Pages

Saturday, July 20, 2019

Menjaga alam, mengenali bencana dan siaga


Yah, selamat datang di blog saya lagi. Kali ini saya menulis untuk lomba blog lagi, yang info lombanya bisa dibaca di https://bnpb.go.id/pengumuman-lomba-kreativitas-kebencanaan-tangguh-award-2019.

Saya membacanya di save image as, kemudian dibuka dengan aplikasi Kurzweil, soalnya itu gambar, dan pembaca layar NVDA, apalagi pakai JAWS, sudah pasti saya tidak dapat membacanya dengan pembaca layar itu.

Kali ini, tema yang saya ambil adalah bencana.
Allah ta’ala berfirman :
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah menimpakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Rum : 41)
Bencana demi bencana telah terjadi dan mungkin akan terus terjadi bila kita sebagai manusia melakukan perbuatan kita sendiri.  Ya, kita jaga alam, alam jaga kita.

Bagaimana kita jaga alam?

Kita bisa menjaga alam dengan

Pertama, tidak membuang sampah sembarangan baik di kali/sungai/jalan raya. Di jalan raya, sampah tersebut bisa terbawa air hujan/angin, lalu menyumbat lubang, sehingga membuat aliran air menjadi menggenang yang mengakibatkan banjir.

Kedua, membuat bangunan yang tidak banyak dinding, tidak banyak menghabiskan banyak kayu karena menebang banyak kayu menyebabkan kita tidak ada lagi tempat penampungan air, dulu yang tadinya hutan sekarang sudah menjadi rumah-rumah.

Ketiga, membantu orang yang sedang ada masalah dan kesulitan.  

Keempat, tidak melanggar aturan Allah seperti menggunakan kepintaran untuk korupsi, menipu, mencuri, berpura-pura.
Semakin besar pelanggaran manusia atas sistem dan syariat Allah ta’ala, semakin besar pula peristiwa alam yang Allah timpakan kepada mereka. Allah ta’ala menjelaskan dalam Al-Qur’an :
فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنْبِهِ فَمِنْهُمْ مَنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُمْ مَنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُمْ مَنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَ وَمِنْهُمْ مَنْ أَغْرَقْنَا وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ
“Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.” (QS. Al-‘Ankabut : 40)
Ketiga dan keempat ini, entah kenapa tidak banyak yang berpikir, merenung, kenapa ya bencana tidak ada habisnya dan terus menerus menimpa di negeri ini?

Kelima, tidak membangun rumah di bantaran kali.

Keenam, dari luar pulau Jawa, saya rasa tidak perlu setiap lebaran pada datang ke Pulau Jawa khususnya ke Jakarta. Karena di Jakarta, sulit makin kerja, sehingga, kalau Anda kesini, hanya akan menjadi pengemis, pemulung yang tidak punya rumah, tinggal di kolong jembatan, bahkan bisa memungkinkan Anda menjadi pencuri, teroris, penipu, perampok, pembunuh hanya karena membutuhkan uang untuk hidup. Mending di tempat asal anda disana.

Kita juga harus kenali ancamannya, siapkan strategi, siap untuk selamat.  Untuk mengenali ancamannya, kita harus tahu dahulu macam-macam bencana, rupanya aksi terror juga termasuk. 

Yuk tahu macam-macam bencana dengan membaca di https://bnpb.go.id//penanggulangan-bencana, ada cara strategi dan siap untuk selamat di https://bnpb.go.id/publikasi/siaga-bencana, lengkap disitu ada buat tsunami, longsor, dan lain-lainnya, bahkan untuk penyandang disabilitas bisa buka 
https://bnpb.go.id/publikasi/siaga-bencana/mitigasi-bencana-bagi-penyandang-disabilitas.html, cuma sayangnya, ketika di download  tidak terownload dan tidak ada teks disitu sehingga saya tidak bisa baca dengan pembaca layar.  Saya jadi tidak tahu apa ya isinya. Isinya emangnya apa?

2 comments:

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...