terutama bagi masyarakat perkotaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ga bisa jauh dari internet terutama yang tinggal di perkotaan

      Delete
  3. Memang kok Blogger dari Bojonegoro kompak banget merekaa, sama halnya blogger Semarang, sehingga pernah denger kabar kalau sampai dilirik pemerintah setempat komunitas tersebut :D

    adibriza.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah blogger semarang berarti termasuk lbi dong ya?

      Delete
  4. Semangat, mbak. Barakallah. Jangan bingung mau nulis apa, karena apa aja bisa ditulis, hehe. Jadi sering kumpul juga sama komunitas-komunitas? Keren! :D

    ReplyDelete
  5. coba wifi gratis ada juga di desaku ini hehehe. perkembangan teknologi memang berperan penting dalam kehidupan di masa sekarang ya. Beberapa kegiatan jadi lebih mudah untuk dilakukan di mana saja. Tinggal klik selesai deh

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti desanya ada wifi gratis. Ya jadi mudah tinggal klik

      Delete
  6. teknologi kalau mendukung hal positif harus disyukuri ya mbak. yang sedih itu kalau teknologi bikin terlena seperti wi-fi gratis malah dipakai untuk anak-anak main game.

    @diah

    ReplyDelete
  7. serius, lagi gak sehat sempetin nulis juga ya, masyaAllah. semoga gak mengganggu segala aktifitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius ga sehat sempetin nulis juga, ga ganggu aktifitas lain kok tenang saja, saya bahkan barengi juga konsul laporan dan konsul tesis juga aktivitas lain :)

      Delete
  8. Tren blogger 2016 semakin menarik,, banyak blogger yang semakin rajin, semakin seru dan ramai.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tren blogger 2016 semakin menarik, oh gitu, asik dong ya makin seru dan makin ramai

      Delete
  9. perkembangan teknologi, semoga bisa kita manfaatkan dengan baik ya mbak. dan semoga juga nggak membuat kita 'manja' karena apa-apa dibantu oleh kecanggihan teknologi :)


    btw, salut buat mbaknya yang tetep semangat nulis. semoga kita selalu diberi kesehatan dan semangat selalu ya mbak :)

    @QuelleIdee07

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...
      semoga perkembangan teknologi bisa kita manfaatkan dengan baik dan tidak membuat kita manja.

      :)

      Delete
  10. Semangat-semangat, sepertinya sama seperti saya Mba, yang kadang sudak bingung mau nulis apaan di blog. Itulah kenapa blog saya masih campur-campur.
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm suka bingung juga ya mo nulis apa hmm

      Delete
  11. cepet sembuh ya, mba.

    emang banyak sih wifi gratis di jakarta. tapi aku masih ragu pakainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya makasi ya, ragu kenapa mba pake wifi gratis di Jakarta?

      Delete
  12. Ya, perkembangan teknologi memang membantu semua aspek kehidupan, termasuk ngeBLOG dengan beragam niche...

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  13. Teknologi yang berkembang pesat sangat membantu dalam berbgai hal,,,, semoga teknologi yang berkembang dapat dipakai untuk yang positif,,, khusunya dalam dunia blogging.. :)

    ReplyDelete
  14. ngeblog jadi lebih mudah kalo teknologinya semakin maju :D
    @aleksdejavu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngeblog jadi lebih mudah kalo teknologi semakin maju

      Delete
  15. Wah, ketemu lagi kita di LBI ya mbak.

    Betul mbak, tidak ada pc/laptop bukanlah sebuah alasan yang menghambat kita untuk berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya yah kita ketemu lagi di LBI. Betul

      Delete
  16. suka dengan pernyataan bahwa kita harus bijaksana.
    sebenarnya saya kurang suka dengan istilah "disable" dan "disabilitas" yang sering banyak orang gunakan. mereka bukan disable (tidak bisa) tapi mereka adalah orang-orang difable atau different ability atau orang-orang dengan kemampuan yang berbeda. karena mereka berbeda, mereka justru memiliki "kelas" yang lebih tinggi daripada orang kebanyakan. :)

    @f_nugroho

    ReplyDelete
  17. di sisi lain ada juga org yang bermain kotor di dunia blog juga, tpi selama kita mainya white, insyallah visitor buat blog pun akn naik,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm gitu, orang yang bermain kotor di dunia blog itu yang seperti bagaimana?

      oh selama mainnya white visitor bikin blog naik.

      Delete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...