Monday, March 14, 2016

Pengalaman saya dan pendapat mengenai undangan blogger

Selamat datang di blog saya, kali ini saya mau menulis untuk tema pekan 10 Liga Blogger Indonesia 2016 dimana temanya bisa dibaca di http://ligabloggerindonesia.blogspot.co.id/2016/03/pekan-kesepuluh-liga-blogger-indonesia.html#more.

Yup, tema kali ini adalah mengenai undangan blogger.

Undangan blogger ada beberapa macam, ada undangan mengikuti suatu acara, ada undangan untuk mengikuti lomba blog, dan ada juga undangan untuk datang menghadiri acaranya yang bisa juga disertai dengan pengumuman lomba blog.

Berbagi sedikit pengalaman karena saya dulu pernah beberapa kali diundang acara untuk blogger, tapi nanti dulu, karena ingin menulis sesuatu.

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya untuk mbak Tanti Amelia yang dulu sering mengundang saya untuk mengikuti acara yang selalu di publish di event di grup facebook kumpulan emak-emak blogger.

Namun tidak semua dapat saya ikuti karena harus mendapatkan izin bersetujuan untuk ikut karena dulu sempat diminta kalau tidak penting ya tidak usah, serta saya pikir karena terganggu penglihatan jadi kurang enak kalau pergi karena akan lebih cepat bagi saya berjalan dengan dituntun orang serta bisa memejamkan mata karena kepala pusing apabila terkena cahaya, melihat gerakan.

Mungkin karena tidak pernah datang, akhirnya tidak diundang lagi sama mba Tanti, mbak, undang saya lagi dong, walaupun saya tidak bisa berjanji untuk datang, namun kalau bisa datang kan asyik.

Tidak semua undangan saya tolak, karena dulu pernah ikut acara launching advan X7 yang sempat terpikir oleh saya yah kali saja bisa dapat HP dari Advan, dan Alhamdulillah dapat beneran. Yang ini disertai dengan mendapat power bank Advan dan juga uang karena sudah hadir dan uang yang sisanya didapat setelah mereview acaranya, serta mendapat makan gratis disana. Alhamdulillah.

Terus adalagi undangan seminar blogging, nah disana saya mendapat makanan ringan gratis, dan pulangnya mendapat gelas, topi, brosur My Republic, dan juga tumpangan pulang gratis dari salah seorang peserta. Alhamdulillah.

Dulu, saya pernah juga mendapatkan undangan dari IPB untuk pengumuman pemenang lomba blog yang diminta konfirmasinya apakah bisa datang atau tidak dan diminta untuk menginformasikan apabila mau datang bersama pendamping.

15 Februari 2016, saya mendapat undangan dari PT Bina untuk mengikuti lomba blog Marina, nah karena ada undangan tersebut, maka saya bisa mengikuti lomba blognya.

Tanggal 7 Maret, saya mendapat telepon dari PT Solusindo untuk hadir dalam acaranya yang diselenggarakan pada tanggal 10 Maret kemarin di FX Senayan. Di undangan melalui telepon, saya dijelaskan bahwa aka nada perkenalan dengan Office 365 dan pengumuman lomba pemenang lomba blog mereview Office 365. Yang membuat saya tertarik adalah pengumuman lombanya dan teknologinya.

Pada tanggal 10 Maret, saya mengikuti acaranya, disana, saya minum teh manis panas tiga gelas secara gratis dan mendapatkan sebuah flashdisk Toshiba 8GB karena menjawab pertanyaannya serta sempat kaget juga karena mendapat lagi sebuah flashdisk Toshiba 8GB. Alhamdulillah rezeki.

Selain itu, saya mendapatkan undangan dari peserta yang datang tanggal 10 tersebut dalam sebuah grup WA. Dari situ, saya mendapatkan email yang direview di http://hatiputih.blogdetik.com/2016/03/13/mengoptimasi-seo, teman teman bisa mendownload dan mendistribusikan apps blogwalking otomatis secara gratis di http://pichernenko.web.id/download-aplikasi-blogwalking-otomatis/.

Namun, reviewnya belum bisa saya publish karena ada kendala pada saat mengirim email serta harus memenuhi jani saya untuk mengirimkan reviewnya dan direview kembali, semoga bisa dikirim reviewnya sesegera mungkin.

Beberapa saat yang lalu, saya membuat undangan lomba blog yang bisa dilihat juga di blog ini yang menjadi postingan bebas beberapa saat lalu dan selain itu, saya mendapatkan undangan untuk mengikuti lomba blog yang informasinya bisa dibaca di https://m.facebook.com/events/802250533212700?refid=18&__tn__=%2As.

Saya harap, kedepannya, bisa mendapat undangan lagi untuk mengikuti lomba, atau mengikuti suatu acara yang dibayar untuk ongkos pulang pergi dengan makan gratis serta dapat mereview acara dan atau mereview aplikasinya tanpa harus dibatasi untuk aturan harus begini begitu untuk mereview.

Nah, dari pengalaman diatas, dapat saya simpulkan ada keuntungan dan kerugian dari undangan blog.

Adapun, keuntungannya adalah :
  1. Makan dan minum gratis, walaupun snack ringan/coffe break
  2. Silaturahmi yang ini bisa mendapatkan ilmu, atau rezeki lainnya atau sebaliknya kita yang memberi
  3. Mendapat souvenir
  4. Mendapatkan uang/dibayar kalau diundangannya disebutkan dibayar


Adapun, kerugiannya adalah :
  1. Mengeluarkan uang kalau undangannya tidak disebutkan dibayar
  2. Membuat malu orang lain karena ada cerita pengalaman kalau ada blogger yang menyembunyikan atau meminta makanan untuk dibungkus pulang, atau membuat malu karena blogger ribut soal gimmick/souvenir yang bisa dibawa pulang, kenapa harus mengharap itu?
  3. Memutus silaturahmi apabila undangan tidak dihadiri karena terkadang undangan itu ada kuota atau batasan pesertanya yang harus dipenuhi oleh panitia dan pengundang acara serta karena perilaku manusia (Psikologi) pada yang telah disebut diatas.


Yup itulah keuntungan dan kerugiannya. Menurut saya, blogger perlu diundang karena blogger bisa berfungsi sebagai reporter acara sehingga kami dapat memberikan informasi mengenai acara, membantu mempromosikan produk/teknologi yang sedang dibuat/dikembangkan oleh perusahaan/organisasi/individu sehingga itu bisa menguntungkan bagi perusahaan karena bisa berfungsi menjadi marketing secara tidak langsung tanpa blogger harus melakukan proses jual dan membeli barang/jasa dari perusahaan, membantu mendapatkan saran dan kritik dari sudut pandang yang berbeda beda dari para blogger dan para komentator mengenai acara/produk barang atau jasa/aplikasi, yah minimal mengenalkan kepada orang lain baik untuk blogger ataupun pembaca dimanapun dia berada.

Nah, sekian dulu, kalau kakak-kakak apakah pernah mendapatkan undangan blogger? Kalau pernah pengalamannya apa? Apa keuntungan dan kerugiannya untuk kakak? Lalu menurut kakak, kenapa harus mengundang blogger?



26 comments:

  1. Belum pernah dapat undangan blogger... soalnya masih awam.hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku sekali doank dateng, Mba. Acara kopdar Blogger Muslimah

    ReplyDelete
  3. Kadang ada lomba blognya jugaa.
    @ririekayan

    ReplyDelete
  4. Hallo, mba Tyaseta. Saya juga baru beberapa kali datang ke undangan blogger. Itupun dapat dari komunitas. Hehee. Salam kenal, mba

    ReplyDelete
  5. aku beberapa kali dapat undangan blogger juga baik dari komunitas ataupun dikirim langsung ke email pribadi. asik dan seru. dapat pengalaman dan kenalan baru. yang pasti jadi tambah semangat ngeblog juga.

    @Penovediah

    ReplyDelete
  6. Asyik ya, dapat undangan gitu. Mau juga dong. Hahaha. :D

    @epatyci16

    ReplyDelete
  7. Kemarin smpai ada yang ribut-ribut soal makanan itu ya, Mbak.. Belum pernah dapet undangan sih, jadi belum bisa ngerasian keseruannya. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Elisa sampai ribut ribut soal makanan, saya saja malu bacanya apalagi melakukan perilakunya. oh gitu

      Delete
  8. aku belum pernah mbak :(
    pasti seru ya kalo bisa ikutan

    ReplyDelete
  9. Sering dapat undangan dan beberapa gak bisa dihadiri karena antara lain ya nggak bisa bawa anak dan juga jauh :)

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  10. Wuaahh..mba Tyaseta sudah malang melintang dan banyak undangan blogger bahkan menuai sukses. Nice :)

    ReplyDelete
  11. Waah mba Tyas sudah sering di undang. Pasti seru ya mba? :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
  12. Nah, ternyata lawan duel saya kali ini sudah berkali-kali lipat lebih senior dari saya, saya belum pernah diundang sama sekali. hehe, semangat mbak

    @Leon_Sps

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu hehe ah berkali kali lipat ga juga kok biasa saja mas Liu

      Delete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...