Wednesday, March 16, 2016

Review Website Unsyiah

Selamat datang di blog saya, beberapa saat yang lalu saya mendapatkan informasi mengenai lomba blog yang bisa dibaca di http://library.unsyiah.ac.id/syarat-dan-ketentuan-lomba-blogger-unsyiah-library-fiesta/.

Saya jadi penasaran untuk membuka link-link yang ada. Kenapa? Ya, saya mau tahu apakah link websitenya user friendly (ramah dan nyaman dipergunakan apa tidak) dan juga mau tahu apakah link ini aksesibel dipergunakan dengan menggunakan screen reader JAWS.

Bukan mau mencari cari aib/kesalahan, namun mencoba mencari tahu kekurangan untuk diperbaiki karena setiap aplikasi/website pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

Ini kesempatan emas bagi saya untuk mereview website, karena pernah dulu ketika mencoba memberikan saran dan keluhan ke CEO website yang ada malah dijawab ketus, “Diam-diam aja seperti yang lain, nikmati popularitas.”.

Dan baru saja beberapa saat yang lalu saya dikritik dan diprotes karena mereview blog/websitenya tanpa seizin yang punya dan akan lebih baik disampaikan di tempat saran dan kritik serta tidak dipublish karena bisa menimbulkan pencitraan yang buruk/cacat terhadap website dan produknya.

Kegunaan/manfaat dari website adalah memudahkan kita berkomunikasi, mencari informasi, mendapatkan informasi.

Nah, kembali ke link yang telah disebutkan diatas, ada beberapa link yang akan saya bahas yakni http://library.unsyiah.ac.id/, http://etd.unsyiah.ac.id/, http://uilis.unsyiah.ac.id/, http://jurnal.unsyiah.ac.id/

Pertama, kita akan membahas mengenai http://library.unsyiah.ac.id/. Disitu, ketika saya mencoba dengan Jaws ada menu-menu yang terbaca. Nah seperti ini tampilan print screennya :



Menunya itu ada home; profil yang ada menu sejarah, visi dan misi, struktur, jenis layanan, fasilitas, jam layanan, sertifikasi; koleksi; layanan elektronik yang isinya ada menu lagi seperti local content yang ada e-theses and discussion serta menu lainnya, journal & teks (disini kalau kita mau mencari jurnal/ebook pdf maka akan dihantarkan pada link lagi karena disitu ada beberapa pilihan seperti Proquest dan Springer Link; kegiatan (ada menu galeri photo, raker dan retreat; library channel yang ada pustaka TV (namun saat buka pustaka TV kok kosong ya? Tidak ada apa-apa) seperti ini tampilan print screennya



Di print screen ada Pustaka TV, cari berita, share this, TVnya mana ya?

Selain itu ada menu Reinstra yang ada didalamnya ada menu download reinstra yang sayang saat saya coba buka tidak terbaca oleh screen reader itu pdfnya dan saya juga tidak dapat melihat pdfnya karena tampilannya gelap seperti ini karena netbook diseting high contrast karena mata saya tidak kuat untuk melihat dalam setingan normal dan kalau saja Jaws/screen reader bisa membaca maka ini sangat membantu saya dan juga pengguna seting yang sama untuk tampilannya bisa dilihat pada print screen dibawah ini 



dan menu terakhir adalah lomba ULF yang saat ini ada informasi mengenai lomba blog, lomba video, lomba foto dan lomba selfie contest.

Kedua, http://etd.unsyiah.ac.id/, seperti ini print screennya



menu menunya si kebaca sama Jaws. Menunya ada home, login, register, help, thesis, dissertasi, skripsi, search for keyword namun saat ditab disini kenapa ada bunyi tut tut sejenak, abis help saat ditab juga gitu bunyi tut tut dulu baru bilang Syiah logo, abis advance di tab juga gitu tut tut sejenak terus bunyi read box and templates link. Terus disitu juga ada judul-judul karya ilmiah.

Saya mencoba membuka http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=19893 yang judul penelitiannya WILLINGNESS TO PAYMASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN PARKIR ELEKTRIK DI KOTA BANDA ACEH. Enak sih disitu karena kita bisa meminta isi penelitian karena disitu hanya ada abstraksi.

Abstraksi biasa dipajang ditiap link-link Universitas sehingga isi dari skripsi/tesis/disertasi tidak dapat diakses secara online/diminta sehingga harus ke perpustakaan yang seringkali untuk masuk perpustakaan harus membayar apabila bukan mahasiswa/i Universitas, mengcopy pun ada batasan-batasan yang belum lagi harga foto copynya yang lebih mahal apabila dibandingkan dengan foto copy diluar, dibawa keluarpun tidak boleh.

Nah, apalagi kalau kondisi penglihatan saya yang sudah lama kesakitan apabila melihat tulisan di kertas, mencari relawan baca susah, sekalinya dapat omongannya tidak enak baik di depan ataupun di belakang.

Coba ya semua universitas seperti ini, mengizinkan orang untuk mengunduh pdf penelitian secara keseluruhan dari abstraksi, bab 1, bab 2, bab 3, bab 4, bab 5, daftar pustaka. 

Jadi ini akan mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah/menyelesaikan laporan/mengerjakan tugas akhir seperti skripsi/tesis/disertasi, peneliti yang mau mengembangkan penelitian sebelumnya, atau orang biasa untuk belajar antar lintas daerah/wilayah, antar fakultas dengan menggunakan gadget netbook/laptop/pc/Hp.

Asyik bukan kalau bisa belajar dari kejauhan?


Disitu ada Form Literature Searching Service (LSS) yang isinya kita diminta untuk mengisi data seperti nama lengkap, email, nomor telepon, instansi, NIM apabila mahasiswa/dosen/pegawai Universitas Syiah Kuala, judul, judul terbitan (buku/jurnal/yang lainnya), penulis, edisi, alamat bahan yang diisi link web URL dari materi/artikel, dan deksripsi permintaan.

Untuk teknologi ada lagi penelitiannya di http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=19938 yang judulnya PERANCANGAN DAN PENERAPAN ALGORITMA 4DES UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN FILE REKAM MEDIS.

Ketiga, http://uilis.unsyiah.ac.id/, seperti ini gambar print screennya



Pada link tersebut, Jaws membaca header slash dasah tiap ditab dari contact us sampai about us begitu semua. Opac … header slash dasah open catalogue link, ditab terdengar portal Uilis ETD, saya cut aja yak arena ada terdengar portal uilis terus tapi disitu ada e-journal, google URL perpustakaan unsyiah, Unsyiah union catalogue, open acces Unsyiah, jurnal terakreditasi,  serial jurnal, e-book, pustaka TV, ISO, youtube perpustakaan, reader searching service, dan disitu ada juga melinkkan ke jurnal di website lain seperti salah satunya adalah springer.

Saya mencoba ISO, disitu ada :


    01. Penitipan Barang di Loker
    02. Tata Cara Registrasi Online Mahasiswa S-1
    03. Tata Cara Registrasi Online Dosen dan Karyawan
    04. Tata Cara Registrasi Kartu Anggota Mahasiswa S-2 dan S3
    05. Pencarian Koleksi Melalui Opac
    06. Peminjaman Buku
    07. Pengembalian Buku
    08. Pepanjangan Pinjaman Buku
    09. Tata Cara Pembuatan KTA Hilang
    10. Denda Buku Terlambat
    11. Pencarian ETD
    12. Pencarian OPAC Serial
    13. Tata Cara Akses Portal Aplikasi Perpustakaan
    14. Tata Cara Pendaftaran Online VPN Untuk Mahasiswa
    15. Tata Cara Pembuatan Account VPN Dosen
    16. Tata Cara Setting VPN
    17. Tata Cara Pendaftaran Online Kelas Literasi Informasi
    18. Tata Cara Upload TGA Mahasiswa Melalui ETD
    19. Penyelesaian Permasalahan Login Pengguna Web ETD
    20. Tata Cara Compress PDF
    21. Tata Cara Peminjaman CD
    22. Tata Cara Pengembalian CD

Jadi ISO itu kurang lebihnya adalah tata cara/aturan di perpustakaan Universitas Syiah Kuala.

Keempat, http://jurnal.unsyiah.ac.id/ seperti ini print screennya



Delink keempat, ada home, about, login, register, categories, search, e-journal Unsyiah, open journal system, journal help, username, language yang bisa dipilih bahasanya yakni bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, search, scope, font size, cuman di sebelum view journal, current issue, register saat ditab apa ini?

Saya coba buka satu, terbuka http://jurnal.unsyiah.ac.id/AIJST. Disitu ada Aceh International Journal of Science and Technology.

Aceh International Journal of Science & Technology (AIJST) diterbitkan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (Unsyiah PP) dan Tanah Indonesia Asosiasi Ilmu (Himpunan Ilmu Tanah Indonesia, Korda Aceh).

Penerbitan ini ditujukan untuk mengidentifikasi, pemetaan, pemahaman, dan menafsirkan tren baru dan pola dalam ilmu & teknologi pengembangan terutama dalam negara-negara Asia serta bagian lain dunia. Upaya jurnal untuk menyorot ilmu pengetahuan dan teknologi pengembangan dari perspektif yang berbeda.

Tujuannya adalah untuk mempromosikan penyebaran yang lebih luas dari hasil usaha ilmiah menjadi subjek yang lebih luas pengetahuan dan praktek dan untuk membangun sarana komunikasi yang efektif antara lembaga akademik dan penelitian, pengambil kebijakan, lembaga pemerintah dan orang yang bersangkutan dengan masalah yang kompleks sains & pengembangan teknologi.

Jurnal adalah jurnal peer-review. Keputusan penerimaan dibuat berdasarkan proses kajian independen yang didukung oleh proses yang ketat, memberikan evaluasi konstruktif dan cepat naskah diserahkan, memastikan bahwa hanya karya intelektual dan ilmiah dari kontribusi terbesar dan signifikansi tertinggi diterbitkan.

Jenis Publikasi :
jurnal akan diterbitkan dalam bentuk cetak maupun online versi (elektronik).

Isi :
AIJST menerbitkan konseptual dan penelitian makalah asli, review makalah, laporan teknis, studi kasus, laporan manajemen, resensi buku, catatan penelitian, dan komentar. Hal ini terkadang akan keluar dengan isu-isu khusus yang ditujukan untuk topik penting mengenai isu-isu pembangunan ilmu pengetahuan & teknologi.

Lingkup :
Mulai dari tahun 2016 AIJST berfokus pada aspek sains dan teknik, dan karena itu sekarang AIJST sedang mempertimbangkan topik namun tidak terbatas pada:
    Engineerings (kimia, sipil, mekanikal)
    Geologi
    ilmu lingkungan
    Angkutan
    Hidrologi & Klimatologi
    Oseanografi & Ocean pemodelan
    matematika
    Fisika
    Teknologi Informasi

Makalah berurusan dengan Life Sciences terutama topik ilmu hewan akan dipertimbangkan dan diterbitkan di Aceh Journal of Animal Science (Ajas) jurnal saudara dari AIJST (http://jurnal.unsyiah.ac.id/AIJAS)

Tidak ada biaya (sepenuhnya gratis) untuk publikasi di AJST.

Dari website, kita bisa mengetahui informasi mengenai Universitas Syiah Kuala yang ada di Aceh tanpa harus ke Aceh jadi bisa melintasi waktu, lintas daerah, hemat biaya untuk makan, transportasi dan akomodasi penginapan serta biaya lainnya yang mungkin saja bisa muncul.


Sekian review dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf, terima kasih atas ketersediannya untuk membaca tulisan ini.

6 comments:

  1. Isi blognya kebanyakan tentang review juga yah.

    ReplyDelete
  2. renstra pdf nya nmpak jelas kok..
    mungkin krn layar background-nya kamu yg warna hitam semua makanya nggak kelihatan jd nya...
    begutu jg dgn Pustaka TV-nya (kl tempat saya yg keliatan layar kotak lg error)..
    mgkn kliatannya kl lg di kawasan pustaka aja *mungkin

    coba layar background-nya di ubah sebentar.. mgkn bakalan keliatan..

    tdk bermaksud menggurui, hanya sekadar memberi tahu yg saya lihat.
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk pengetahuannya kak, mohon maaf kak, masalahnya saya tidak bisa melihat layar backgroundnya walaupun cuma sebentar dalam posisi normal/yang biasa orang lihat/mbak lihat saat ini karena kalau melihat dengan mode begitu, mata saya sakit dan kepala saya pusing yang rasanya sakit hingga belakang

      Delete
  3. Keren reviewnya...
    Semoga sukses

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...