Monday, January 5, 2015

Trend ngeblog 2015

Blogger adalah istilah untuk penulis blog. Blogger sudah menjadi trend bagi beberapa kalangan tertentu. Perkembangan blog sedikit terangkat semenjak adanya peristiwa Pemilu di tahun 2014 ini.
Trend Blogger pada tahun 2015 akan berdampak luar biasa sekali, soalnya kita akan memasuki AFTA 2015 atau dikenal juga dengan perdagangan bebas ASEAN.

Selama ini, penggunaan blog adalah untuk mencari uang baik melalui hanya sekedar tulisan, menjadikan tulisan di blog menjadi sebuah buku ataupun menjual produk bisnis yang sedang dijalankan oleh orang yang menggunakan blog ini. Hal inilah yang membuat blog menjadi membumbung tinggi. Meskipun, ada juga, pengguna blog yang hanya sekedar lewat di blog umum untuk menghabiskan waktu luangnya dan tidak bersedia untuk di bayar karena sudah menjadi passion-nya.  

Adapun, blog umum yang cukup dikenal adalah detik, blog, blogspot, dan lain sebagainya. Akupun juga sempat mengenal pada sekitar tahun 2013 dan mengenal kembali pada awal tahun 2014 pada kartunet yang merupakan komunitas blog yang didirikan oleh sekelompok tuna netra, ini bikin aku kagum, kereeen..

Awalnya, ada perlombaan menulis yang diselenggarakan oleh @Lomba_Menulis. Niatku hanyalah untuk memenangkan kompetisi karena aku sama sekali belum pernah mencetak prestasi yang bisa membanggakan kedua orang tuaku. Dari perkenalan itulah, aku mulai menulis. Entah kenapa, aku merasakan suatu sensasi disana. Menulis di blog itu begitu menyenangkan! Dan aku ketagihan!

Dari situlah aku mencoba mengikuti lomba blog yang terus berlangsung hingga kini, meskipun frekuensinya tidaklah terlalu sering karena harus membagi waktu dengan aktivitas yang lain. Dalam menulis blog, aku harus pelan-pelan karena kadang kala menjadi terhambat karena aturan yang masih belum bisa aku ikuti. Itu semua butuh proses. Bagaimana dengan perjalananmu?

Proses perjalananpun bisa menjadi tulisan di blog. Perjalanan hidup, ataupun perjalanan yang dilakukan hanya untuk melepaskan penat atau perjalanan yang Anda dilakukan karena senang atau hobby berjalan-jalan alias travelling. Apalagi apabila Anda berjalan di suatu daerah yang belum pernah diketahui keindahannya, budayanya dan sesuatu yang akan menarik bagi orang lain.

Aku punya ide! Gimana kalau blog dipergunakan sebagai curriculum vitae sehingga pekerja hanya tinggal memberikan link kepada perusahaan atau perusahaan yang akan mencari pekerja sesuai dengan kompetensi dan potensi yang dimilikinya melalui blog? Seru ga sih jadi trend blogger 2015 tersendiri?

Perusahaan akan menilai individu melalui prestasi yang pernah ditulisnya di blog atau dapat mengenali pelamar dari tulisannya. Tapi ya terserah sih.

Atau yah, kemungkinan juga akan menjadi alternatif untuk para pengangguran atau pekerja yang memilih untuk berhenti bekerja atau diberhentikan bekerja dan memilih untuk membuka bisnis akan memanfaatkan trend blogger 2015 untuk meneruskan hidupnya dan mengembangkan dirinya dengan belajar dari pebisnis yang telah sukses sebelumnya.

Oh iya, blogger tidak hanya bisa memanfaatkan blog untuk menulis. Tapi juga bisa memanfaatkan jejaring sosial dan komunitas blog untuk mempopulerkan blognya atau hanya sekedar “Nih baca, aku udah buat sesuatu loh!”.

Yah, sebagai salah satu dari contohnya adalah kita sebagai pengguna blog bisa mempublikasikan tulisan dengan membuka akun Twitter lalu melakukan mention link blog ke @updateblog, mention link blog ke @Warung_blogger dan ke yang lain dan disesuaikan dengan aturannya masing-masing.  

Gitu aja deh dari Saya, nah kalau Anda adalah seorang blogger apa yang akan dilakukan? Menjadi pengguna blog? Menjadi pebisniskah? Atau yang lainnya? Mau dimanfaatkan apa hayo Trend Blogger 2015? 

61 comments:

  1. Selama mendatangkan manfaat, tetep nulis :)

    ReplyDelete
  2. nanti rejeki akan datang sendiri dengan kita ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya? Rezeki datang sendiri? Aku belum pernah soalnya. Menarik!

      Delete
  3. Dengan ngeblog hoby bisa tersalurkan :)

    ReplyDelete
  4. Dengan ngeblog hoby dan inspirasi bisa tersalurkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu. Inspirasi tuh seperti apa?

      Delete
    2. Inspirasi itu sebuah pikirin yg terbentuk dari ide yg cemerlang yg akan mendatangkan manfaat untuk orang lain, begitu menurutku, hehe

      Delete
  5. Ide menarik tuh, memjadikan blog sebagai CV yang terus di Update, tapi bahaya juga sih kalau hal terkecil dalam kehidupan kita juga ikut terekspos. :-) Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih,
      ada ide ngga supaya itu jadi aman?

      Delete
    2. Gampang saja sih, tinggal bagaimana kita memilah mana informasi yang bersifat pribadi dan mana yang boleh di Publish.

      Intinya : Pintar Berbagi.

      Delete
    3. oh gitu pintar berbagi ya? memilah informasi ya? tapi ini bukannya bersifat subyektif?
      contohnya bagaimana?

      Delete
  6. Setuju kalau blog dijadikan lampiran CV. Ada yang bilang tulisan dapat menilai kepribadian seseorang lho Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asyik!
      Iya ^_^,
      ada salah satu ilmunya yang bernama Grafologi

      Delete
  7. Awal nya, saya cuma pengen nulis tanpa mikir ada fee atau hadiah apa yang akan di dapat, tapi karena sering BW dan nemu Blog yang ngadain Giveaway jadi makin termotivasi jadikan tulisan untuk lahan rezeki haha, intinya sih mana yang baik aja selagi tulisan masih berkualitas dan kita pun enjoy :D #curcol hehe :p

    ReplyDelete
  8. Tren ngeblog 2015 ku sih ada hal unik, ada hal inspiratif langsung tulis Hehe. Ada event, ada moment spesial langsung tulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu,
      momen special? aih so sweet banget tuch

      Delete
  9. yang penting tetep semangat dan konsisten ngeblognya, kalo emang rejeki nanti ketemu jalannya =:D

    ReplyDelete
  10. Iya nih udah mulai aja mau AFTA. Ga kerasa ya. Hehe.
    Bagus juga tuh blog jadi curriculum vitae, tapi eh nantinya malah kayak catatan pribadi gitu, ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga berasa ya
      wah asyik ada yang dukung lagi blog di jadikan CV!
      bisa jadi, terserah dari si penulis bagaimana meraciknya, apakah mau dijadikan catatan pribadi atau bagaimana....

      Delete
    2. Iya dong. :D
      Biasanya malah mengarah untuk diary tuh, hehe.. tapi tergantung penulisnya juga sih ya..

      Delete
    3. iya emang, tapi menurutku mengarah ke diary juga seru loh! di luar negeri ada tempat khusus untuk ini. menurut mbak seru ga sih kalau mengarah untuk diary gitu?

      Delete
    4. Wah ya? asyik nih.
      Seru banget malah. Tapi ya diary yang biasa aja,lah. jangan sampai mengekspos rahasia gitu *eeh :D

      Delete
    5. iya sih tergantung orangnya.

      Delete
  11. ternyata banyak hal yang melatarbelakangi kita ngeblog. setiap dari kita punya alasan masing masing. semangat

    ReplyDelete
  12. Kalau aku sih sekedar berbagi meskipun ada sedikit upaya untuk menghasilkan uang lewat blog. Tapi itu hanyalah sebuah bonus karena aktif menulis di blog.

    ReplyDelete
  13. Yang terpenting konsisten dalam ngeblog hehe. Dulu juga sama saya baru ngenal blog tiba-tiba iseng mengikuti lomba hanya untuk mengukur seberapa jauh. Tapi kalau sering mengikuti kompetisi kita akan terus terbiasa dilatih dan mengetahui kekurangan kita hehe

    semangaBLOGt, hehe

    ReplyDelete
  14. Awal mula mengenal blog itu, karena gebetan punya blog, kalau sekarang lebih fokus menulis apa yang ingin di tulis aja .
    Mba, aku juga suka ngikutin lomba nulis di blog lumayan untuk bahan tulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. o gitu,
      iya...
      suka ngikutin lomba nulis apa saja dan dimana mbak?

      Delete
  15. Sekarang kebanyakan blogger ngeblog karena emang pengen cari duit sepertinya. :)

    ReplyDelete
  16. Kemaren saya nyoba tuh, kirim lamaran trus ane tulisin kalau ingin kenal lebih dalam bisa menghadiri blog saya... he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu, seru dong.....terus gimana tuh?

      Delete
  17. unik juga tuh kalo blog dijadiin CV, aku juga kalo ngirim lamaran selalu nyantumin alamat blog hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, oh gitu, dulu sih aku gitu, sekarang sudah ngga....

      Delete
  18. Wah, menarik sekali jika blog personal kita dijadikan CV, tapi sepertinya cuma sebagai pendukung (dilampirkan di file CV). Yaa, semoga saja banyak perusahaan yang peka dengan peran blogger. :)

    @IfanAndriP - www.ifantastis.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semoga nanti ada yang bisa buat menarik sehingga bukan jadi file pendujung cv tapi saling dukung
      Amin

      Delete
  19. Ada juga yang dari hobinya terus ditulis ke blog

    ReplyDelete
  20. yang terpenting sama2 menciptakan konten yah mbak, bukan hanya sekedar penikmat saja.

    ReplyDelete
  21. Setuju banget kak, jadi mereka bisa menilai kita juga dri berbagai segi

    ReplyDelete
  22. kayaknya lbh menjanjikan ngojek ngonline drpd ngeblog skr

    ReplyDelete
  23. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  24. terimakasih gan tentang infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...