Sunday, September 6, 2015

Review Sejarah Singkat Imam Al Baihaqi


Imam Al Baihaqi memiliki nama lengkap Imam Al-Hafith Al-Mutaqin Abu Bakr Ahmed ibn Al-Hussein ibn Ali ibn Musa Al Khusrujardi Al-Baihaqi. 

Abdul-Ghaffar Al-Farsi Al-Naisabouri dalam bukunya "Thail Tareekh Naisabouri": Abu Bakr Al-Baihaqi Al Hafith, Al Usuli Din, menghabiskan waktunya untuk mempelajari beragam ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya. Dia belajar ilmu aqidah dan bepergian ke Irak dan Arab Saudi yang kemudian banyak menulis buku.
Ia mengumpulkan Hadits-hadits dari beragam sumber terpercaya. Pemimpin Islam memintanya untuk pindah dari Nihiya ke Naisabor untuk mendengarkan penjelasannya langsung dan mengadakan bedah buku 'Al Ma'rifa'. 
 
Saat itu kaum muslim terpecah-belah berdasarkan politik, fikih, dan pemikiran. Antara kelompok yang satu dengan yang lain berusaha saling menyalahkan dan menjatuhkan, sehingga mempermudah musuh dari luar, yakni bangsa Romawi, untuk mencerai beraikan mereka. 

Dalam masa krisis ini, Imam Baihaqi hadir sebagai pribadi yang berkomitmen terhadap ajaran agama. Ia memberikan teladan bagaimana seharusnya menerjemahkan ajaran Islam dalam perilaku keseharian. 

Dia adalah ahli hadist dan Fiqih, namun banyak kalangan menilainya tidak cukup mengenal karya-karya hadits dari Tirmizi, Nasa'i, dan Ibn Majah. 

Karyanya yang paling terkenal adalah Kitab as-Sunnan al-Kubra yang terbit di Hyderabat, India, sebanyak 10 jilid pada tahun 1344-1355. Dalam karya tersebut terdapat catatan-catatan yang selalu ditambahkan mengenai nilai-nilai atau hal lainnya, seperti hadits-hadits dan para ahli hadits. Setiap jilid cetakan memuat indeks yang berharga mengenai tokoh-tokoh dari tiga generasi pertama ahli-ahli hadits yang dijumpai dengan disertai petunjuk periwayatannya. 

Selain itu, ia menghasilkan beberapa buku yakni buku "As-Sunnan Al Kubra", "Sheub Al Iman", "Tha La'il An Nabuwwa", "Al Asma wa As Sifat", dan "Ma'rifat As Sunnan cal Al Athaar". 

Beliau wafat di Nisabur, Iran pada tanggal 10 Jumadilawal 458 H (9 April 1066).
Ya itulah sekian reviewku yang dipertuntukkan lomba di http://yukmembacabukuislami.blogspot.com/2014/12/islamic-reading-challenge-isrc-2015.html, kekurangan dari buku ini adalah tidak ada sumber referensinya. Buku diambil dari Kisah-Kisah Sejarah Singkat Hidup Para _Ulama Dan Perawih Hadits.Zip, kalau mau sudah saya upload di http://www.solidfiles.com/d/23e6692472/. Kelebihan dari buku ini adalah ada riwayat dan hasil karya karya dari Imam Al Baihaqi.

6 comments:

  1. nice post gan. :) ana tambah pengetahuan dech. izin download ebooknya juga ya gan. :) salam smart luar biasa dari KOSTOLESTEKSISTIKUSTU

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi gan oh gitu, silahkan di download ^_^

      Delete
  2. hebat banget perjuangnnya, salut deh.. terimakasih udah sharing mas

    ReplyDelete
  3. alangkah baiknya kalo tulisan yang berbau arabnya pake transliterasi biar mudah bacanya. terus sumber referensinya di cantumkan biar bisa di kroscek :D BTW bagus temanya ngambil tema profil ulama hadis

    ReplyDelete

Alamat Website

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...