Wednesday, January 20, 2016

Permainan masa kecil dulu

Permainan waktu kecil dulu ya?
Hmm……seingat saya tu, ada beberapa permainan.
Saat saya ulang tahun, dibelikan boneka kucing yang berbulu putih. Itu jadi mainan saya.

Dulu ada saya sempat membeli dan memainkannya. Yang saya beli itu :

Pertama, saya membeli kertas bergambar orang dan aneka baju yang dijual di abang-abang yang bisa dicopot dari kertas yang jadi satu kesatuan dimana gamabr orang, gambar aneka baju, tas.

Jadi saat membeli harus mencopotnya. Setelah itu, baju-bajuan dipasangkan ke gambar orang, jadi di kepalanya di cantolin kerah bajunya sehingga terlihat seperti orang berbaju.

Kedua, saya membeli satu buah bola bekel berwarna yang kalo hilang bisa membeli bola bekel tembus pandang. Bola ini awalnya saya beli bersamaan dengan 12 biji buah bekel.

Cara memainkan bekel adalah bola ditangan sebelah, 12 biji bola bekel ditangan sebelah. Setelah itu, permainan awal, bola dilempar tinggi, biji bekel dibuang, bola dilempar tinggi, biji bekel diambil satu-satu sampai 12 biji bekel keambil. Setelah itu ambil dua-dua, sampai kesebelasnya terambil. Biji bekel tidak boleh jatuh.

Setelah itu, permainan kedua pemain mengganti posisi biji bekel menjadi ada lekukannya satu persatu lalu diambil seperti diatas.

Setelah itu, permainan ketiga pemain mengganti posisi biji bekel menjadi ada lekukan datar satu persatu lalu diambil seperti di permainan awal. Nama posisinya itu ro kalo ga salah.

Setelah itu, permainan keempat, pemain mengganti posisi biji bekel ke posisi yang ada titiknya. Lalu diambil seperti di permainan awal.

Setelah itu, permainan kelima, pemain mengganti posisi seperti permainan kedua, namun disejajarkan, tangan jempol dan telunjuk melewati jajaran, posisi tidak boleh terganti.

Setelah itu, permainan kelima, pemain mengganti posisi seperti permainan ketiga, namun disejajarkan, tangan jempol dan telunjuk melewati jajaran, posisi tidak boleh bergesar.

Ketiga, saya membeli permainan ular tangga yang di belakangnya ada permainan lain apa ya namanya. Permainan ini menggunakan satu biji apa ya namanya, satu buah dadu yang ada matanya di keenam sisi, mata satu hingga mata enam.

Cuma, ular tangga dan belakangnya cara bermainnya berbeda.

Ular tangga, kita melempar dadu, kemudian biji digerakkan dihitung sesuai jumlah dadu. Apabila ada tangga, maka naik, apabila ada ular, maka buah turun, yang ngeselin itu saat mengocok dadu dimana buah ada di dekat finish jadinya ya maju mundur hehe.

Permainan di belakang ular tangga, kita melempar dadu, namun baru bisa berjalan apabila sudah keluar angka enam. Kemudian biji digerakkan dihitung sesuai jumlah dadu.

Keempat, congklak. Congklak adalah permainan di sebuah papan berlubang sama di kanan satu di kiri satu, di atas jumlah lubangnya sama dengan jumlah lubang di bawah.

Pemain bisa memilih mau memulai di kanan atau dikiri. Satu lubang kalau ga salah berjumlah 12 biji, pemain menaruhnya di lubang. Saat lubang terakhir kita menaruh biji terakhir dan diatasnya ada biji yang banyak, kita harus menembak atau mengambil biji itu dan ditaruh di lubang kanan/kiri tempat kita berawal. Sampai habis. Semakin banyak biji di lubang maka itulah pemenangnya.

Kelima, yoyo. Ini adalah sebuah benda bulat yang tengahnya ada tali, talinya digulung gulung disitu Dimana ujungnya diberi karet buat ditaruh di jari.

Tangan kita menggenggam yoyo, kemudian melepaskannya ke bawah atau ke samping. Kemudian tangan menariknya, maka yoyo akan naik turun.

Masih banyak permainan tradisional di zaman dulu seperti bermain lompat karet, petak umpet yang hebohnya bukan main, petak jongkok. Haduh kalo lari-larian saya ga kuat. Apalagi ya permainan dulu?

Oh ya ada permainan gundu yang dimainkan laki-laki, namun saya pernah sempat beli karena penasaran seperti apa bentuknya dan ingin memilikinya.

Oh ya ada permainan gasing.

Permainan ini tidak pernah diajarkan lagi ke anak-anak zaman sekarang, padahal dari sisi Psikologi, ini bisa mengedukasi untuk kebersamaan, kejujuran, kecekatan, ketelitian.

Permainan apa yang pernah dimainkan saat dulu kecil? Permainan apalagi ya yang belum disebut?

Di tulisan Mama Calvin dan tulisan Bunda Salfa ada informasi menganai giveaway, jadi….



"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Permainan Masa Kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa" 

22 comments:

  1. kalau gue dulu sering main kelereng... hahah seru banget pokoknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu, seru bangetnya itu kaya gimana kak?

      Delete
  2. yoyo, gasing, gundu dan ular tangga semua permainan ini pernah saya mainkan di masa kecil..
    keep happy blogging always...salam dari dari Makassar-Banjarbaru, selamat berlomba yaaaa..

    ReplyDelete
  3. permainan ular tangga itu masih ada sampai sekarang Mbak :)

    ReplyDelete
  4. aku dulu suka main congklak..karena gak punya, biasanya dengan melubangi tanah..dan pake batu kecil..kuku jadi dipenuhi tanah...

    ReplyDelete
  5. Saya selalu menang kalau main ular tangga dulu, haha...


    Terima Kasih sudah ikut GA saya dan mbak Lidya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha hebaat
      wah makasi uda berkinjung dan berkomentar, sungguh kehormatan bagi saya :)

      Delete
  6. saya suka kalah kalo main ular tangga :D

    ReplyDelete
  7. Saya dulu suka main kelereng, tiga2, dll. btw agan udah pernah main gobagsodor lum tuh? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh dulu mas Bayu suka main kelereng, tiga2. Gobagsodor kayaknya belum pernah main, kaya apa tu mainnya?

      Delete
  8. saya gak pernah bisa main yoyo, tapi anak laki2 saya udah pintar main yoyo :)

    ReplyDelete
  9. semua permainan diatas aku tauu, cuma ada yg ga pernah ikutan main, apalagi bareng cowoo main yoyoo

    ReplyDelete
  10. semuanya aku mainkan juga jaman kecil :) Terima kasih ya sudah berpartisipasi

    ReplyDelete
  11. Aku main semuanyaaaa apalagi bekel.. bolanya direndem minyak tanah dulu biar gede hehehehe

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...