Monday, April 7, 2014

Masih ada asa untuk penderita Tuberkulosis, bahkan Gratis!

Setelah menulis http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com/2014/03/mengenal-tb.html dan http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com/2014/04/mengenal-tb-2.html, maka saya menulis ini.

Saya memilih judul tersebut dikarenakan pemerintah Indonesia yang perduli akan kesehatan para penderita Tuberkulosis. Keperdulian itu diwujudkan dengan adanya pengobatan gratis yang bisa diakses melalui Jamkesmas. Akses ini bisa dilakukan di Puskesmas atau Rumah Sakit Pemerintah yang ada di Indonesia. 

Pengobatan TB yang gratisan ini dapat menjangkau masyarakat kelas menengah ke bawah yang memiliki kendala dari sisi ekonomi, dimana sisi inilah yang membuat mereka berada pada posisi yang paling berisiko dan dengan adanya pengobatan TB gratis ini dapat mengurangi morbiditas dan mortalitas melalui peningkatan deteksi kasus dan pengobatan sejak dini (http://www.fhi360.org/resource/tb-care-i-year-1-summary).

Untuk obatnya sendiri yang bisa diperoleh dalam bentuk tablet kombinasi atau paket fix dose combination (FDC) yang berisi kombinasi obat INH, Rimfapisin, Pirazinamid, Entambutol (http://blog.tbindonesia.or.id/). Jadi, untuk sembuh semakin mudah kan? Mau kan hidup sehat?

No comments:

Post a Comment

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...