Saturday, February 14, 2015

TI, Industri Kreatif dan ST3Telkom

Teknologi informatika (IT) merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi untuk kita baik itu orang awam, sekolah, orang tua, organisasi dan industri.

Yah sebagai contohnya adalah penggunaan handphone, netbook, laptop, email, jejaring sosial, smartphone, Line, yahoo messanger dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Di industry, biasanya menggunakan komputer, jaringan, akses internet, telepon, printer, daftar hadir karyawan dengan menggunakan mesin sidik jari, mengirim dan menerima email. Namun, ada beberapa industry yang menggunakan IT secara khusus, salah satunya adalah industry kreatif.

Indsutri kreatif sudah lama mendukung dan membantu banyak negara-negara khususnya Negara kita tercinta, Indonesia dalam pertumbuhan ekonomi kreatif dan lainnya.

Di Inggris, industri kreatif tumbuh rata-rata 9% per tahun, dan jauh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi negara itu yang 2%-3% dan telah menyumbang pendapatan nasional mencapai 8,2% atau US$ 12,6 miliar dan merupakan sumber kedua terbesar setelah sektor finansial yang melampaui pendapatan dari industri manufaktur serta migas.

Di Korea Selatan, industri kreatif sejak 2005 telah menyumbang lebih besar daripada manufaktur. Dan Di Singapura ekonomi kreatif menyumbang 5% terhadap PDB atau US$ 5,2 miliar.

Di Indonesia sendiri bagaimana?

Oh iya.

Yang termasuk ke dalam industry kreatif adalah periklanan, arsitektur, desain, film dan fotografi, video, permainan interaktif (game) baik offline maupun online, televisi, penerbitan, radio, percetakan, riset dan pengembangan, layanan peranti computer dan piranti lunak.

Teknologi informatika melalui peranti kerasnya telah menjadi pendukung dalam mengolah data, memproduksi distribusi, meriset pasar, promosi baik melalui adsense yang biasa dipasang oleh para blogger, melalui iklan, melalui media cetak, melalui iklan di televisi, radio dan atau iklan melalui jejaring sosial.

Selain itu, teknologi informatika berkontribusi pada bidang dalam industry kreatif. Misalnya dalam bidang desain, teknologi informatika membantu desainer dengan adanya program adobe photoshop, corel draw dan beberapa aplikasi lainnya.

Dalam bidang Arsitektur, Teknologi Informatika membantu dalam dokumentasi lelang, konservasi bangunan lelang, membuat rancangan, melakukan perhitungan dengan aplikasi salah satunya adalah dengan Microsoft Excel, mencetak biru bangunan dan informasi produksi seperti perencanaan biaya produksi seperti salah satunya adalah bahan yang digunakan dalam pembangunan.

Dalam bidang Dunia Fesyen, penggunaan Teknologi Informatika salah satunya adalah membuat batik cap dan membantu industry garmen dalam memproduksi produknya dengan cepat.

Dalam bidang permainan kreatif, Teknologi Informatika sangat berperan mulai dari pembuatan website, pendaftaran akun untuk main game, penyimpanan data game, maintenance game, chatting dalam game, grafik dalam game baik itu model 2 dimensi hingga dimensi-dimensi yang lebih tinggi, penggunaan emosi dalam game.

Dalam bidang musik, Teknologi Informatika berperan dalam membuat lagu, mempublish dan memperomosikan musik.

Dalam  bidang kesenian, Teknologi informatika berperan dalam pentaan cahaya, penataan music, periklanan, siaran, dubbing suara, perapihan film.

Dalam bidang penerbitan dan percetakan, Teknologi Informatika membantu dalam mencetak media massa dalam jumlah banyak dan cepat, membantu periklanan, membantu pemasangan artikel.

Dalam bidang riset dan pengembangan, Teknologi Informatika membantu dalam mengambil data, mengolah data, menyimpan atau merekam hasil wawancara, menciptakan alat baru seperti sedkit contohnya adalah pembuatan mobil ASEMKA, pembuatan I-blind, prototype GPS. Masih banyak riset dan pengembangan lainnya, apa sajakah yang Anda ketahui?

Dalam bidang pertelevisian dan radio, Teknologi Informatika membantu dalam menyusun iklan, membuat tampilan akhir setiap film berakhir apa tu namanya? Selain itu, Teknologi Informatika juga membantu untuk menampilkan iklan, membuat Adzan, menyiarkan melalui gelombang frekuensi yang dikirim dan ditangkap melalui teknologi.

Dalam layanan piranti dan computer, Teknologi Informatika bisa berbentuk jasa layanan computer, jasa ketik, jasa servis, jasa penjualan piranti kelas, jasa penjualan software, analisis system, desain arsitektur piranti lunak, desain portal, pemasangan jaringan.


Dalam bidang komunikasi apalagi, coba tebak apa hayo? Ada beberapa sudah disebutkan diatas loh. Ya betul ada telepon, email dan jejaring sosial. Selain itu apa lagi?

Andapun bisa mendirikan industry kreatif sendiri dengan menggunakan konsep technopreuner ataupun konsep lainnya. Salah satu caranya bisa dengan mengikuti pelatihan technopreuner yang benar, membaca buku motivasi, membaca buku bisnis dan terus mengembangkan baik diri maupun usaha Anda. Maka kemungkinan, sukses bersama Anda!

Oleh karena manfaat yang begitu banyaknya dan juga adanya peluang lapangan pekerjaan, maka berdirilah Sekolah Tinggi Telematika Telkom yang disingkat dengan ST3Telkom pada tahun 2012 di Purwokerto, Jawa Tengah.  

ST3Telkom memiliki visi dan misi.

Visinya adalah
Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di bidang Teknologi Telematika dan membentuk insan yang berkarakter di Indonesia.
Dan Misinya adalah

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dibidang Teknologi Telematika yang berkualitas.
  2. Meningkatkan kinerja institusi dengan menerapkan sistem penjaminan mutu Perguruan Tinggi.
  3. Membentuk insan yang berkarakter dengan meningkatkan kompetensi soft skill.

Setelah ST3Telkom berkembang, maka kini ada studi baru yakni S1 Teknik Telekomunikasi dan S1 Teknik Informatika.

ST3Telkom juga menawarkan beasiswa yang diberikan oleh PT. Telkom, Tbk; Yayasan Sandykara Putra Telkom (YSPT), Kopertis Wil. VI, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Adapun beasiswanya adalah beasiswa prestasi baik akademik maunpun non akademik dan beasiswa bantuan belajar mahasiswa yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi dari mahasiswanya. Untuk informasi lebih lanjut bisa membuka link http://st3telkom.ac.id/ dan mencari menu beasiswa.

Sumber referensi :
http://arif-dani.blogspot.com/2012/01/peran-industri-kreatif-dalam.html
http://st3telkom.ac.id/
https://www.academia.edu/3823751/PERAN_TEKNOLOGI_DALAM_INDUSTRI_KREATIF_INDONESIA
http://www.esaunggul.ac.id/article/peran-teknologi-informasi-dalam-dunia-komunikasi/
http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/11/25/nfldyp-teknologi-informasi-kebutuhan-industri-kreatif

Tulisan ini diikutsertakan dalam

No comments:

Post a Comment

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...