Friday, October 6, 2017

Google dan Dumet

Semua pasti tahu dong google sebagai salah satu website yang terkenal di dunia.

Situs website tersebut tidak langsung terkenal begitu saja, tidak langsung menjadi hebat., semua pasti melalui proses.

Google diawali dengan pertemuan dua orang mahasiswa Oxford University yang mengambil ilmu komputer, mereka bernama Sergey Brin dan Larry Page pada bulan Maret 1995.

Larry mengembangkan algoritme PageRank (dinamai sesuai namanya sendiri) untuk mengonversi data backlink yang dikumpulkan oleh program crawler, dan kemudian dijadikan sebagai indikasi penting dalam suatu halaman web.

Dengan menambahkan algoritme pada metode pencarian tradisional (yang mencocokkan kata kunci pada halaman dengan istilah pencarian), Larry dan Sergey menyadari bahwa algoritme ini juga dapat digunakan untuk menciptakan sebuah mesin pencari yang dapat mengembalikan hasil pencarian yang lebih akurat dan lebih relevan sesuai dengan permintaan pencarian pengguna.

PageRank inilah yang kemudian terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga menjadi fondasi terciptanya mesin pencari Google.

Setelah itu kedua mahasiswa pascasarjana di Stanford University ini kembali berkolaborasi untuk mengembangkan satu protipe mesin pencari, yang dipanggil BackRub, yaitu sebuah sistem untuk menganalisis relevansi dari backlink yang menghubungkan satu halaman web dengan halaman web lainnya untuk menentukan seberapa penting sebuah situs.

Pada tahun 1997, Larry dan Sergey mengganti nama BackRub menjadi Googol. Andy Bechtolsheim, investor pertama, yang rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskan Google Inc dalam ceknya. Hal itu membuat Sergey dan Larry akhirnya mentok dan terpaksa menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka.

Awalnya, mereka mengoperasikan websitenya di bawah situs Universitas Stanford. Karena mereka yakni kalau penemuan teknologi mereka unggul, dan tidak ingin terganggu program Ph.Dnya, mereka memutuskan menjual google.

Karena tidak ada satu pun calon investor yang berminat untuk membeli Google, dengan terpaksa akhirnya Sergey dan Larry mengikuti nasihat pendiri Yahoo, David Filo, yang menyarankan mereka untuk memasarkan Google sendiri. Maka tak lama kemudian Sergey dan Larry cuti dari kuliah mereka, dan mendirikan perusahaan Google Inc. Nama domain untuk Google diregistrasikan pada 15 September 1997, dan perusahaan Google Inc secara resmi didaftarkan pada 4 September 1998.

semenjak itu mereka terus berusaha untuk mengembangkannya, dimana menerima kritik adalah salah satu usahanya.

Industri Google memikirkan kesejahteraan pekerjanya baik ksehatan dimana kalau karyawannya yang sakit bisa berobat ke Googleplex yang tersedia dokter disana, google juga menyejahterakan dari segi gaji, cuti hamil, sudah melahirkan,

Menurut Glassdoor, seperti yang dikutip dari Wall Street Journal, software engineer Google memiliki gaji tahunan paling tinggi di antara perusahaan teknologi lainnya, dengan rata-rata gaji pokok sebesar 128,336 dollar AS (sekitar Rp 1.2 miliar per tahun atau Rp100 juta per bulan). Jumlah tersebut lebih tinggi sekitar 5,000 dollar AS dari gaji software engineer di Facebook yang menempati posisi kedua dalam daftar gaji pokok karyawan software engineer tertinggi.

Google menyediakan transportasi gratis bagi para Googler yang tinggal di sekitar Mountain View, dekat dengan lokasi Googleplex (kantor pusat Google). Google juga menyediakan fasilitas pangkas rambut gratis.

Google juga menyediakan permainan dan tempat berolahraga untuk karyawannya di lantai khusus. Jadi kalau sedang suntuk kerja, bisa main game atau berolahraga di kantor.

Pekerja perempuan yang baru melahirkan, diberikan libur selama 18 minggu, dan mereka juga mendapatkan bonus untuk meringankan biaya-biaya membeli kebutuhan bayi. Setelah sang ibu kembali bekerja, dia bisa membawa bayinya ke kantor dan menitipkannya di fasilitas Day Care yang disediakan di Googleplex. Wah asyik ya!

Untuk pekerja Google yang meninggal dunia, perusahaan akan mencairkan asuransi jiwa karyawan dan memberikannya kepada keluarga yang ditinggalkan. Google juga akan membayarkan setengah dari gaji karyawan tersebut kepada pasangan yang ditinggalkan sampai 10 tahun ke depan dan akan memberikan tunjangan sebesar 1,000 dollar AS yang diberikan setiap bulan kepada setiap anak-anaknya.

Ingin seperti Google? Ingin bisa bikin website? Kita bisa kursus online di https://www.dumetschool.com/kursus-web-programming.

Saya tertarik untuk menyoba nyoba gratis, jadi saya klik free trial.

Isi biodata, pilih paket yang dimau ada beberapa pilihan yakni webmaster, web programming, digital marketing, design grafis, setelah semau data lengkap, pilih daftar sekarang.

Prosesnya baru sampai situ sih, soalnya buka email, belum ada laporan. Jadi belum sempat mencobanya.


Sumber :







10 comments:

  1. Wah jd penasaran soal Dumet ini.
    Btw emang Google itu kantornya paling nyaman ya. Dulu saya kerja di software house dan bbrp tmn programmer yg muda2 kalau ditanya pengen kerja dmn jawabannya Google hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Google itu kantornya paling nyaman. oh gitu..hehe

      Delete
  2. Google, perusahaan besar dimana banyak progammer yang ingin ikut bergabung di dalamnya

    ReplyDelete
  3. Wah, begitu sejateranya para pekerja Google ini, benar-benar memanusiakan manusia.

    ReplyDelete
  4. Nanti share lg kalo udh berhasil coba2 ya mba, penasaran pengen tau pengalamannya, pingin ikut coba2 jg. Hehe

    ReplyDelete
  5. Waaah google baik ya. Ada game untuk pegawainya biar gak jenuh

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...