Monday, May 19, 2014

Ulasan singkat TB dan HIV

Orang yang kurang baik dalam kesehatan dan telah terbukti secara positif terkena yang namanya Tuberkulosis (TB) serta terkena resistansi obat karena kecanduan obat-obatan terlarang ada kemungkinan kecenderungan untuk terkena HIV. 

Hal ini dikarenakan dalam memperoleh obat-obatan ini terjadi proses yang namanya seks bebas dan atau mempergunakan jarum suntik dengan ketentuan tertentu.

Sudah sebanyak 1.300.000 orang meninggal hanya karena TB dimana 320.000 diantaranya adalah penderita HIV positif. Hal ini didapatkan dari laporan WHO pada tahun 2013.

Dalam dunia kesehatan, terdapat terapi Opioid Pergantian untuk mengatasi kecanduan obat jangka panjang dengan mengontrol metadon atau orbuprenorphine yang membawa beberapa keuntungan khususnya karena mereka dapat menerima perawatan medis yang teratur untuk masalah kesehatan terkait seperti hepatitis C dan HIV. 

Ini telah menjadi bagian penting dari strategi pencegahan HIV Ukraina sejak tahun 2006 dengan sekitar 8.500 klien yang hingga sekarang terdaftar di seluruh negeri, hal ini dikarenakan negara Ukraina pernah mengalami ledakan peredaran suntikan buatan opium, atau "Shirka," di akhir 1980-an.

Bukan hanya itu saja, ini juga terjadi di negara Rusia dimana jumlah dari pengguna narkoba suntik mewakili hampir 80 persen dari semua kasus HIV di Federasi Rusia.

Hal ini menyebabkan pada tanggal 20 Maret, Viktor Ivanov yang merupakan seorang kepala Federal Rusia Badan Pengawasan Obat mengumumkan bahwa badan pengawasan obat akan mulai bekerja di Krimea segera, dan bahwa akan ada tindakan pertama akan untuk menghentikan penggunaan metadon untuk mengobati kecanduan narkoba dengan mempergunakan terapi Opioid Pergantian.

Kemudian, sebuah organisasi kesehatan mencari sesuatu untuk membawa program pertukaran jarum suntik bagi pengguna narkoba ke North Country.

Michael Crinnin yang menjabat sebagai direktur eksekutif dari ACR Kesehatan atau dikenal juga sebagai Akses Pelayanan dan Sumber Daya ingin membawa program ke Watertown kepada para pengguna obat suntik seperti heroin. Tujuan dari program ini adalah untuk mencegah penyebaran AIDS dan Hepatitis C.

Crinnin mengatakan "Program ini bahkan membantu pecandu narkoba mencari bantuan dalam beberapa kasus. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda dapat melihat, karena Anda memiliki hubungan dengan orang-orang ini dan karena mereka tidak merasa seperti Anda sedang berusaha untuk mendorong mereka satu atau lain cara. Mereka berbicara dengan Anda". 

Kesehatan ACR telah memiliki program pertukaran jarum suntik di Syracuse selama dua tahun dan Crinnin mengatakan bahwasannya dia dalam pembicaraan di Watertown .

Dari ulasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam menangani masalah HIV yang berhubungan dengan TB ini dapat diatasi dengan melakukan berbagai hal seperti yang telah disebutkan di atas. 

Selain itu, hal ini dapat juga dilakukan dengan cara mengubah kehidupan khususnya dalam bidang kesehatan yang bisa dilakukan dengan hidup bebas dari narkoba, dan perilaku seks bebas. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sumber Referensi :

No comments:

Post a Comment

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...