Monday, October 2, 2017

HATN, manfaat ayam dan telur

Foto Ayam Juara (Sumber : https://id.pinterest.com/pin/317433473718641147/)






Hari ayam dan telur nasional (HATN) dirayakan pada tanggal 15 Oktober 2017, dan untuk hari ayam dan telur internasional (World Egg day atau disingkat dengn WED) pada tahun ini jatuh pada 13 Oktober 2017.

Tahun 2017 ini HATN dan WED akan dipusatkan di Lombok, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain itu di Jakarta juga akan dilaksanakan sejumlah acara oleh Pinsar Indonesia.

Acara HATN dan WED 2017 akan dilaksanakan bekerjasama dengan Lombok Post group didukung oleh Pemda Provinsi NTB khususnya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB dan dinas terkait lainnya, Fakultas Peternakan Universitas Mataram (Unram), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusatenggara Barat (UNTB), komunitas peternak unggas, dan sejumlah lembaga dan komunitas lainnya.

Direncanakan puncak acara HATN dilaksanakan pada Minggu 1 Oktober 2017.

HATN diselenggarakan karena ayam dan telur banyak memberikan manfaat untuk kita. Apa saja manfaatnya?

Manfaat ayam :


Mengandung zat besi (terhindar dari anemia)

Daging ayam mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga menjaga kita agar terhindar dari anemia. Selain itu, akan sangat bagus pula jika seorang wanita yang sedang haid mengkonsumsi daging ayam karena dapat membantu mengatasi kurang darah dengan membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu, terdapat vitamin B5 yang dapat membantu kita merasa tenang dan menghindarkan kita dari stress. Hal ini juga merupakan salah satu lain kenapa daging ayam penting dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid. Dan sekaligus juga sangat bagus dikonsumsi wanita yang sedang hamil.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berbagai mineral terkandung dalam daging ayam, meningkatkan manfaat daging ayam yang telah kita ketahui sebelumnya. Mineral penting dalam daging ayam ini membuat tubuh manusia menjadi lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit sehingga jika kita sedang flu atau sakit, yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, sangat dianjurka kita mengkonsumsi sup ayam dalam kondisi hangat atau panas untuk meringankan sakit yang kita alami.

Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Banyak sumber yang menyebutkan dan mempercayai juga serta berhasil membuktikan bahwa daging ayam ini sedikit banyak mengandung kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Hal tersebut adalah benar. Lalu kenapa hal ini termasuk dalam bahasan manfaat daging ayam? Karena daging ayam mempunyai kandungan niacin yang dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga daging ayam ini aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol. Untuk ini, disarankan mereka yang menderita kolesterol mengkonsumsi ayam dengan memilih daging ayam tanpa lemak dan memasaknya dengan cara merebus tanpa menggorengnya.

Memperkuat tulang dan menambah masa otot

Tak perlu diragukan lagi bahwa daging ayam dapat menambah masa otot sekaligus juga meningkatkan berat badan. Mereka yang melakukan pembentukan otot melalui gym, biasanya akan disarankan oleh pelatihnya untuk mengkonsumsi daging ayam dengan cara direbus saja. Memang mungkin rasanya akan agak aneh untuk mereka yang belum terbiasa, akan tetapi rebusan daging ayam ini akan membantu menaikkan masa otot dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Dan tentu saja perlu diingat untuk membeli daging ayam tanpa lemak.

Penting untuk pertumbuhan anak

Selain itu, kandungan fosfor dan kalsiumnya juga sangat berguna bagi tubuh kita terutama bagi pertumbuhan anak. Kenapa? Karena dua zat penting ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan memperkuatnya, sehingga tidak hanya baik untuk anak tapi juga untuk Anda. Dalam hubungannya dengan pria dan organ reproduksinya, daging ayam juga baik dikonsumsi pria untuk meningkatkan salah satu hormonnya yaitu hormone testosterone.

Meningkatkan nafsu Makan

Lezatnya daging ayam yang diolah menjadi berbagai macam hidangan mulai dari rendang ayam, sup, sate, dan lainnya mungkin akan menunda diet anda. Terlebih untuk memancing nafsu makan anak, ayam sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makannya.

Menghilangkan Stress

Daging ayam memiliki kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat, zat yang dapat memberikan efek tenang pada syaraf manusia. Waktu anda stress ada baiknya mencoba hidangan daging ayam yang lezat sebagai menu yang bermanfaat ganda.

Meningkatkan Sistem Imun

Ayam mengandung begitu banyak vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem imun sehingga menjaga kesehatan dan menghindarkan dari berbagai penyakit berbahaya.

Mengurangi Resiko Radang Sendi (arthritis)

Daging ayam memiliki kandungan mineral yang dinamakan Selenium, zat ini dapat membantu mencegah pengembangan radang sendi, terutama bagi anda yang sudah ‘berumur’.

Menjaga Kekuatan Gigi

Ayam mengandung zat fosfor yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang sehingga dapat membantu memperkuatnya hingga tua nanti.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B6 (vitamin B kompleks) berfungsi untuk mendorong enzim dan proses metabolisme tubuh yang efeknya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori yang cepat sehingga dapat menjaga berat badan.

Mengandung Niacin untuk mencegah kanker

Lezatnya daging ayam ternyata juga dapat menjadi sumber niacin, salah satu bagian dari vitamin B yang dapat membantu membasmi kanker dan menghindari kerusakan sel DNA (penyebab kanker).

Mencegah serangan jantung

Berkat zat niacin yang terkandung di dalamnya, kadar kolesterol jahat dan baik seimbang sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Namun, harus perhatikan proses pengolahannya yang harus seminimal mungkin mengandung banyak lemak.

Menambah massa otot

Atlet binaragawan terbiasa mengkonsumsi rebusan daging ayam dalam menu diet sehatnya. Dengan komposisi gizi yang tepat, massa otot pun bisa bertambah secara proporsional.
Sebagai sumber pembangun tubuh

Daging unggas ini merupakan sumber protein tinggi yang bagus untuk memperbaiki sel-sel rusak sekaligus tumbuh kembang berbagai jaringan dan organ.

Kandungan zat kimiawi beracun dalam daging sangat rendah

Kualitas gizi lebih tinggi

Kandungan lemak sangat minim

Kandungan proteinnya berkualitas tinggi

Rasa daging kenyal dan lebih gurih

untuk merasakan manfaat ayam, kita dapat mengolah ayam menjadi masakan, kalo kakak sukanya ayam diapakan? Kalau saya, semua makanan yang berjudul ayam mah suka.

Mau ayam di goreng, dibakar, di sate, di opor, di sop, di rendang. Pokoknya sedap dah.

Untuk meningkatkan kualitas ayam, Trouw Nutrition Indonesia menyediakan produk pakan khusus dan menyediakan nutrisi terbaik bagi industri peternakan, khususnya pada ayam Broiler dan ayam petelur.

Adapun produk yang ditawarkan oleh Trouw Nutrition Indonesia adalah :


Toxo MX

Kemampuan mengikat dari Toxo-MX telah diuji berulang kali pada laboratorium khusus dan independen. Untuk meniru kondisi di saluran pencernaan, kapasitas untuk mengikat telah ditentukan pada tingkat pH yang berbeda. Pengujian dilakukan dengan beberapa tingkat inklusi Toxo-MX, serta konsentrasi Aflatoksin yang berbeda (AFB1). Hasil penelitian menunjukkan efisiensi pengikatan AFB1 min. 98%.

Toxo-MX tidak mengikat nutrisidan dapat dengan aman digunakan dalam pakan dan premix.
Fitur

Mineral smectite clay
Free flow

Manfaat

Mengikat Aflatoksin
Mengurangi AFM1 dalam susu
Membantu mempertahankan performa hewan


Fylax Forte

Fylax Forte diproduksi menggunakan teknologi terbaru untuk membuat propionat yang diaktifkan di dalam misel. Asam organik yang telah diaktifkan secara efektif dapat menghilangkan jamur sehingga menjamin nilai gizi, memperpanjang umur simpan bahan baku, compound feed dan pakan ternak. Surfaktan bertindak untuk mengoptimalkan distribusi Fylax Forte ke seluruh pakan dan meningkatkan kemampuan pakan untuk mengikat air.

Fylax Forte terdiri dari dua jenis produk, yaitu:

Fylax Forte HC SP
Fylax Forte HC Liquid

Fitur

Asam organik yang bekerja sinergis
Surfaktan
Agen pengikat moisture
Manfaat

Mengontrol pertumbuhan jamur
Umur penyimpanan produk lebih lama
Tidak bersifat korosif
Efisiensi pabrik pakan menjadi lebih baik
Mudah dalam pemakaian dan aman untuk disimpan


TNI Betain

TNIbetain memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan biaya pakan sekaligus membantu mempertahankan efisiensi produksi dan kualitas yang baik. TNIbetain telah diuji secara luas dan sesuai dengan standar kualitas tinggi. TNIbetain merupakan produk yang murni dan konsisten serta berkualitas tinggi.

Fitur

96% betain alami
FAMI-QS

Manfaat

Higroskopisitas terbatas
Penanganan mudah
Meningkatkan pemanfaatan nutrisi
Osmoregulasi efektif
Meningkatkan integritas usus
Dioptimalkan persentase karkas
Biaya pakan kompetitif


Optimin SeY

Optimin® SeY merupakan produk yang berasal dari yeast Saccharomyces cerevisiae, dan mengandung trace element selenium yang penting dalam bentuk L (+) selenomethionine. Selenium organik lebih efisien diserap oleh usus dibandingkan selenium anorganik. Selenomethionine diserap oleh usus kecil sebagai asam amino metionin reguler dan dapat langsung dimanfaatkan atau disimpan dalam bentuk protein di otot untuk digunakan nanti.

Penggunaan Optimin SeY di dalam pakan dapat memastikan penyerapan selenium yang baik. Status selenium yang optimal merupakan faktor kunci untuk keberhasilan dalam meningkatkan performa hewan ternak dan status kesehatan yang optimal.

Produk Optimin Se Y kami terdiri dari:

Optimin Se Y 1000
Optimin Se Y 2000
Optimin Se Y 3000

Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut
Fitur

Selenium organik dari yeast - adalah salah satu sumber selenomethionine berkualitas tinggi dan dalam bentuk selenium organik
Manfaat

Mengoptimalkan status selenomethionine di dalam otot
Membantu sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi secara normal
Mencegah kekurangan selenium
Tinggi bioavailabilitas
Mudah diserap oleh ternak

Selacid


Mixtrouvit

Mixtrouvit merupakan produk premix yang dikembangkan oleh Trouw Nutrition dengan teknologi canggih serta dibuat berdasarkan inovasi terbaru kami. Bahan baku yang digunakan di dalam Mixtrouvit di analisa terlebih dahulu dengan layanan dukungan formulasi pakan kami untuk memastikan keakuratan formulasi.
Fitur

Mixtrouvit mengandung vitamin, mineral, trace elements, asam amino, enzim dan imbuhan pakan

Manfaat

Dapat disesuaikan dengan kebutuhan pakan ternak Anda
Bahan baku yang digunakan sudah melalui sistem kontrol kualitas yang ketat dan aman untuk konsumsi ternak


Farm-O-San Perfexsol L

Farm-O-San Perfexsol L berfungsi untuk meningkatkan metabolisme ternak pada minggu pertama

Fitur

Berbentuk powder (serbuk)
Mengandung multivitamin esensial
Mengandung Vitamin A 8.000.000 I.U. dan Vitamin D3 1.500.000 I.U.
Digunakan pada satu minggu pertama

Manfaat

Menekan tingkat stres
Meningkatkan vitalitas
Menstimulasi metabolisme ternak terutama di minggu pertama


Farm-O-San Perfexsol H

Farm-O-San Perfexsol H berfungsi untuk meningkatkan metabolisme ternak pada minggu pertama

Fitur

Berbentuk powder (serbuk)
Mengandung multivitamin esensial
Mengandung Vitamin A 48.000.000 I.U. dan Vitamin D3 9.000.000 I.U.
Digunakan pada satu minggu pertama

Manfaat

Menekan tingkat stres
Meningkatkan vitalitas
Menstimulasi metabolisme ternak terutama di minggu pertama


Farm-O-San Nutri C

Farm-O-San Perfexsol H berfungsi untuk menekan efek heat stress pada unggas

Fitur

Berbentuk powder (serbuk)
Mudah dilarutkan
Mengandung multivitamin esensial
Mengandung elektrolit Na, K.

Manfaat

Menekan efek heat stress
Meningkatkan vitalitas

Dari sepasang ayam, terbentuklah telur yang bermanfaat.


Manfaat telur :

1. Meningkatkan sistem imun. Telur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Satu telur besar mengandung nutrisi yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Telur juga mengantur hormon tiroid pada tubuh kita. Telur sebenarnya sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Hal ini menjaga terserang dari keshan disease and kashin-Beck disease. Dua kondisi yang dapat mempengaruhi hati, tulang, dan sendi.

2. Meningkatkan profil kolestrol. Sebelumnya, kolestrol terdiri dari dua jenis. Yaitu HDL (baik) dan LDL (jahat). Satu telur besar mengandung 212 mg kolestrol. Tapi bukan berarti telur akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Telur juga dapat meningkatkan profil kolestrol pada tubuh kita. Telur meningkatkan HDL sambil meningkatkan ukuran partikel LDL.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung. Kolestrol LDL dikenal dengan kolestrol “buruk”. Hal ini dikarenakan partikel LDL mengirim molekul lemak mereka ke dalam dinding arteri. Sedangkan HDL, dapat menghapus molekul lemak dari dinding arteri. Namun, tidak semua ukuran partikel LDL sama dalam tubuh. Partikel LDL yang besar baik untuk tubuh kita. Studi menunjukkan, orang yang memiliki partikel LDL yang kecil, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, dibandingkan orang-orang yang memiliki partikel LDL yang besar.

4. Kulit dan rambut akan terjaga. Telur mengandung vitamin B kompleks. Vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati. Selain vitamin B2, telur juga kaya akan B5 dan B12. Mereka membantu untuk memastikan fungsi yang tepat dari sistem saraf.

5. Melindungi otak. Di dalam telur terdapat nutrisi yang disebut kolin. Ini adalah komponen dari membran sel dan diperlukan untuk mensintesis acetylcholine, neurotransmitter. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya kolin dikaitkan dengan gangguang neurological dan penurunan fungsi kognitif.

6. Memenuhi nutrisi organ otak karena di dalam telur terkandung protein dan asam amino. 

Asupan makanan yang kaya akan protein membantu otak anak untuk fungsi kognitifnya sehingga anak bisa berpikir lebih jernih, berkonsentrasi, sehingga akan meningkatkan kemampuan belajar anak.

Asam amino membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (zat neurotransmitter) pada sambungan sel syaraf. Asparagin, diciptakan dari asam amino, dan Asam aspartat, diperlukan untuk menjaga keseimbangan dalam sistem saraf pusat. Seperti yang diubah kembali menjadi asam aspartat, asparagin melepaskan energi yang sel-sel saraf otak dan menggunakan sistem untuk metabolisme. Asam amino yang berperan untuk mengatur pembentukan senyawa serotonin yang terlibat di dalam sistem saraf atau acetylcholine yang penting untuk daya ingat.

Tyrosine merupakan asam amino penting, karena sebagai bahan baku pembuat neurotransmitter katekolamin dan serotonin yang memengaruhi pengendalian diri, pemusatan perhatian (konsentrasi), emosi dan perilaku anak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh institut penelitian kesehatan Lingkungan Amerika Serikat tahun 1988, tirosin berfungsi pula sebagai obat stimulan dan penenang yang efektif untuk meningkatkan kinerja mental dan fisik di bawah tekanan, tanpa efek samping. Tirosin terkandung dalam hati ayam.

Triyptophane merupakan asam amino penting, karena sebagai bahan baku pembuat neurotransmitter katekolamin dan serotonin yang memengaruhi pengendalian diri, pemusatan perhatian (konsentrasi), emosi dan perilaku anak. Triptofan merupakan asam amino esensial, ini merupakan beberapa sumber di dapatkan dari karbohidrat. Triptofan terdapat pada telur

Telur yang dihasilkan oleh ayam betina dapat terjadi penurunan kualitas kerabang telur, oleh karena itu, perusahaan yang bernama Ceva Indonesia mengadakan Layer Day. Pada website Ceva Indonesia di https://www.ceva.co.id/Berita-Media/Berita-Kegiatan/LAYER-Day-2017-How-to-Improve-Egg-Shell-Quality tertulis sebagai berikut

Layer day dengan tema How to Improve Egg Shell Quality from Different Perspectives, Ceva Animal Health Indonesia menyelenggarakan Layer Day 2017 di dua lokasi, yaitu pada tanggal 16 Mei 2017 di Hotel Santika, Malang dan pada tanggal 17 Mei 2017 di Hotel Mercure Serpong Alam Sutera, BSD. Acara ini dimeriahkan oleh peternak-peternak layer dari berbagai daerah. Dalam sambutannya, drh. Edy Purwoko selaku country manager Ceva Animal Health Indonesia mengatakan bahwa penurunan kualitas kerabang telur dapat meningkatkan kerugian para peternak layer sehingga seminar kali ini diharapkan dapat membantu para peternak untuk meningkatkan keuntungan di farmnya melalui peningkatan kualitas kerabang telur, dan menariknya lagi, topik mengenai egg shell quality ini dibawakan oleh ketiga pakar dari berbagai perspektif, yaitu dari sisi genetik, kesehatan, dan nutrisi.

Materi pertama dipresentasikan oleh Dr. Paul Grignon Dumoulin dari ISA Hendrix Genetic. Dalam materinya yang berjudul Critical Control points in ensuring Good Egg Shell Quality, Dr. Paul menjelaskan bahwa kualitas kerabang telur selalu ditingkatkan secara konsisten melalui peningkatan genetik. Pola manajemen, pemenuhan kebutuhan ayam dan metabolisme yang baik juga dapat mengoptimalkan deposit kalsium di kerabang telur yang akan berdampak pada peningkatan kualitas kerabang telur. Dari sisi kesehatan hewan, Dr. Jessica Lee, Ceva Anima Heath Asia, membahas mengenai Improving Egg Shell Quality through Better Diseases Control. Beberapa penyakit seperti ND, AI, IB, EDS, dan MS dapat memberikan pengaruh yang negatif terhadap kualitas kerabang telur. Pencegahan penyakit-penyakit tersebut tergantung pada pathogen penyebabnya, namun biasanya berkaitan dengan biosecurity dan vaksinasi.

Dr. Ricardo Issao Ito dari Cargill berbicara mengenai Preparing Better Nutrition for Better Egg Shell Quality. “Semua nutrient untuk pembentukan kerabang harus memiliki jumlah dan cara pemberian yang tepat. Kualitas pakan tergantung dari kualitas ingredient, formulasi, dan proses di feed mill. Komposisi nutrient pada pakan juga harus sesuai dengan kebutuhan selama siklus produksi, dan yang cukup penting lainnya yaitu saluran cerna yang sehat wajib untuk penyerapan dan metabolisme nutrient”, ungkap Dr. Ito.

Dari manfaat ayam dan telur, yuk kita mengonsumsinya supaya sehat dan cerdas. Gimana?

Sumber referensi :

2 comments:

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...