Pages

Friday, May 2, 2014

Potensi Sosial di Depok



Sumber daya sosial saya rasakan saat meminta bantuan untuk mencarikan informasi mengenai Indigo, soalnya saya harus mempersiapkan suatu penelitian yang mungkin bisa dijalankan. Saya meminta tolong melalui media yang saya punya, dengan memberikan pengumuman di jejaring sosial, salah satunya adalah di Facebook. 

Selain itu, saya meminta tolong melalui sms ke dua orang dimana yang satu adalah teman yang sudah lama dikenal dan yang satu baru. Yang satu tinggal di Depok dan yang satu tinggal di Jakarta namun bekerja di Depok. Mereka baik sekali membantu mencarikan informasi. Bahkan, salah satu dari mereka menawarkan bantuan “Akan saya bantu penelitiannya” dan memberikan perhatian. 

Kemudian, saya juga meminta tolong kepada mahasiswa dan mahasiswi yang baru masuk untuk mencarikan informasi. Bukan hanya mereka, mungkin ada yang bersedia membantu. Apakah itu anda?

Kota Depok-Jakarta mempunyai potensi sosial yang sebenarnya tinggi.  Hal ini terlihat adanya respon saat saya membagikan informasi mengenai Rubella untuk diadakan di Jakarta. 

Bukan hanya itu saja, pengangguran di Jakarta-Depok masih begitu tinggi. Padahal mereka memiliki potensi yang apabila diwadahi dan dikembangkan dengan tepat bisa berkembang tergantung dari passion dan kemampuannya masing-masing individu sesuai dengan realita dan kebutuhan dari wadah-wadah tersebut.
Wadah itu bisa berupa sekolah, bank, rumah sakit, tempat bimbingan belajar, salon, kantor, mall, organisasi, perkumpulan, wirasusaha, dan lain sebagainya.

Dari individu yang memiliki potensi-potensi sosial itu, ada yang berpotensi mengkiritik, ada yang berpotensi mengolah sumber daya dengan membuat sesuatu misalnya membuat makanan atau minuman seperti beberapa contohnya dapat dilihat pada postingan saya di www.dapurmasak.com atau malah berpotensi membuat desain, ada yang berpotensi menyampaikan informasi atau menjadi seksi hubungan masyarakat (humas), ada yang berpotensi memberikan ceramah, ada yang berpotensi sebagai penulis, ada yang berpotensi sebagai administrasi, ada yang berpotensi membuat program dan berbagai potensi lainnya.

Namun, potensi sosial ini perlu didukung dengan potensi-potensi sosial lainnya yang tergerak. Seringkali, orang yang memiliki potensi ini harus digerakkan atau perlu aksi nyata dari pendahulunya untuk bersama-sama melakukan kegiatan sosialnya secara bersama-sama.

Sekian hasil tulisan saya sebagai partisipan dari "Kontes Blog #3TahunWB - Warung Blogger Peduli Potensi Daerah". Semoga semakin banyak potensi sosial di Depok dan di daerah lain. Amin.

No comments:

Post a Comment

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...