Monday, February 29, 2016

Provider internet dan saya

Halo semua, selamat datang di tulisan saya. Tulisan ini untuk Liga Blogger Indonesia 2016 yang sudah masuk pekan delapan yang temanya adalah internetku, temanya bisa dibaca di http://ligabloggerindonesia.blogspot.co.id/2016/02/pekan-kedelapan-liga-blogger-indonesia.html.

Saat ini, saya menggunakan provider MyRepublic yang dulu saya dapatkan saat mengikuti seminar blogging, jadi mereka memberikan brosur harga, terus ternyata dipasang oleh orang rumah nih. Hehe. Namanya rezeki ya unik juga.

Adapun seminar bloggingnya bisa dbaca di http://blog.detik.com/blog/hatiputih/post/edit/381//.

Kami berganti dari provider TelkomSpeedy yang mohon maaf kinerjanya memburuk, bikin pengguna tidak nyaman, kalau boleh menyarankan untuk Speedy, Telkomsel harus meningkatkan kinerja karyawannya dengan melakukan intervensi di perusahaannya.

Saat kita melapor ke call centerpun kurang memuaskan, di oper dengan mesin buat ke operator saja mesti buang pulsa, jawabannya pun seringkali kurang memuaskan, dikasih jawaban copy paste seperti robot atau malah ga ada solusi sedikitpun. Nanya ke DM ditanya sesuatu yang saya tidak mengerti mengenai kode, lah saya awam bukan anak IT.

Karena tidak nyaman, bikin pengguna marah terus berpindah ke provider bersaing deh, rugikan? Harusnya bikin nyaman, bukan malah mikir ah rejeki mah ga kemana.

Logikanya si kalau banyak yang tidak nyaman, terus marah pasti banyak yang pindah provider daaan lambat laun provider akan tutup atau terancam bangkrut. Hal ini patut diperhatikan oleh semua provider, semoga saya tidak diadukan apalagi dengan UU ITE ya. Karena maksud cuma ingin lebih baik saja.

Jadi, kami memutuskan untuk berganti provider yakni ke myrepublic. Terkadang suka tidak ada jaringan, namun lumayanlah daripada speedy.

Yang aneh tuh, saat menggunakan netbook, mungkin karena netbooknya sudah tua kali ya jadi wifi suka ilang terus suka tidak ada koneksi padahal ada tapi di HP Android saya bisa gunain wifinya.

Soal biaya, di http://hatidanpikiranjernih.blogspot.co.id/2016/02/teman-ngeblog-saya.html saya salah karena nulis 200 ribu, karena setelah cek di https://myrepublic.co.id/harga-internet-dan-tv-kabel/ ga ada hehe, saya lupa beneran bukannya bohong.

Paket internet yang ada di website si, sayang ya ada informasi yang tidak terbaca screen reader, namun gambaran paketnya ada :
  1. (50Mbps, membayar Rp.259.000 sebulan, download up to 50Mbps, Upload Up to 25Mbps, Gratis Basic Wi-Fi).
  2. (50Mbps, membayar Rp.279.000 sebulan,  download up to 50Mbps, Upload Up to 25Mbps, Gratis Basic Wi-Fi).
  3. (100Mbps, membayar Rp.299.000 sebulan, download up to 100Mbps, Upload up to 50Mbps, gratis basic wi-fi).
  4. (150Mbps, membayar Rp.399.000 sebulan, download up to 150Mbps, dan upload up to 150Mbps, gratis basic Wi-fi).
  5. (300Mbps, membayar Rp.899.000 sebulan, download up to 300Mbps, Upload up to 150Mbps, gratis basic Wi-fi).


Seluruh paket termasuk gratis 23 saluran TV lokal dengan membayar biaya sewa HD Entertainment Box sebesar Rp.50.000 sebulan, router wi-fi (setiap paket internet pilihan anda sudah termasuk basic Wi-fi router untuk kenyamanan berinternet).

Yang saya gunakanpun lupa yang mana hehe, seingat saya ya 200 ribu. Tapi salah ingatan, yah maklumlah manusia kan bisa lupa.

Saya jadi teringat sesuatu karena pernah membahas ini dua kali, satu di grup FB kartunet dulu banget tu, satu di suatu tempat yang menanyakan soal provider.

Terkadang, saya menggunakan Telkomsel di HP Android dengan memaketkannya melalui menu T-Sel Menu, One Stop Info terus keluar delapan pilihan, pilih tiga untuk paket internet, biasanya saya pilih nomor dua yakni paket FLASH.

Namun saya jarang maket internet karena mahal, yah maklumlah sebulan dijatah 50 ribu sebulan, kalau setiap hari dipaketkan gimana? Mana cukup? Mendingan menggunakan yang gratisan.

Ini jadi tantangan untuk menggunakan paket internet, karena harus melihat kemampuan keuangan, kuota dan juga kebagusan dalam jaringan.

Soal kuota, biasanya sudah dipaketpun tidak cukup, misalnya memaketkan 15MB untuk sehari, biasanya di kurang. Apalagi, kalau paketnya di sharing/tathering buat digunakan di netbook saya.

Saya jadi teringat saat dulu itu. Pada saat Liga Blogger Indonesia menawarkan menghadiahkan pulsa, saat memaketkan internet lalu di share ke netbook, kuotanya sudah habis padahal baru sebentar ngeblog dan ngeshare di sosial media.

Soal kebagusan internet, saya dulu pernah mencoba beberapa provider sih. Dari M2 yang akses internetnya menurun jadi lambat kalau sudah mau mendekati habis waktu, Telkomsel, XL, Indosat, 3, modem Telkom, Telkom speedy yang sudah saya ceritakan diatas.

Yang terbaik dan terburuk tidak ada menurut saya karena semua memiliki kekurangan dan kelebihan. 

Yah maklumlah kan yang membuat kan manusia, pasti ada keterbatasan. Dan kenyamanan itupun setiap orang bisa berbeda-beda.

Soal internet, saya pernah menggunakannya di warnet (warung internet).

Dulu, saya adalah pengguna warnet (internet). Inget banget deh saat dulu main game online sendirian pernah juga bareng temen-teman hehe sampai sampai semua pada teriak karena karakter pada mati karena ada Dark Lord alias pemimpin monster di suatu game online wekekeke.

Ya sudah deh gitu aja, kita ke bahasan berikutnya.

Adapun tips dan trik menggunakan internet adalah :
  1. Lihat kemampuan kita membayar
  2. Terkait nomor satu, cari informasi mengenai harga paket internet
  3. Banyak membaca mengenai review orang mengenai provider
  4. Gunakan sesuai kebutuhan
  5. Jangan membuka link spam karena nanti bisa kena virus spam
  6. Berhati hati dengan orang di dunia maya, baik di jejering sosial, di toko online, dan di game online karena banyak orang jahat, tukang tipu, walaupun masih ada juga sih orang baik
  7. Gunakan internet untuk hal yang positif seperti berkarya, silaturahmi, membantu orang, dan lainnya, mohon jangan digunakan untuk stalking atau mencari kesalahan orang lain dengan bertanya dibelakang atau mengadukan pengguna internet sehingga menyuruh orang tualah, mengadu sehinnga aduan dan pertanyaan membuat keributan atau bisa membuat putus silaturahmi.
  8. Awasi penggunaan internet pada anak, karena dulu saya sering sekali di warnet dikerumunin oleh anak-anak yang heran karena saya wanita sendirian yang main game online hehe.


Yup sekian tulisan saya mengenai provider internet, saya dan warnet. Kalau kamu? Apakah ada pendapat mengenai ini?




20 comments:

  1. Sempet gondok saat Diva Channel dihapus sama Indihome, apalagi pas seru-serunya nonton MKR. Pengen ganti provider lain tapi gak ada yg nayangin DIva hehehe. Saya penggemar acara masak MKR dan FTVnya Hallmark yg suka disiarkan di DIva soale hehe. Yowes lah nambah 40 rb, ngalaaah, demi Divaaa hehehe :P

    ReplyDelete
  2. saya pake three mbak. cuma pakai ponsel jadi ga butuh yang besar-besar

    @diahdwiarti

    ReplyDelete
  3. Saya dan internet tidak bisa dipisahkan, meskipun beragam provider

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  4. baru tahu ada MyRepublic. hee

    @gemaulani

    ReplyDelete
  5. Wah, terima kasih, Tips singkatnya bermanfaat :-D

    ReplyDelete
  6. oke juga. tapi di tempat saya tidak ada myrepublic. jadi pakai nomor-nomor tsel, indosat, atau sejenisnya :D

    ReplyDelete
  7. Ooo... ��������

    Myrepublik, note. Ajukan proposal ke Pak Suami buat langganan

    ReplyDelete
  8. Iya sp**dy semakin menurun kinerjanya. Ditambah provider seluler berlomba2 menawarkan paket data yg lbh murah, sehingga tak heran kini makin ditinggalkan


    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...