Friday, November 6, 2015

Review Muhammad marketing



Buku Muhammad Marketing ini menarik untuk dibaca. Saya membuat reviewnya sedikit. Pada daftar isi, kita bisa menemukan topik yang menarik yakni Muhammad dalam melakukan segmentasi, Muhammad dalam melakukan diferensiasi, Muhammad dalam melakukan branding, Muhammad dalam melakukan proses, Muhammad dalam melakukan servis, serta bagian keempat yakni ada jujur, professional, silaturahmi dan murah hati.

Dalam melakukan Branding, awalnya Rasulullah kerap berdagang dengan menggunakan modal yang diberikan oleh orang-orang kaya dan anak-anak yatim yang tidak mampu menjalankan usahanya senditi dengan bermodal kepercayaan, sikap jujur dan integritas. 

Bukan hanya itu, banyak yang uangnya berlebih menitipkan kepada beliau. 

Dalam melakukan proses, Rasulullah memulainya dari nol. Beliau pernah menjadi agen beberapa pengusaha kaya di kota Mekah, dengan itu beliau jadi  tahu lokasi-lokasi perdagangan di mana tempat membeli dan menjual, tahu kebiasaan penduduk sehingggga dapat melakukan proses dagang dengan baik.

Proses ini didukung dengan perilaku jujur yang dimiliki, ketelitian atau detail, memperhatikan tata cara penulisan perjanjian.

Dalam melakukan service, Muhammad adalah sosok yang ramah bdan baik saat ia sebagai penusaha juga dalam kesehariannya. Beliau benar-benar menghargai pelanggan, mendahulukan kepentingan pelanggan di atas kepentingan sendiri.

Muhammad sangat mengerti bahwa penjual hanya seorang manusia biasa yang tidak dapat luput dari kesalahan dan emosi.

Jadi, beliau menganjurkan untuk menunjukkan sikap bermurah hati saat membeli, kita juga dilatih untuk tidak menjadi egois hanya karena menjadi pembeli bukan berarti bisa bersikap seenaknya kepada penjual.

Pada bagian keempat, tidak saya review semua, hanya professional dan murah hati.

The right man on the right job menjadi inti dari sikap professional yang dapat menjauhkan dari sifat malas, tidak mau berusaha dan hanya menerima tanpa adanya usaha untuk menuju kearah yang lebih baik.

Rasulullah pernah mengingatkan, apabila menempatkan seseorang bukan pada pekerjaan yang dia kuasai, maka bersiaplah mengalami kehancuran.

Seorang yang professional akan selalu bersikap cermat dalam setiap perbuatan yang dilakukan. Murah hati yang dilakukan Muhammad adalah menjaga siapapun diri melakukan sikap pembodohan dan pemanfaatan konsumen.

Rasul bersabda, “Allah mengasihi orang yang berumrah hati ketika menjual, membeli dan menagih”. (HR Bukhari dari Jabir bin Abdullah Ra.).

Muhammad bukan seorang penguasaha yang profit oriented, tetapi ia lebih mengutamakan pengikatan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan yang didasari saling menghormati dan percaya.

·         Mau bukunya? Silahkan ambil di http://qfs.mobi/f2699134

Kelebihan buku ini ada teorinya, ada contoh dalam kehidupan masa kini.

Kekurangan buku ini ada bab yang tidak ada contohnya, khususnya yang Rasulullah lakukan.




4 comments:

  1. Muhammad itu multitasking He is entrepreneur, marketer, politician, preacher dan banyak lagi deh :D

    ReplyDelete
  2. Rasulullah Muhammad SAW selalu dikaitakn dg teladan sebagai orang yg berniaga karena perangai dan budi pekerti beliau yg sangat tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Rasulullah dikenal dan dijadikan teladan karena perilakunya

      Delete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...