Wednesday, January 21, 2015

The Nature Conservancy Program Indonesia

The Nature Conservancy Program Indonesia adalah program yang diadakan oleh organisasi The Nature Conservacy yang disingkat dengan TNC dalam membantu Indonesia. TNC sendiri, selain membantu negara kita, Indonesia, TNC juga membantu 35 negara lebih untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia tanpa mengorbankan keberlanjutan alam bagi generasi saat ini dan mendatang dengan cara mendorong nilai penting alam, mempercepat transformasi di bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan melalui serangkaian kegiatan pengelolaan kawasan lindung, konservasi spesies penting, dan pemberdayaan masyarakat (http://www.nature.or.id/tentang-kami/misi-visi-dan-nilai-nilai-kami/index.htm).


Misi
Misi TNC adalah melestarikan daratan dan perairan yang menjadi sandaran bagi semua kehidupan.
Bersama-sama, kami mempromosikan nilai alam dan membantu memicu perubahan transformasional dalam konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya alam untuk kepentingan manusia dan alam.

Visi
Visi kami adalah mewariskan kehidupan alam yang berkesinambungan bagi generasi mendatang.
Sebuah Indonesia yang sejahtera tempat kebutuhan masyarakat dan keberlanjutan alam berada dalam keseimbangan untuk generasi sekarang dan akan datang.

Dalam melakukan visi dan misi tersebut, The Nature Conservancy Program Indonesia bekerja  di bentang darat, bentang laut dan perikanan.

Di bentang darat, The Nature Conservancy Program Indonesia melakukan upaya dalam melestarikan hutan dengan membantu menciptakan dan menerapkan kurilulum konservasi yang dimulai dari Taman Nasional Lore Rindu, memperkuat pelibatan masyarakat dalam tata kelola sumberdaya alam yang berkelanjutan yang sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat, mendukung upaya konservasi spesies yang terancam punah, terutama orangutan, melalui penelitian ilmiah, kebijakan, dan tata kelola yang baik, menampilkan pendekatan yurisdiksi dalam pembangunan hijau di tingkat kabupaten, mendukung upaya-upaya pemanfaatan sumberdaya alam secara berkelanjutan, terutama oleh industri HPH dan perkebunan kelapa sawit, membangun contoh dan pendekatan untuk tata kelola kawasan yang dilindungi, terutama hutan lindung dan ekosistem yang penting (http://www.nature.or.id/tentang-kami/cara-kerja-kami/bentang-darat/index.htm).

Di bentang laut, The Nature Conservancy Program Indonesia mengelola sumeberdaya laut secara lestari melalui Inisiatif Segitiga Terumbu Karang dengan cara memanfaatkan ekosistem laut dan pesisir, untuk mengurangi kerentanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim, menggunakan pendekatan ilmiah dan partisipatif, untuk menyelaraskan pemanfaatan ruang laut dengan memperhatikan kebutuhan pembangunan sosio-ekonomi, kepentingan konservasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, mendorong pariwisata dan perikanan masyarakat yang bernilai ekonomis, bertanggung jawab secara sosial dan ramah lingkungan, mendorong perlindungan dan pemulihan terumbu karang, hutan bakau, padang lamun dan habitat alami lainnya melalui pembentukan dan pengelolaan kawasan konservasi perairan laut secara efektif (http://www.nature.or.id/tentang-kami/cara-kerja-kami/bentang-laut/index.htm).

Untuk perikanannya sendiri, karena adanya patroli pada Bank ikan membuat ikan jadi semakin banyak dan wilayah perairan laut dapat terkelola dengan baik.


Sumber gambar : http://www.nature.or.id/


Ini berguna untuk meningkatkan eco wisata, dan beberapa aspek lainnya karena mengembangkan Indonesia dalam menghadapi AFTA 2015 dimana semua Negara akan bersaing satu sama lain secara sehat.

Dalam meningkatkan eco wisata, bangsa Indonesia sendiri sudah melakukan riset, dan kegiatan lainnya bersama organisasi WWF, organisasi lainnya dan juga Individu yang mungkin Anda juga termasuk.

Apa yang sudah Anda lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dari bangsa kita sendiri, Indonesia? Mungkin Anda tidak berbuat banyak, atau mungkin Anda telah banyak berkontribusi.

Untuk Anda yang tidak berbuat banyak, sedikit saran dari aku adalah mari kita bantu bangsa Indonesia dan The Nature Conservancy Program Indonesia dengan memulainya dari hal yang kecil dan terdekat Anda, aku kasih pilihan yah bisa dengan cara memberikan training berupa ilmu dan atau skill kepada orang lain, memberikan donasi kepada yang berhubungan dengan misi ini, menanam tanaman di pot atau di kebun Anda, menanam pohon kecil di hutan, tidak membakar hutan dan atau lading, memberikan informasi misalnya melalui sms atau media lainnya misalnya jejaring sosial, bbm dan lain sebagainya. Atau Anda bisa bisa bergabung dengan The Nature Conservancy Program Indonesia.



No comments:

Post a Comment

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...