Saturday, February 7, 2015

Review Hikmah Kegagalan


Dalam buku Hikmah Kegagalan terdapat kisah dan sesuatu hikmah. Kisah-kisah dimana tangan-tangan gaib bertindak. Kisahnya yakni
  1. Hotel Hilton (Kisah hotel yang dirintis oleh Conrad Nicholson Hilton dimana ayahnya telah mengalami kerugian dalam bisnis, keadaan ini didukung dengan semasa resesi pada tahun 1907 uang sulit diperoleh dan dengan uang simpanannya, COnrad pergi ke stasiun kereta api untuk mengiklankan bisnisnya dengan memasang tarif US $1 dengan pelayanan ramah disertai dengan 1 buah kamar yang bersih dan hidangan makanan yang dimasak oleh ibunya. AKhirnya Conrad sukses mengelola hotelnya sendiri dan selepas era Resesi ekonomi, Hilton terus terlibat dalam bisnis apa saja yang bisa diceburi dan membangun jaringan Hotel Hilton sehinnga menjadi sebuah organisasi yang dihormati dalam memberikan layanan ramah dan paling baik di dunia)
  2. Kim Dae Yung (Pada masa kecil tidak pernah mengenyam pendidikan formal baru setelah ibu bapaknya pindah ke Mokpo baru dapat mengenyamnya namun pada akhir Perang Dunia II semua sekolah ditutup sehingga ia terpaksa harus merintis bisnis perkapalan. Ia mengawali karirnya di Politik dengan mencalonkan diri menjadi Presiden yang mengantarkannya pada ancaman akan dibunuh sebanyak 5x, dipukuli diculik, dipenjara 6 tahun, diasingkan 10 tahun, semakin dianiaya ia semakin populer. Suatu ketika ia dijatuhi hukuman mati karena dianggap pengkhianat namun nyawanya selamat ketika Amerika Serikat membelanya sehingga hukumannya diperingan menjadi seuur hidup dan diasingkan di Amerika Serikat. Akhirnya ia terpilih menjadi presiden dan berhasil memulihkan perekonomian Korea Selatan yang hancur karena perang, dan ketika Korea dilanda krisis ekonomi ia memimpin begara keluar dari krisis ekonomi sejak Perang Dunia walaupun pernah sempat terpaksa menerima bantuan dari IMF)
  3. KFC (KFC didirikan oleh Kolonel Harland D. Sanders. Sebelum itu terjadi ada kisah mengenai Kolonel Harland D. Sanders, Ayahnya meninggal ketika ia berusia 6 tahun sehingga ia terpaksa menjaga adik-adiknya yang masih kecil. Ia mendirikan sebuah terminal layanan yang menyediakan masakan istimewa kepada para pelanggan ayam goreng namun pada tahun 1939 bisnisnya sedang terpuruk dan nyaris bangkrut. Tanpa putus asa, ia mendirikan sebuah motel dan restoran dengan gaya baru dimana siapapun yang ingin menggunakan telepon umum atau hendak ke toilet wanita harus melalui replika kamar motelnya namun ketika ada jalan baru sehingga oranag tidak melewati motelnya lagi dan ini mengakibatkan tingkat hunian Motel merosot dan terpaksa melelang semua bisnisnya. Ketika berusia 55 tahun, ia hidup dibawah tanggungan dinas sosial. Namun ia berencana mencari segmen pasar baru yang sesuai. Satu harta yang paling bernilai adalah resep rahasia yang diberi nama "ayam goreng Kentucky". Pada tahun 10956 Ia berhasil meyakinkan belasan restoran guna memasak dan menjual ayam goreng Kentucky dan sebagai royalti ia dapat 4 sen setiap potong yang terjual. Ia lalu memuati mobil pikap model 1946 dengan 50 resep ramuan bumbu dan sebuah periuk untuk ditawarkan ke orang yang mau membeli waralaba resepnya. Menjelang 1960, 400 restoran di Amerika dan Kanada telah menyediakan ayam goreng Kentucky dan dalam 4 tahun jumlah penjualan meningkat menjadi 650 restoran dengan omset penjualan US $37.000.000.
  4. dan lainnya yang masih ada dan menarik untuk dibaca seperti Matsushita, McDonald, Michelle Yeoh, Pen Parker, Kertas Coklat Lekat Catatan "Post-it", Novel The Scarlet Letter, Tun Daim, UPS, Pil Viagra, Wringley, Film 20 Dates.
Dari kisah-kisah diatas,  kisah Anda atau kisah orang lain. Tidak ada yang perlu untuk dirisaukan dan dikecewakan. Sewaktu Anda kecewa, Anda akan cenderung mengannggap bahwa Anda telah gagal.

Seorang filsuf ysng bernama Croseus berkata pada Raja Parsi "Tuanku, hamba pun telah diperingatkan dan mengambil pelajaran dengan sepenuh hati. Bahwasannya terdapat sebuah roda di mana urusan manusia senantiasa berputar, dan dari segi mekanismenya ia menghalangi siapapun dari senantiasa bernasib baik."

Dr. Sidnet Newton Bremer berkata "Dunia berteriak kepada kaum laki-laki dan perempuan supaya menunjukkan sifat-sifat asli mereka dalam menghasilkan sesuatu yang etrbaik yang mampu mereka lakukan. Tampil ke depan dan keluar dari kepompong kehidupan yang serba membelenggu untuk menjadi orang yang percaya diri sendiri, bukannya takut sesuatu yang belum pasti. Mereka harus keluar sebagai pemimpin yang meninggalkan tanda jasa".

Dan ketika Anda berada di jabatan tinggi gimana? Fred Astaire berkata "Semakin tinggi jabatan Anda semakin banyak kesalahan yang bisa dibenarkan. Apabila mencapai jabatan tertinggi, sekiranya Anda masih banyak membuat kesalahan, maka akan dianggap sebagai gaya Anda".

5 comments:

  1. Mantap review-nya Mbak.. Memang dibalik kegagalan itu semestinya kita bisa bijak mengambil hikmahnya agar tak terjebak dgn kisah kegagalan itu sendiri..

    ReplyDelete
  2. yap, review yang cukup lengakp.
    hmm, berani gagagl itu baik :)

    ReplyDelete
  3. Berani gagal itu baik, gagal terus-terusan itu gak boleh nyerah, coba lagi, cari jalan baik yang lain :))

    Salam,
    Senya

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...