Wednesday, February 18, 2015

Review Akuntansi Manajerial


Judul Buku : Akuntansi Manajerial
Penerbit : Salemba Empat
Terbit : 2008
Isi : 2 jil., 578 halaman
ISBN : ISBN 979-691-276-7 (Jilid lengkap) dan ISBN 979-691-277-5 (Jilid I).

Buku ini cocok untuk akuntan dan pebisnis. Di dalamnya terdapat bagaimanakah klasifikasi biaya dalam laporan keuangan, klasifikasi biaya untuk memprediksi perilaku biaya, kualifikasi untuk pembebanan biaya ke obyek biaya, klasifikasi biaya untuk pembuatan keputusan, perhitungan harga pokok produksi dan laporan laba rugi, laporan biaya kualitas dengan grafik dan manfaatnya, cara melakukan perhitungan biaya berdasarkan pesanan, perhitungan biaya berdasarkan pesanan dalam perusahaan jasa, mendiagnosis perilaku biaya dengan metode Scattergraph, ada alasan mengapa dibuat format baru dalam kontribusi laba rugi, bagaimana gambaran umum perhitungan biaya variabel dan perhitungan biaya penyerapan, dan beberapa hal lainnya.

Untuk pebisnis, perlu diketahui bahwa setiap organisasi baik besar maupun kecil memiliki manajer karena harus ada orang yang bertanggung jawab untuk membuat perencanaan, mengelola sumber daya, mengarahkan karyawan, dan mengendalikan operasi.

Dalam buku ini di bab awal, menggunakan organsasi Good Vibration, Inc untuk ilustrasi. Good Vibration menjalankan gerai ritel yang menjual lengkap berbagai CD musik dengan gerai yang terpusat di wilayah Pasifik seperti Sydney, Singapura, Hong Kong, Beijing, Tokyo, Vancouver, dan British Columbia.

Good Vibration menemukan bahwa metode terbaik untuk melakukan penjualan dan menghasilkan laba adalah dengan menciptakan lingkungan belanja yang menyenangkan dengan memfokuskan aktivitasnya untuk merancang tata letak dan dekorasi toko.

Manajemen mengetahui bahwa pelanggan memiliki ketertarikan yang berbeda terhadap jenis musik, jadi rak disesuaikan dengan jenisnya. Rak khusus musik rok dirancang dengan dekorasi tegas, grafik berwarna terang dan lorong yang sempit untuk kesan ramai dan sesak.

Manajer Good Vibration juga melakukan 3 kegiatan utama yakni perencanaan (pemilihan serangkaian aktivitas dan spesifikasi bagaimana aktivitas akan dilakukan), pengarahan dan pemberian motivasi (meliputi aktifitas menggerakkan orang untuk melaksanakan aktivitas yang sudah direncanakan dan menjalankan kegiatan rutin) serta pengendalian (meliputi aktivitas untuk memastikan perencanaan telah dilaksanakan dan disesuaikan dengan kondisi yang ada dan lingkungan yang selalu berubah).

Laporan-laporan akuntansi keuangan disiapkan untuk kebutuhan pihak eksternal seperti pemegang saham dan kreditor, laporan akuntansi manajerial disiapkan untuk manajer di dalam organisasi.

Akuntansi keuangan bersifat wajib dan harus dilakukan, dan akuntansi manajerial bukanlah suatu keharusan karena ini adalah pilihan dari pertanyaan "Informasi apa yang berguna?" daripada "Informasi apa yang harus disusun?". 

Tidak ada badan pengatur atau pihak luar yang memiliki kewenangan yang mengatur apa yang harus dikerjakan. 

Organisasi terbangun dari sekumpulan orang yang membuat manajemen harus mencapai tujuan dengan bekerja melalui orang.

Pimpinan perusahaan seperti Good Vibration tidak dapat melaksanakan seluruh strategi atau misi dengan bekerja sendiri.

Organisasi harus memilih metode perhitungan biaya dan itu akan berdampak terhadap manajer. Marry O' Meara menentang perhitungan biaya penyerapan dengan berkata "Perubahan biaya overhead pabrik tetap antarperiode dapat membingungkan dan menyesatkan atau bahkan mengakibatkan pengambilan keputusan yang salah".

Manajer mungkin bertanya-tanya mengapakah dengan perhitungan biaya penyerapan laba bersih operasional meningkat tajam di tahun 2 sementara penjualan sama dengan tahun sebelumnya. Apakah itu adalah hasil dari harga jual yang lebih rendah? Operasi yang lebih efisien? atau karena faktor lainkah? 

Manajer tidak mampu menjelaskan hanya dengan melihat laporan laba rugi perhitungan biaya penyerapan.

Sekian dulu review dari saya, masih banyak yang menarik sebenarnya, review ini terjadi karena kebetulan nemu buku di ruangan kelas nih tadi sambil nunggu buat LBI sama nyantai dengan me time. Dah dulu yah, kita akan bertemu di review-review lainnya. Terima kasih.

2 comments:

  1. Wah...saya menyimak saja mak..soalnya ini udah kelas berat, ilmu bagi yang bergelut dibidang keuangan dengan jumlah triilyunan...lha saya mengelola uang recehan dari suami je.... :) salam kenal....dari jogja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu
      salam kenal juga dari Depok mak....

      Delete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...