Tuesday, February 2, 2016

Pengalaman internet sehat saya

Berinternet sehat sering saya lakukan dengan membagi artikel, informasi di grup whatsapp, grup Facebook.

Foto/print screen sharing informasi di grup Facebook IT Nusantara


Dari situ, saya bisa bertukar cerita, bertukar informasi, saling memanfaatkan internet sehat sehingga merasakan manfaat dari yang namanya silaturahmi.

Dulu, di grup facebook komunitas perduli skizofrenia saya sering mengedukasi bahwa penyebab schizophrenia itu multi factor dimana bisa karena guna guna karena orang yang sakit hati, gangguan neurotransmitter dan lain sebagainya dimana dapat ditangani dengan multi cara sesuai dengan kecocokan dari penyandangnya.

Karena kalau dibilang hanya bisa ditangani dengan obat, tidak juga, karena selama ini saya dari tahun 2012 sampai sekarang tidak meminum obat psikotropika atau obat dari psikiater.

Di grup grup difabel mental sering didapati orang bertanya apakah saya terganggu jiwanya? Atau orang yang ada di dalamnya jadi menghakimi dirinya terganggu jiwa hanya karena jawaban ya kamu terkena, ciri cirinya. Atau menghakimi bisa karena hanya membaca artikel atau kata orang.

Jadi itulah dulu alasan masuk ke grup, selain jadi merasa tidak sendirian. Selain itu, untuk memotivasi kawan kawan penyandang difabel mental dan difabel fisik, saya mencoba untuk membagi informasi mengenai lomba lomba supaya mereka bisa berkarya, berprestasi dimana saya sendiri juga berusaha.

Usaha itu saya gunakan dengan adanya internet positif dari adanya blog sehingga saya bisa mengikuti kompetisi, lomba, liga blogger Indonesia, give away.

Selain itu, sering juga saya gunakan untuk curahan hati. Ini bisa menimbulkan efek positif yakni pikiran jadi ga memendam masalah sehingga bisa membuat pikiran kemana-mana, takutnya mengambil keputusan yang salah yakni menuduh, mengadu domba, bunuh diri.

Terkadang, ada yang memberikan saran. Namun, internet positif akan berasa begitu, apalagi kalau sarannya tidak memaksa, tidak menjatuhkan, tidak menggurui, tidak menghakimi atau tidak berkomentar sambil marah marah apalagi sampai mencela.


Internet positif berasa banget saat ada yang berkomentar positif walaupun keadaan apapun kondisinya. Sehingga orang bisa bangkit dan termotivasi dalam menjalani manis pahitnya kehidupan.


14 comments:

  1. Betul sekali.. Internet sebaiknya digunakan utk yg baik2 saja.

    ReplyDelete
  2. aplikasi WhatsApp bukan Whatsup :)

    ReplyDelete
  3. Semua tergantung kita sebagai pengguna internet, mau dipake ke arah positif atau negatif. Dan aku setuju banget dengan gabung dalam komunitas, kita bisa menyebarkan hal2 positif melalui dunia maya

    ReplyDelete
  4. Pokoknya tidaj sedang mengadu domba yaa.. :)
    Tetap ditanggapi secara positif biar nggak jadi pertengkaran. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, soal tanggapan positif mah tergantung dari perilaku orangnya juga kk, kalau ditanggapin negatif pake mara mara, menertawakan terus segala yang negatif, makanya sebagai komentator juga komentarnya ya yang positiflah jangan seenaknya juga maunya berkomentar negatif tapi ditanggapi positif.

      Delete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...