Friday, May 22, 2015

Review UMeetMe

Teknologi semakin maju, kemajuan teknologi bisa diakses oleh orang normal maupun tunanetra baik yang low vision ataupun total yang sudah merupakan hal yang biasa di Indonesia maupun di dunia. Salah satu teknologi yang ada dinamakan UMeetMe.

UmeetMe itu apaan sih? UmeetMe adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Telkomsel. Anda bisa mendownloadnya di http://umeetme.id/ untuk gadget kesayangan Anda. Adapun gadget yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah Android, Windows, Apple Iphone dan Apple  Ipad. Untuk android bisa juga buka link http://cms.umeetme.id/FILES/umeetme_installer_v1.5_20140902.exe.

UmeetMe adalah aplikasi video conference berbasis internet dengan fitur-fitur terlengkap dan mudah digunakan. User tidak hanya dapat melakukan video conference namun juga dapat berkolaborasi dengan fitur-fitur modern terlengkap seperti Virtual Whiteboard, Animation Powerpoint, Presentation Tools, Sharing Dekstop dan lainnya. Sehingga aktifitas video conference anda dapat lebih interaktif dan menyenangkan.

UMeetMe menghadirkan teknologi terkini yang memberikan keunggulan dibanding aplikasi sejenis dalam hal : Pembelian dan Pembayaran secara online di UMeetMe.id  (pengguna bisa memilih paket layanan dan lakukan pembayaran via kartu kredit, ATM dan Potong Pulsa), mudah digunakan Kapan Saja dan Dimana Saja (dapat diakses dari Laptop dan Smartphone berbasis windows), konsumsi Bandwith Internet yang Rendah  (Kualitas video VGA pada BW 100kbps dan dapat berjalan cukup nyaman di jaringan 3G), fitur Kolaborasi terlengkap  (Virtual Whiteboard, Animation Powerpoint, Presentation, dll.), aplikasi Video Conference yang lebih stabil  (Packet Loss Tolerance sampai dengan 35%, dapat berjalan pada koneksi internet yang tidak stabil).

UMeetMe telah dilengkapi oleh Fitur-Fitur Video Conference & Collaboration terlengkap antara lain:
1.     Scheduling Conference
2.     Virtual Whiteboard
3.     Animation Presentation
4.     Sharing Dekstop, Application & Co-Browser
5.     Send File
6.     Message Chatting
7.     Online Voting
8.     Conference Control (MCU)
9.     Record Conference

UMeetMe cocok untuk mendukung aktifitas pekerjaan dan pribadi seperti melakukan Telemeeting (Meeting jarak jauh),  e-Learning, e-Blusukan, Conference dan lainnya.

UMeetMe hadir sejak akhir 2013 dan didukung penuh oleh PT.Telkom yang sangat berpengalaman dalam bidang usaha Penyedia Jasa Telekomunikasi yang terkemuka dan terbesar di Indonesia. Seperti apakah tampilan aplikasi UMeetMe?

Beginilah tampilan UMeetMe di HP Android



Saat masuk, Anda akan diminta untuk mengisi nomor telepon, password. Lalu tekan login.

Untuk komputer, setelah mendownload, maka akan muncul pilihan bahasa ada Inggris, Turki dan lainnya. Aku mencoba klik ok, muncul tampilan box seperti ini 

Saya memilih next, lalu I agree, next, next, install sampai muncul run UMeetMe
Muncullah box seperti dibawah ini




Anda akan diminta untuk memasukkan user id dan password. Aduh belum punya user ID terus bagaimana? Ada pilihan I want to get a UMeetMe ID.

Setelah pilih pilihan tersebut, maka akan muncul



Dengan pilihan Get a UMeetMe ID diretly untuk mendapatkan ID di komputer yang telah terpasang aplikasi UMeetMe namun anda harus meingingat passwordnya dan pilihan Get a UMeetMe ID by email untuk mereset password jika lupa.

Namun, saya memilih mengklik trial ID di website, disana ada pilihan sign in with Facebook, Twitter, atau Google. Saya memilih Facebook yang tampilannya seperti ini  


You've just registered for Telkom UMeetMe using your Facebook account.
If you didn't mean to do this, you can undo this below.



Iseng mencoba, saya mengagalkan yang Facebook dan mencoba yang Twitter. Namun, hati-hati karena kesalahan saya, maka saya meregister dengan Google+ yang tampilannya seperti ini



Menu bar dalam UMeetMe untuk komputer cukup aksesibel dengan program Jaws. Menu barnya ada File, Contacts, Conference, Tools, dan help. Yap inilah tampilannya. Saat masuk, ada 12 akun company group dan 2 akun support.

Menu file terdiri dari submenu yakni Logout, Change login account, Register wizard, Set presence status, Personal information, Change password, Close, Exit.

Menu Contact terdiri dari add friend, list online users, delete friend, show outlook/outlook express contact, rename group, delete group, new group,.back up contact to file, restore contact from file.

Conference menu ada Schedule a conference, view schedule conference, data conference, vote editor.

Menu Tools terdiri dari  option, always on top, call record, message, view chat history, my received files, my captured image files, my recorded files, my local video, tuning wizard, video properties, language (Inggris, Jepang, Turki dan 6 bahasa lainnya), skins, manage plugins

Adapun tampilan UMeetMe di HP Android ya seperti ini





Di pojok kiri ada message, contact, dial, start menu, more. Saat aku coba tekan di pojok kiri ke pojok kanan talkback baru membacakan semuanya yang berbunyi UMeetMe, UMeetMe, UMeetMe, UMeetMe, message, contacts, dial, start meeting, more.

Meeting room setelah diklik tanda + baru aksesibel lagi dengan talk back karena talkback membaca UMeetMe search, maka bisa ditulis dengan bantuan talkback. Dibantu klik kanan pada gambar pena, nah disitu aksesibel dengan talkback lagi yakni muncul new meeting dengan sub Topic, Description, password. Di invitees setelah dibantu klik + maka talkback akan membacakan participants yang ingin diajak meeting, masukkan akun, klik done.



Saat masuk video me, ada yang terbaca oleh talkback yakni tombol di pojok kiri atau search edit dan yang di pojok kiri bawah yang akan muncul bunyi select item type photo. Dan yang terakhir adalah menu yang ada di pojok kanan bawah yang akan dibacakan talkback select item to import.

Hanya itu sih yang kebaca dengan talkback. Sekian review dari saya yang mengutak-atik aplikasi UMeetMe yang dapat digunakan selama satu hari untuk trial/percobaannya. Jujur, saya kurang kuat lihatnya, sudah dulu. Disarankan untuk tunanetra meminta bantuan dalam memencet beberapa menu, jangan dipaksakan seperti saya. Selamat mencoba.

4 comments:

  1. terimakasih mba atas sharingnya, bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  2. trimakasih gan informasinya bagus bgt :D :D

    sekedar shering ajja sama agan" bagi yang lagi susah ngurus" surat" penting sprti sim,stnk,bpkb,dll ane nemu tempatnya tinggal milih dibawah nih gan
    biro jasa stnk
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan

    ReplyDelete
  3. trimakasih gan informasinya bagus bgt :D :D

    sekedar shering ajja sama agan" bagi yang lagi susah ngurus" surat" penting sprti sim,stnk,bpkb,dll ane nemu tempatnya tinggal milih dibawah nih gan
    biro jasa stnk
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...